• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Jawaban Munculnya Benjolan di Ketiak

Ini 4 Jawaban Munculnya Benjolan di Ketiak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 4 Jawaban Munculnya Benjolan di Ketiak

“Benjolan di ketiak biasanya disebabkan oleh pembengkakan salah satu kelenjar getah bening di area tersebut. Kelenjar getah bening sendiri merupakan struktur kecil berbentuk oval yang berada di seluruh sistem limfatik tubuh. Meskipun bentuknya kecil, kelenjar tersebut memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Lantas, apa saja kondisi yang dapat memicu pembengkakan tersebut?”

Halodoc, Jakarta – Pada banyak kasus, benjolan tidak membahayakan. Benjolan jenis ini biasanya sudah ada sejak lahir (kongenital), dan tidak membutuhkan penanganan medis tertentu. Benjolan biasanya mengempis seiring dengan bertambahnya usia. Meski pada banyak kasus benjolan tidak membahayakan, benjolan juga bisa menjadi pertanda beberapa penyakit berikut ini:

Baca juga: 3 Kondisi yang Bisa Sebabkan Benjolan di Leher

1. Infeksi Bakteri, Virus, dan Jamur

Infeksi bakteri, virus, atau jamur bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak. Berikut ini beberapa penyakit yang jadi penyebabnya:

  • Infeksi bakteri Streptococcus. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini adalah, demam Scarlet, radang tenggorokan, demam rematik, infeksi saluran kemih, infeksi kulit, infeksi jaringan lunak (selulitis), sepsis, infeksi tulang dan sendi, serta pneumonia.
  • Infeksi bakteri Staphylococcus. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini biasanya terjadi di area kulit, seperti bisul, impetigo, dan selulitis. Gejala awal ditandai dengan kemerahan, bengkak, nyeri, dan nanah pada luka.
  • Demam cakaran kucing. Penyakit ini terjadi akibat gigitan atau cakaran kucing. Faktanya, air liur kucing mengandung banyak bakteri, termasuk Staphylococcus, Streptococcus, Pasteurella, dan Bartonella henselae.
  • Cacar air. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella zoster. Gejala awal dapat berupa demam, pusing, lemas, nyeri tenggorokan, penurunan nafsu makan, serta ruam merah.
  • Limfadenitis. Disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar getah bening. Gejalanya ditandai dengan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar getah bening, kulit kemerahan, nanah pada area yang terkena, serta demam.
  • Mononukleosis. Disebabkan oleh infeksi virus Epstein-Barr (EBV). Gejalanya ditandai dengan demam, radang tenggorokan, sakit kepala, lemas, menggigil, nyeri otot, penurunan nafsu makan, serta bintik merah tua atau ungu di langit mulut.
  • HIV/AIDS. Penyakit ini ditandai dengan demam hingga menggigil, ruam kulit, muntah, nyeri sendi dan otot, sakit kepala, sakit perut, sakit tenggorokan, dan sariawan di lidah maupun rongga mulut.

2. Mengidap Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak. Beberapa penyakit yang jadi penyebabnya, yaitu:

  • Arthritis rheumatoid. Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi, sendi membengkak, dan sendi kemerahan. Sejumlah keluhan biasanya berawal dari sendi kaki yang ditandai dengan nyeri di pergelangan kaki, tumit, dan tulang kering.
  • Lupus eritematosus sistemik. Penyakit ini ditandai dengan nyeri sendi, pembengkakan sendi, bintil merah pada pipi dan hidung saat terpapar matahari, sakit kepala, rambut rontok,  dan lemas, lesu, serta tidak bertenaga.

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

3. Penyakit Tertentu

Penyakit tertentu bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak. Berikut ini beberapa penyakit yang jadi penyebabnya:

  • Reaksi alergi. Penyakit ini ditandai dengan bersin-bersin, hidung gatal, mata memerah dan berair, hidung tersumbat, kulit memerah dan gatal, kulit kering dan pecah-pecah, pembengkakan pada bibir dan lidah, muntah, diare, batuk, mengi, serta sesak napas.
  • Melebarnya jaringan payudara. Kondisi yang satu ini ditandai dengan jaringan payudara yang meluas hingga ke ketiak. Tidak usah khawatir, karena kondisi ini normal dialami.
  • Sindrom kelelahan kronis. Penyakit ini ditandai dengan nyeri otot dan sendi, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, gangguan tidur, pusing saat berdiri dari posisi duduk, cemas, dan sakit tenggorokan.
  • Lipoma. Penyakit ini ditandai dengan benjolan yang muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu. Benjolan bisa tumbuh membesar, terasa lembek, dan mudah digoyangkan.
  • Obstruksi limfatik. Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan pada lengan dan tungkai, nyeri pada bagian yang terkena, kesulitan bergerak, berat atau kaku pada bagian yang terkena, mudah merasa lelah, infeksi berulang, demam, selulitis, dan terbentuk luka borok atau retakan pada kulit.
  • Kista sebasea. Ditandai dengan munculnya benjolan di bawah kulit, komedo hitam, muncul nanah di area yang terkena, dan kemerahan, pembengkakan, dan tekstur kulit lembut di area yang terinfeksi.
  • Memar pada ketiak. Kondisi ini biasanya terjadi akibat kerusakan pada pembuluh darah akibat benturan.

4. Kanker yang Telah Menyebar ke Kelenjar Getah Bening

Kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak. Beberapa penyakit yang jadi penyebabnya, yaitu:

  • Limfoma Hodgkin. Penyakit ini ditandai dengan demam, lemas, gatal, berkeringat pada malam hari, penurunan berat badan, pembengkakan organ limpa, batuk, nyeri dada, dan sesak napas.
  • Leukemia. Penyakit ini ditandai dengan demam dan menggigil, tubuh lelah, penurunan berat badan, bintik merah pada kulit, mimisan, tubuh mudah memar, keringat berlebihan, serta perut tidak nyaman akibat organ limpa membengkak.
  • Limfoma non-Hodgkin. Penyakit ini ditandai dengan penurunan berat badan, demam, berkeringat pada malam hari, mudah lelah, penurunan nafsu makan, nyeri dada, sesak napas, pembengkakan pada perut, serta kulit terasa gatal.

Baca juga: Lipoma, Benjolan pada Bagian Tubuh yang Jangan Diabaikan

Meski umumnya benjolan di ketiak tidak membahayakan, kamu disarankan untuk segera berdiskusi dengan dokter di aplikasi Halodoc jika benjolan menampak mengalami pembengkakan secara bertahap, terasa nyeri, dan tidak hilang dalam jangka waktu yang lama. Segera download di sini jika belum memiliki aplikasinya, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Armpit Lump.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Armpit lumps: What you need to know.

NHS UK. Diakses pada 2021. Lumps.

Youtube. Diakses pada 2021. Halodoc – 4 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak