• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Ini 4 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak jenis buah yang dapat memberikan manfaat untuk semua orang, tidak terkecuali pengidap diabetes. Seperti yang diketahui, seseorang yang mengidap diabetes benar-benar harus menjaga asupan makanannya. Sebab, pengidap diabetes harus menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya dalam kadar normal. Meski begitu, tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit tersebut.

Maka dari itu, setiap orang yang mengalami diabetes harus tahu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi dan batasannya. Baik dikonsumsi bukan berarti bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, buah tidak dapat menjadi makanan utama karena kalorinya yang rendah. Namun, sebagai pengganti camilan ketika rasa lapar timbul sebelum jam makan. Berikut beberapa buah yang baik dikonsumsi pengidap diabetes!

Baca juga: 4 Buah Terbaik untuk Diabetes

Buah untuk Pengidap Diabetes

Buah mengandung banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti serat, mineral, dan vitamin. Kandungan gula yang terkandung pada buah membuat banyak pengidap diabetes bertanya-tanya terkait keamanan untuk mengonsumsinya. Padahal, kandungan gula di dalam buah tidak termasuk jenis glukosa yang merugikan, jadi tetap baik untuk dikonsumsi. Terlebih lagi jika kamu mengidap diabetes tipe-2.

Faktanya, pilihan yang paling baik adalah semua jenis buah yang masih segar, beku, atau kalengan tanpa tambahan gula. Jika kamu mengonsumsi buah dalam kaleng, periksa tambahan gula yang terkandung di dalamnya. Pemanis-pemanis yang berbahan dasar buah juga harus benar-benar dipastikan jika kandungan glukosanya terlalu tinggi. Maka dari itu, ketahui beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes seperti berikut:

  1. Buah Jenis Berry

Strawberry, blueberry, dan jenis berry lainnya termasuk buah yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Buah berry adalah makanan super untuk pengidap diabetes karena kandungan antioksidan, vitamin, serat, hingga indeks glikemik yang rendah. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau mencampurnya dengan yoghurt tanpa lemak. Buah ini baik sebagai makanan penutup atau pengganti camilan saat lapar sebelum waktunya makan.

Baca juga: Ragam Buah-buahan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

  1. Ceri

Ceri juga termasuk buah yang menjadi pilihan terbaik untuk pengidap diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah. Buah ini juga sangat baik untuk mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Kandungan antioksidannya juga dapat mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Kamu juga dapat menemukan buah ini dalam bentuk kalengan dan dikeringkan. Jika memilih konsumsi buah kalengan, pastikan untuk mengetahui seberapa banyak gula tambahan di dalamnya agar dapat menjaga kandungan gula darah tetap normal.

Memang tidak semua buah dapat memberikan manfaat bagi pengidap diabetes. Maka dari itu, apabila kamu ingin mengetahui buah apa saja yang baik dikonsumsi, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat bertanya melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja.

  1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang dan ternyata juga baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Buah ini kaya akan kandungan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Kamu dapat membawa apel ke mana saja hanya dengan memasukkannya ke tas saat bepergian. Agar lebih bergizi, cobalah untuk mengonsumsinya bersamaan dengan kulitnya karena kaya akan kandungan antioksidan.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

  1. Pir

Pir juga dapat menjadi salah satu pilihan yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Buah ini kaya akan kandungan serat dan sumber vitamin K yang baik, terlebih lagi untuk seseorang yang mengalami diabetes. Banyak pilihan yang dapat digunakan saat ingin mengonsumsi pir, yaitu dikonsumsi langsung atau dicampur ke dalam salad.

Itulah beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengidap diabetes. Diharapkan makanan ini dapat membuat diabetes yang terjadi menjadi lebih baik, sehingga tidak terjadi gangguan sewaktu-waktu. Dengan begitu, tubuh yang sehat tetap terjaga.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 8 Best Fruits for a Diabetes-Friendly Diet.
American Diabetes Association. Diakses pada 2020. Healthy Food Choices Made Easy.