• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Fungsi Penting Enzim Lipase bagi Pencernaan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Fungsi Penting Enzim Lipase bagi Pencernaan

Ini 4 Fungsi Penting Enzim Lipase bagi Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Oktober 2021
Ini 4 Fungsi Penting Enzim Lipase bagi Pencernaan

“Enzim adalah molekul biologis yang berfungsi untuk mempercepat laju reaksi kimia di dalam sel tubuh. Salah satu enzim yang memiliki fungsi cukup penting adalah enzim lipase. Jika fungsinya tidak terjaga dengan baik, otomatis akan berdampak pada sistem kerja pencernaan manusia.” 

Halodoc, Jakarta – Enzim lipase menjadi salah satu jenis enzim pencernaan. Sebagian besar jumlahnya diproduksi dalam pankreas. Selain itu, enzim lipase juga diproduksi dalam organ lain dalam tubuh, seperti hati dan lambung. Berikut ini penjelasan dan fungsi enzim lipase untuk menunjang kesehatan pencernaan.

Baca juga: Kenali 3 Fungsi Enzim pada Lambung

Penjelasan Selengkapnya Tentang Enzim Lipase

Sebelum mengetahui fungsinya, sebaiknya kamu lebih dulu mengetahui penjelasan tentang enzim lipase itu sendiri. Lipase adalah enzim pencernaan yang produksi oleh pankreas. Gunanya adalah memecah makanan yang dikonsumsi, sehingga tubuh dapat mencerna nutrisi yang dibutuhkan dari makanan tersebut.

Pankreas memiliki bagian yang disebut dengan kepala pankreas. Bagian tersebut terhubung langsung ke duodenum, yaitu bagian pertama dari usus kecil. Di dalam pankreas terdapat saluran kecil yang berfungsi untuk memasok enzim lipase untuk dialirkan ke duodenum.

Di dalam organ tersebut, enzim menjalankan fungsinya, yaitu membantu memecah trigliserida makanan menjadi asam lemak. Hal tersebut menjadi salah satu fungsi lipase. Fungsinya tidak berhenti sampai di situ saja, enzim ini juga memiliki beberapa fungsi penting lain bagi sistem pencernaan tubuh.

Baca juga: Kenali Macam-Macam Enzim dalam Lambung

Fungsi Enzim Lipase Bagi Sistem Pencernaan

Kamu perlu menjaga kesehatan enzim ini agar fungsi pentingnya dapat terjaga dengan baik. Berikut ini beberapa fungsi penting enzim lipase bagi sistem pencernaan:

1. Membantu Proses Metabolisme

Membantu proses metabolisme dilakukan dengan mengatur reaksi kimia dalam tubuh. Sebenarnya, reaksi kimia terjadi secara natural. Namun, prosesnya sangat lama. Nah, di sinilah fungsi dari enzim lipase, yaitu membantu reaksi kimia agar proses metabolisme berjalan lebih cepat dan efektif.

2. Mencerna Nutrisi dari Makanan

Enzim ini juga berperan penting dalam mencerna nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Saat mengonsumsi makanan berlemak, enzim akan memecah lemak menjadi partikel kecil dan masuk ke saluran limfatik. Pada akhirnya, nutrisi dari makanan tersebut akan dibawa masuk ke dalam aliran darah.

3. Memindahkan Kolesterol ke Aliran Darah

Fungsi selanjutnya adalah membantu memindahkan kolesterol ke aliran darah. Dalam menjalankan fungsinya, enzim menggabungkan kolesterol dengan asam lemak. Hasilnya ditemukan 2 kolesterol, yaitu LDL dan HDL. Enzim kemudian memindahkan kolesterol, baik ke dalam atau menjauh dari sel tubuh.

4. Membantu Proses Pencernaan ASI

Lipase adalah enzim yang berfungsi untuk mencerna dan menggunakan lemak ASI sepenuhnya. Enzim bekerja dengan memecah lemak susu, dan memisahkannya menjadi asam lemak bebas serta gliserol. Proses ini berlangsung hingga pankreas bayi dapat menghasilkan lipase secara alami.

Baca juga: Ketahui Jenis dan Fungsi Enzim Pencernaan Manusia

Itulah penjelasan lengkap tentang enzim lipase dan fungsi pentingnya bagi sistem pencernaan manusia. Seperti ulasan sebelumnya, lipase adalah enzim yang berperan besar terhadap proses pencernaan dalam tubuh. Tentu saja, kesehatan pankreas yang menjadi rumah produksi bagi enzim ini perlu dijaga dengan baik. 

Jika fungsinya terganggu, tentu jumlah enzim yang diproduksi akan menurun. Hal tersebut berdampak pada kinerja pencernaan. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan bergizi seimbang dan bila perlu konsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan sistem pencernaan. Kamu bisa cek kebutuhan suplemen yang dibutuhkan di sini lewat aplikasi Halodoc. Download di sini jika belum memiliki aplikasinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. The Digestive Process: What Is the Role of Your Pancreas in Digestion?
Very Well Family. Diakses pada 2021. Overview of the Enzymes in Breast Milk.
Mount Sinai. Diakses pada 2021. Lipase.
Medline Plus. Diakses pada 2021. Lysosomal acid lipase deficiency.