• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Manfaat Likopen bagi Kesuburan Pria

Ini 3 Manfaat Likopen bagi Kesuburan Pria

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika gaya hidup seseorang sangat memengaruhi kesuburannya. Pada pria, pola makan yang tidak terkontrol dapat membuat sperma yang dihasilkan menurun kualitasnya. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang sehat sangat diperlukan jika kamu memiliki target untuk mempunyai anak.

Salah satu makanan yang dapat lebih banyak dikonsumsi setiap hari adalah buah dan sayur yang kaya akan kandungan likopen. Dipercaya jika makanan dengan kandungan tersebut dapat membuat sperma yang dihasilkan menjadi lebih baik. Dengan begitu, kemungkinan untuk kehamilan terjadi menjadi besar. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa manfaat dari kandungan tersebut pada pria!

Baca juga: Ini Hal-Hal yang Memengaruhi Kesuburan Pria


Manfaat dari Kandungan Likopen pada Kesuburan Pria

Likopen adalah sejenis karotenoid yang merupakan pigmen alami pemberi warna merah pada beberapa sayur dan buah. Beberapa buah dan sayur yang kaya akan kandungan tersebut adalah semangka, wortel, dan pepaya. Salah satu makanan yang memiliki likopen paling tinggi adalah tomat. Kamu bisa mendapatkan sekitar 20 miligram kandungan likopen saat mengonsumsi satu cangkir jus tomat.

Meski begitu, saat kamu mengonsumsi tomat dalam beberapa hari tidak serta-merta menyelesaikan masalah kesuburan yang ada. Meskipun kamu menghasilkan sperma baru setiap hari, tetapi sistem reproduksi membutuhkan waktu untuk menyelesaikan siklus regenerasi sperma, yang disebut dengan spermatogenesis. Regenerasi sperma dapat menjadi lebih baik dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen.

Selain membuat spermatogenesis lebih baik, terdapat beberapa manfaat lainnya dari mengonsumsi kandungan likopen untuk kesuburan. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kamu ketahui:


1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Salah satu manfaat dari mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen secara rutin adalah meningkatkan kualitas sperma dari segi jumlah dan bentuk. Disebutkan jika kebiasaan baik ini dapat meningkatkan jumlah sperma sebanyak 70 persen. Kebiasaan rutin mengonsumsi makanan dengan likopen dapat mempercepat kematangan dari sperma sehingga tingkat keberhasilan dari kehamilan dapat meningkat.

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui


2. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat adalah salah satu gangguan yang berisiko tinggi terjadi pada pria. Saat prostat mengalami gangguan, sperma yang dihasilkan mungkin saja tidak optimal. Dipercaya jika seseorang mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan likopen dapat menurunkan risiko penyakit tersebut dibandingkan yang tidak melakukannya. Maka dari itu, cobalah untuk memasukkan beberapa sayur dan buah yang mengandung likopen pada konsumsi makanan sehari-hari.


3. Mencegah Radikal Bebas

Buah dan sayur yang kaya akan kandungan likopen disebut-sebut sangat baik untuk mencegah radikal bebas untuk masuk ke tubuh. Hal tersebut karena radikal bebas sangat reaktif sehingga dapat merusak fungsi sel sehat, termasuk juga sel sperma. Dengan begitu, sperma yang dihasilkan akan optimal untuk mendapatkan kehamilan. Zat likopen memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas.

Itulah tiga manfaat yang dapat kamu rasakan saat mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan likopen. Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan kesuburan, perubahan pola makan memang perlu dilakukan. Selain itu, beberapa kebiasaan lainnya, seperti olahraga rutin dan mengurangi perasaan stres juga perlu dilakukan. Saat tubuh sehat, semua fungsi tubuh akan menjadi lebih maksimal.

Baca juga: Tidak Hanya Wanita, Ketahui Pentingnya Masa Subur Pria

Selain itu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait manfaat likopen pada tubuh, terutama terkait kesuburan pria, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan penjelasan. Caranya mudah sekali, cukup download aplikasi Halodoc dan dapatkan saran langsung kapan dan di mana saja dari ahli medis yang sudah tersertifikasi!



Referensi:
Legacy IVF. Diakses pada 2020. Lycopene Has Been Found to Boost Sperm Quantity and Quality.
Future You Cambridge. Diakses pada 2020. LactoLycopene, lycopene and fertility.