• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Menanggulangi Pencemaran Udara dari Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Menanggulangi Pencemaran Udara dari Rumah

Ini 4 Cara Menanggulangi Pencemaran Udara dari Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Agustus 2022

“Ada beberapa cara sederhana untuk menanggulangi pencemaran udara dari rumah. Mulai dari menghemat energi hingga tidak membakar sampah demi membuat perbedaan pada kualitas udara.”

Ini 4 Cara Menanggulangi Pencemaran Udara dari RumahIni 4 Cara Menanggulangi Pencemaran Udara dari Rumah

Halodoc, Jakarta – Kualitas udara belakangan ini menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Menurut laporan dari berbagai media massa, kualitas udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya semakin buruk. Bahkan, dikatakan bahwa kualitas udara di Jakarta sudah berada di zona merah pada pagi hari, di mana belum terlalu banyak aktivitas yang dilakukan.

Itulah mengapa kita perlu mulai menaruh kepedulian pada lingkungan dan Bumi kita. Sebagian besar polusi udara mungkin berasal dari industri dan perusahaan yang berada di luar kendali kita. Namun, masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai individu, untuk membuat sedikit perbedaan pada kualitas udara kita.

Nah, upaya penanggulangan pencemaran udara bisa mulai dilakukan dari rumah. Yuk, simak cara-caranya di sini.

Cara Menanggulangi Pencemaran Udara di Rumah

Kualitas udara yang buruk merupakan masalah serius yang perlu mendapatkan perhatian dan penanggulangan secepatnya. Pasalnya, tidak hanya bisa berdampak pada lingkungan, tapi kualitas udara yang buruk juga bisa memengaruhi kesehatan kita. 

Dampak kesehatan dari paparan polusi udara bisa bersifat jangka panjang, karena partikel tersebut memperburuk penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Tidak perlu memikirkan cara yang rumit, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menanggulangi pencemaran udara:

1. Hemat Energi

Menghemat energi dengan menghemat penggunaan listrik di rumah, merupakan salah satu cara menanggulangi pencemaran udara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Hal itu karena pembangkit listrik di Indonesia masih banyak menggunakan bahan bakar fosil.

Selain karena jenis energi tersebut tidak bisa diperbarui, penggunaan bahan bakar tersebut juga berkontribusi pada pencemaran udara. Hasil pembakaran bahan bakar fosil akan menghasilkan polutan udara. 

Nah, dengan menghemat energi, secara tidak langsung kamu akan menghemat penggunaan dari bahan bakar fosil, yang pada gilirannya mengurangi polusi udara. 

Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk mulai menghemat penggunaan listrik di rumah. Contohnya, mematikan lampu bila tidak diperlukan dan mengurangi penggunaan air conditioner (AC) di rumah. Selain itu, pilihlah peralatan rumah, seperti kulkas atau AC yang hemat energi. 

2. Hindari Pembakaran di Rumah

Pembakaran domestik sudah meningkat selama dekade terakhir dan menjadi penyumbang emisi partikel terbesar di Inggris. Pembakaran bahan bakar padat, seperti di api terbuka atau tungku pembakaran kayu bisa berdampak pada polusi udara secara signifikan. Jadi, hindarilah membakar daun dan sampah di halaman rumah atau taman. 

3. Kurangi Konsumsi Daging dan Susu

Hubungan antara mengonsumsi daging dan produk susu dengan kualitas udara memang tidak langsung terlihat jelas. Namun, para ilmuwan sudah menemukan bahwa peternakan sebenarnya adalah penghasil polusi udara terbesar sebanyak lebih dari 50 persen. 

Peternakan sapi bertanggung jawab atas sejumlah besar emisi amonia, yang menyebabkan polusi tidak hanya di udara tetapi juga ke permukaan dan air tanah. Jadi, sebisa mungkin, kurangilah mengonsumsi daging dan produk susu. Alternatifnya beralih ke pola makan yang memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Tanam Tumbuh-tumbuhan di Rumah

Tidak hanya bisa menyegarkan pikiran, menanam tumbuh-tumbuhan hijau di rumah juga bisa menjadi cara menanggulangi pencemaran udara dari rumah. Tanaman membantu membersihkan udara di sekitar mereka dengan cara mengonsumsi karbon dioksida atau CO2.

Itulah beberapa cara menanggulangi pencemaran udara dari rumah yang bisa kamu lakukan. Selain itu, jagalah kesehatan dengan rutin melakukan pemeriksaan secara berkala. Nah, kamu bisa  buat janji medis di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc

Hal itu penting penting agar masalah kesehatan bisa diketahui lebih awal, sehingga bisa ditangani sebelum terlambat. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Diakses pada 2022. BMKG: Update Perkembangan Terkini Kondisi Kualitas Udara di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya.
Bisnis. Diakses pada 2022. Kualitas Udara Jakarta Pagi Hari Ini, Kedua Terburuk di Dunia!
Hennepin. Diakses pada 2022. Energy conservation,air quality and climate change.
Sustrans. Diakses pada 2022. 10 things you can do to help reduce air pollution today.
United States Environmental Protection Agency. Diakses pada 2022. Actions You Can Take to Reduce Air Pollution