• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Air Putih untuk Tumbuh Kembang Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Air Putih untuk Tumbuh Kembang Anak

Ini 4 Manfaat Air Putih untuk Tumbuh Kembang Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 November 2022

"Minum air putih membantu mengeluarkan racun dan limbah dalam tubuh. Alhasil, anak tak gampang jatuh sakit dan tumbuh kembangnya tetap berjalan optimal."

Ini 4 Manfaat Air Putih untuk Tumbuh Kembang AnakIni 4 Manfaat Air Putih untuk Tumbuh Kembang Anak

Halodoc, Jakarta –  Selama ini kita pasti sering mendengar imbauan minum air putih. Bukan tanpa alasan, cairan bening yang tawar ini punya segudang manfaat untuk kesehatan, terutama tumbuh kembang anak, lho!  

Selama masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan vitamin dan mineral dari makanan yang dikonsumsinya. Nah, air putih berperan melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan tersebut. Komponen vitamin ini kemudian disalurkan ke seluruh tubuh untuk menunjang proses pertumbuhan anak.

Manfaat Air Putih untuk Tumbuh Kembang Anak

Bukan sekedar pelepas dahaga, berikut manfaat air putih lainnya:

1. Melancarkan pencernaan

Para ahli mengungkapkan kalau minum air sebelum, selama, dan setelah makan membantu tubuh memecah makanan. Artinya, cairan ini membantu fungsi pencernaan sehingga kandungan di dalamnya mampu diserap tubuh dengan baik. 

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Air membawa nutrisi dan oksigen yang bermanfaat ke seluruh tubuh. Itu sebabnya, Si Kecil perlu rutin minum air putih agar sirkulasi oksigen di dalam darah tetap lancar. Dengan demikian, anak tidak akan mudah sakit sehingga pertumbuhannya berjalan dengan baik. 

3. Melawan penyakit

Minum cukup air bisa mencegah kondisi medis tertentu, seperti sembelit, asma dan infeksi saluran kemih. Kondisi-kondisi tersebut rentan menimpa Si Kecil yang imunitasnya masih dalam proses perkembangan. 

4. Membantu mengeluarkan racun dan limbah

Tubuh menggunakan air untuk berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Ketiga proses tersebut berfungsi untuk membuang racun dan limbah dalam tubuh. 

Tips Mendorong Anak Rutin Minum Air Putih

Jika Si Kecil sulit untuk rutin minum air putih, ibu bisa mencoba tips-tips di bawah ini:

1. Berikan contoh

Anak cenderung suka meniru atau mencontoh orang tuanya. Oleh sebab itu, berikan contoh dengan rutin minum air putih di depan Si Kecil. Misalnya minum air putih sampai rumah setelah bepergian, setelah berolahraga, atau sepulang kerja.

2. Hindari minuman kemasan

Sebaiknya kurangi menyimpan minuman kemasan di dalam kulkas maupun tempat penyimpanan lain. Sebaliknya, isi kulkas dengan air mineral, begitu juga di meja makan. 

Tujuannya untuk membentik pemikiran anak bahwa jika haus maka minum air putih, bukan air lainnya. Hindari pula memberi banyak pilihan minuman dengan minuman kemasan, berpewarna, dan perasa lain yang bisa membuat anak nyaman dan menolak air mineral.

3. Pastikan air mudah dijangkau

Sediakan air putih di tempat-tempat yang mudah dijangkau Si Kecil. Dengan begitu anak tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air putih.

4. Siapkan setiap bepergian

Selalu bawa persediaan air putih saat bepergian, entah dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Simpan dalam botol yang mudah dibawa. Letakkan beberapa botol di dalam mobil pribadi atau di dalam tas jika bepergian dengan kendaraan umum.

5. Buat minum menjadi menyenangkan

Supaya kegiatan minum semakin menyenangkan, ibu bisa menyiapkan gelas atau botol minum bergambar tokoh kartun atau superhero favorit Si Kecil.

6. Jangan memaksa

Ajari Si Kecil untuk minum air putih dengan cara yang lemah lembut dan menyenangkan. Misalnya, memperlihatkan kartun kesayangannya yang doyan minum air putih. Memaksa minum air putih bisa membuat anak berpikir kalau itu adalah kegiatan yang menyebalkan dan membebankan.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Water and Healthier Drinks.
Healthline. Diakses pada 2022. Why Is Water Important? 16 Reasons to Drink Up.
Mayo Clinic Health System. Diakses pada 2022. Water: Essential to Your Body.