• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Jenis Anjing yang Memiliki Umur Panjang

Ini 4 Jenis Anjing yang Memiliki Umur Panjang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 4 Jenis Anjing yang Memiliki Umur Panjang

“Jika kamu ingin memiliki kebersamaan yang lebih lama dengan anjing peliharaan, maka kamu perlu tahu beberapa jenis anjing dengan umur yang panjang. Dengan begitu, kebersamaan yang kamu miliki dengan hewan peliharaan tentu lebih lama.”

Halodoc, Jakarta – Anjing sudah menjadi partner manusia berabad-abad lamanya. Saat memiliki hewan peliharaan ini, beberapa orang mungkin sudah menganggapnya sebagai keluarga. Namun, hal yang perlu diketahui adalah anjing memiliki umur rata-rata lebih pendek jika dibandingkan manusia.

Memang, semua perawatan yang sehat dan rutin memeriksakan kesehatannya ke dokter dapat memperpanjang usianya. Tetap tidak bisa disangkal jika usia rata-rata anjing di antara 10 hingga 13 tahun. Meski begitu, ada beberapa jenis anjing yang memiliki usia lebih panjang dibandingkan angka rata-rata tersebut. Untuk mengetahuinya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Beberapa Jenis Anjing dengan Umur yang Panjang

Saat memiliki hewan peliharaan, tentu sedih untuk kehilangannya karena faktor usia. Memang tidak ada yang hidup selamanya, tetapi kamu bisa lebih lama hidup dengan hewan peliharaan jika memilih jenis yang berumur panjang. Perbedaan usia dibandingkan rata-rata bahkan mencapai 6 tahun atau lebih.

Faktanya, anjing berukuran kecil memiliki usia yang lebih lama dibandingkan dengan yang memiliki ukuran besar. Alasan anjing lebih besar berumur lebih pendek karena pertumbuhannya yang lebih cepat dibandingkan yang kecil.

Hal ini menyebabkan terjadinya perkembangan jaringan abnormal lebih awal, seperti kanker, tumor, dan penyakit yang berhubungan dengan penuaan. Nah, jika kamu ingin menikmati kebersamaan lebih lama dengan anjing peliharaan, ada beberapa ras anjing yang memiliki usia lebih panjang, yaitu:

1. Chihuahua

Salah satu anjing dengan umur yang panjang adalah chihuahua. Ras anjing ini dapat memiliki usia hingga lebih dari 15 tahun dan kemungkinan mencapai 20 tahun. Untuk mendapatkan umur yang panjang, anjing ini tetap membutuhkan banyak latihan, stimulasi mental, dan pelatihan. Meski umumnya sehat, jenis anjing ini rentan terhadap masalah jantung dan mata.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

2. Dachshund

Dachshund juga termasuk salah satu jenis anjing dengan umur yang panjang. Kamu mungkin dengan mudah menemukan ras anjing ini berusia di atas 15 tahun. Bahkan, seekor dachshund memecahkan rekor dunia untuk usia anjing yang paling tua dengan 21 tahun saat meninggal. Namun, dachshund memiliki masalah kesehatan terkait usia, termasuk masalah punggung yang bisa diperburuk oleh obesitas.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang anjing dengan umur panjang atau berbagai hal terkait kesehatan hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc siap membantu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam interaksi dengan ahli medis dengan penggunaan smartphone saja. Unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Pomeranian

Pomeranian juga termasuk jenis anjing dengan umur yang panjang. Jenis anjing ini banyak dipelihara karena terkenal lincah dan suka bermain. Disebutkan jika ras anjing ini memiliki harapan hidup sekitar 12 hingga 16 tahun. Dengan angka di atas usia rata-rata ini, kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama dengannya.

Baca juga: Usia Berapakah Anjing Berhenti Bertumbuh?

4. Toy Poodle

Salah satu jenis pudel ini kerap menjadi pilihan anjing untuk dipelihara karena cerdas. Anjing ini juga memiliki energi yang banyak disertai dengan pikirannya yang sangat sibuk. Tidak jarang jika pudel ini mencapai umur hingga 18 tahun yang jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata. Meski begitu, ras ini rentan terhadap masalah ortopedi serta gangguan mata.

Nah, sekarang kamu tahu beberapa jenis anjing dengan umur yang panjang. Memang, saat seseorang kehilangan hewan peliharaan, rasanya mungkin sama seperti kehilangan anggota keluarga sendiri. Dengan memelihara anjing yang memiliki umur panjang, kebersamaan dan kenangan yang dirasakan tentu sangat berkesan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Pet Backer. Diakses pada 2021. Top 10 dog breeds that live the longest.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 10 Best Dog Breeds With Long Lifespans.