• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Atasi Bruntusan yang Bisa Dilakukan di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Atasi Bruntusan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ini 4 Cara Atasi Bruntusan yang Bisa Dilakukan di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Agustus 2022

“Bruntusan merupakan masalah kulit umum yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Kabar baiknya, ada beberapa cara menghilangkan bruntusan yang bisa dilakukan di rumah.”

Ini 4 Cara Atasi Bruntusan yang Bisa Dilakukan di RumahIni 4 Cara Atasi Bruntusan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Selain jerawat, bruntusan merupakan masalah kulit lainnya yang terbilang umum. Ini adalah kondisi ketika terdapat bintik-bintik merah kecil yang menonjol pada kulit, sehingga permukaan kulit terasa kasar dan tidak rata.

Bruntusan sebenarnya tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, benjolan kecil tersebut tentu bisa mengganggu penampilan, apalagi bila muncul di wajah. Kabar baiknya, ada banyak cara menghilangkan bruntusan yang bisa kamu lakukan di rumah, lho. Yuk, cari tahu di sini.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Rumah

Bruntusan paling sering muncul di kulit lengan atas dan paha, tapi bisa juga muncul di wajah. Pada wajah, bintik-bintik kecil yang menonjol ini biasanya muncul di area T-zone (dahi, hidung, dan dagu. 

Penyebab bruntusan ada banyak, mulai dari keringat, alergi, kegemukan, jerawat, stres hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Perubahan hormon juga bisa memicu munculnya kondisi kulit tersebut. Bruntusan paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

Meskipun bisa menghilang dengan sendirinya, benjolan kecil yang membuat permukaan kulit tidak rata tentu bisa mengganggu orang yang mengalaminya. Nah, berikut adalah cara menghilangkan bruntusan yang bisa dilakukan di rumah:

1. Rutin Membersihkan Kulit Tubuh dan Wajah

Agar bruntusan cepat hilang, kamu perlu membersihkan kulit dan wajah (area yang terpengaruh) secara rutin. Gunakanlah sabun yang berbahan ringan dan bebas pewangi. Untuk wajah, gunakanlah sabun cuci khusus untuk wajah yang berbahan ringan. Hal itu untuk mencegah iritasi saat kamu membersihkan kulit tubuh dan wajah.

Selain itu, sebaiknya jangan mandi terlalu lama, karena bisa membuat kulit kering yang akan memperparah bruntusan. Usahakanlah mandi selama 5-10 menit saja, dan gunakan air hangat yang bisa membantu membuka sumbatan dan melonggarkan pori-pori. Jangan lupa keringkan tubuh dan wajah dengan baik setelah mandi ya.

2. Gunakan Pelembab

Cara menghilangkan bruntusan lainnya bisa dengan mengoleskan krim pelembab bebas minyak pada kulit. Oleskanlah segera setelah mandi (saat kulit masih lembab) atau kapan pun kulit terasa kering. Cara tersebut penting untuk mencegah kulit menjadi kering. Pilihlah losion atau pelembab dengan kandungan asam laktat, yang bisa menghidrasi kulit kering dan mendorong pergantian sel.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelembab udara untuk mencegah kulit kering. Namun, pastikan untuk membersihkan dan mendesinfeksi humidifier setiap minggu untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri berbahaya.

3. Eksfoliasi 

Eksfoliasi kulit dengan lembut seminggu sekali juga bisa membantu mengatasi bruntusan. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang disebut keratolitik untuk eksfoliasi kulit. Carilah produk yang mengandung salah satu bahan berikut, yaitu:

  • Asam alfa hidroksi.
  • Asam glikolat.
  • Asam laktat.
  • Retinoid. 
  • Asam salisilat.
  • Urea.

Namun, berhati-hatilah saat eksfoliasi kulit dan pastikan kamu mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan. Pasalnya, menggunakan terlalu banyak atau lebih sering dari anjuran, bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan teriritasi. Selain itu, hindari menggosok kulit yang akan memperparah bruntusan.

4. Hindari Melakukan Hal-hal yang Bisa Memperburuk Bruntusan

Hindari menggunakan pakaian yang ketat, karena bisa menyebabkan gesekan yang bisa mengiritasi kulit. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk tidak mencukur atau melakukan waxing di area kulit yang sedang bruntusan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan lebih banyak benjolan muncul. Namun, bila kamu perlu mencukur area tersebut, gunakan pisau cukur bermata satu, alih-alih pisau cukur bermata banyak.

Itulah cara menghilangkan bruntusan yang bisa kamu lakukan di rumah. Nah, kamu bisa mendapatkan produk perawatan kulit yang kamu butuhkan, seperti losion pelembab, krim, dan lain-lain lewat aplikasi Halodoc

Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah, cukup order lewat aplikasi, lalu obat dan vitamin akan diantarkan ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. How to treat keratosis pilaris at home
Healthline. Diakses pada 2022. Keratosis Pilaris (Chicken Skin)