• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Ampuh agar Anak Semangat untuk Belajar
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Ampuh agar Anak Semangat untuk Belajar

Ini 4 Cara Ampuh agar Anak Semangat untuk Belajar

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 April 2022

“Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak semangat untuk belajar. Nah, beberapa cara tersebut seperti membuat suasana membaca yang menyenangkan dan fokus pada minat anak.”

Ini 4 Cara Ampuh agar Anak Semangat untuk Belajar

Halodoc, Jakarta – Memang tidak mudah untuk membuat anak menjadi seseorang yang rajin belajar. Nah, berkaitan dengan Hari Pendidikan yang jatuh pada 2 Mei, ada beberapa cara yang bisa ibu coba agar anak semangat belajar. Dengan begitu, ibu tidak perlu repot untuk memaksa anak agar mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan!

Cara agar Anak Semangat Belajar Setiap Hari

Saat masih bayi, setiap anak memiliki rasa ingin tahu bawaan. Ia ingin sekali melihat dunia sekitarnya dan berusaha mempelajari segala informasi dan keterampilan baru setiap saat. Seiring berjalannya waktu, minat ini mulai memudar dan bahkan menghilang. Bahkan, beberapa anak anak yang tidak suka untuk belajar sesuatu yang baru.

Salah satu kekeliruan yang dilakukan oleh guru dan orang tua untuk membuat anak menjadi seseorang yang gemar belajar, yaitu membatasi pelajaran yang diterima hanya di kelas. Padahal, anak juga perlu banyak belajar sesuatu yang ada di luar kelas. Dengan begitu, keinginan dan kemampuan untuk belajar anak dapat meningkat dengan penerapan pola asuh anak ini.

Nah, berikut beberapa cara agar anak semangat belajar yang perlu dilakukan:

1. Buat Suasana Membaca yang Menyenangkan

Banyak orang yang berpendapat jika membaca adalah kunci sukses kehidupan. Pada anak, membaca dapat menjadi kunci keberhasilannya dalam belajar. Membaca dapat membuat kosa kata lebih kaya pada anak dan juga membantu otaknya untuk belajar cara memproses konsep dan komunikasi formal.

Diketahui jika siswa yang gemar membaca mengalami peningkatan kemampuan untuk belajar di semua mata pelajaran, termasuk matematika dan sains. Maka dari itu, cara agar anak semangat belajar adalah membuat suasana yang menyenangkan saat membaca. Saat anak merasa nyaman, tentu kebiasaan ini dapat menjadi keseharian yang membuat anak lebih semangat untuk belajar.

2. Fokus pada Minat Anak

Cara agar anak semangat belajar adalah fokus pada bidang dan mata pelajaran yang diminati olehnya. Tentu, pembelajaran akan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan anak berusaha melibatkan diri lebih dalam. Ibu bisa mendorongnya untuk mengeksplorasi topik dan mata pelajaran yang membuatnya terpesona. Pastikan untuk mendukung minatnya dengan rutin memberikannya buku-buku yang menarik.

3. Tularkan Semangat Belajar yang Baik

Setiap orang tua perlu mengajarkan anak tentang antusiasme dalam belajar. Saat anak melihat ibunya belajar dengan antusias dan tulus, kemungkinan hal yang sama juga terjadi pada anak. Buat anak paham jika belajar adalah perjalanan menemukan hal baru yang menarik. Saat anak merasakan kegembiraan dalam belajar, ia akan mulai mempelajari banyak hal baru. 

4. Belajar Menyenangkan dengan Basis Permainan

Permainan sebagai alat pendidikan tidak hanya membuat anak belajar lebih banyak dan mengembangkan keterampilan non-kognitifnya, tetapi juga dapat memotivasinya untuk belajar. Cara agar anak semangat belajar ini dapat memotivasi anak untuk mau terlibat dalam proses belajar dan meningkatkan rasa ingin tahunya.

Nah, itulah beberapa cara agar anak semangat belajar yang bisa ibu terapkan. Dengan beberapa cara ini, diharapkan kesenangan anak untuk belajar ini terbawa hingga dirinya dewasa. Tentu saja hal ini sangat baik untuk menunjang pendidikan dan kariernya saat dewasa. Maka dari itu, tanamkan kebiasaan baik ini dari sekarang juga!

Ibu juga bisa lo bertanya pada psikolog dari Halodoc terkait berbagai cara agar anak semangat belajar. Dengan fitur tanya dokter, interaksi dengan dokter atau psikolog bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Maka dari itu, segera  download aplikasi Halodoc untuk bisa menggunakan fitur unggulan ini!

Referensi:
Education Corner. Diakses pada 2022. 12 Strategies to Motivate Your Child to Learn.
Big Life Journal. Diakses pada 2022. 7 Ways to Instill A Love of Learning in Children.