• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Mengontrol Kemarahan dengan Ampuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Mengontrol Kemarahan dengan Ampuh

Ini 4 Cara Mengontrol Kemarahan dengan Ampuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Perasaan emosi memang lebih mudah timbul saat sedang stres atau mengalami masalah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengontrol kemarahan yang benar di sini!”

Ini 4 Cara Mengontrol Kemarahan dengan Ampuh

Halodoc, Jakarta – Setiap orang pasti pernah merasa emosi sehingga ingin sekali marah. Hal ini terbilang manusiawi untuk terjadi. Namun, jika masalah ini terlalu sering terjadi, tentunya perlu dilakukan kontrol yang baik. Tujuannya agar amarah tak merugikan diri dan orang lain. 

Nah, berikut beberapa tips mengontrol kemarahan agar tidak berlebihan. 

Cara Mengontrol Kemarahan yang Baik Dilakukan

Perlu diketahui jika belajar mengendalikan emosi sama baiknya dengan menjaga kesehatan tubuh. Sebab, kedua hal tersebut dapat berkaitan satu sama lain. Memang dengan mengekspresikan kemarahan adalah cara paling baik agar dapat menenangkan diri.

Namun, jika kamu tidak bisa mengontrol kemarahan dan terjadi secara berlebihan, gangguan kesehatan bisa terjadi. Beberapa masalah yang dapat terjadi, seperti tekanan darah tinggi, nyeri pada dada, hingga stroke. Maka dari itu, penting untuk tahu cara mengontrol kemarahan dengan baik, yaitu:

1. Ambil Napas Panjang

Ketika kamu sedang kesal, cobalah untuk menenangkan diri sejenak dengan mengambil napas panjang lalu keluarkan. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai emosimu mereda. Setelah sudah bisa berpikir jernih, cobalah ungkapkan rasa frustasi yang dirasakan dengan tegas tetapi tidak konfrontatif. Katakan hal tersebut tanpa menyakiti orang lain.

2. Tenangkan Diri di Tempat Sepi

Jika dirasa kemarahan sudah memuncak, cobalah untuk beristirahat sejenak di tempat sepi sambil menenangkan diri. Cara mengontrol kemarahan ini terbilang efektif untuk meredam emosi. Sebab, jika tetap meneruskan aktivitas yang sedang dilakukan, masalah yang terjadi dapat lebih besar dan situasi semakin buruk. Pastikan menarik diri dan mencari tempat sepi untuk menenangkan diri.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengontrol kemarahan adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Sebab, hal ini dapat membantu diri untuk mengurangi perasaan stres yang menimbulkan emosi. Jika rasa emosi terus naik, cobalah untuk melakukan jalan cepat atau naik-turun tangga. Dengan begitu, perasaan tertekan tersebut dapat menghilang.

4. Basuh Wajah

Cara lainnya untuk mengontrol kemarahan adalah dengan mendinginkan tubuh dengan cara membasuh wajah. Cobalah untuk pergi ke kamar mandi sejenak dan basuh wajah dengan air dingin. Dengan begitu, suhu tubuh yang meningkat saat sedang emosi dapat menurun.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mencegah emosi berlebihan, yaitu:

  • Rutin melakukan yoga sebagai latihan untuk mengendalikan diri. Yoga adalah olahraga yang mampu melatih pernapasan dan bisa membuat tubuh menjadi rileks, serta pikiran lebih tenang.
  • Pastikan untuk menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Perlu diketahui jika tubuh yang sehat mampu menjaga mental untuk tetap prima.
  • Cobalah untuk lebih banyak melakukan sesuatu yang disenangi. Dengan begitu, emosi dan perasaan stres bisa diredam dengan baik.
  • Segera atasi kondisi yang dapat membuat stres dan meningkatkan emosi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol kemarahan agar tidak mudah memuncak. Pastikan kamu tidak mudah untuk mengekspresikan emosi dengan cara negatif atau berlebihan. Bukan hanya memengaruhi kesehatan fisik saja, amarah berlebihan juga bisa mengganggu hubungan sosial, lo. 

Maka dari itu, jika dirasa kesulitan untuk mengontrol kemarahan, cobalah untuk bertanya pada psikolog dari Halodoc melalui fitur tanya dokter. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Anger management: 10 tips to tame your temper.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Control Anger: 25 Tips to Help You Stay Calm.