• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Cabe Jalapeno yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Cabe Jalapeno yang Jarang Diketahui

Ini 4 Manfaat Cabe Jalapeno yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Agustus 2022

“Jalapeno adalah jenis cabai-cabaian yang kurang umum di Indonesia. Namun, buah ini punya manfaat kesehatan yang jarang orang ketahui.”

Ini 4 Manfaat Cabe Jalapeno yang Jarang DiketahuiIni 4 Manfaat Cabe Jalapeno yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Jalapeno adalah jenis cabai-cabaian asli Meksiko dan sering dijadikan bumbu masakan negara tersebut. Rasa pedasnya diklaim melampaui jenis cabai-cabaian yang ada di Indonesia.

Kandungan vitamin C di dalamnya mampu melawan efek penuaan sehingga kulit tampak lebih kencang. Dalam 100 gram jalapeno mengandung 118 miligram vitamin C. Angka ini  cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu. Manfaat lain yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Membantu penurunan berat badan

Senyawa capsaicin jalapeno tidak hanya memberikan rasa pedas, mereka mampu mengoptimalkan metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, dan mengurangi nafsu makan. Efek tersebut bisa membuat seseorang makan 50-75 kalori lebih sedikit. 

2. Melawan kanker

Capsaicin punya sifat anti kanker sehingga mampu menghentikan pertumbuhan sel, memperlambat penyebaran ke organ lain dan mencegah pembentukan pembuluh darah baru di sekitar tumor kanker.

Namun, untuk mendapatkan manfaat di atas, mengonsumsi jalapeno kudu dengan dosis yang tepat. Jika berlebih, akan ada efek samping, seperti perut melilit, perut terasa panas dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Pereda nyeri alami

Lagi-lagi karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam jalapeno punya manfaat meredakan nyeri secara alami. Namun, efek ini hanya bisa didapatkan saat digunakan secara eksternal.

Zat tersebut mampu meringankan nyeri dengan memblokir reseptor rasa sakit di area yang ditempelkan jalapeno. Pada awalnya, muncul sensasi terbakar, lama kelamaan area tersebut mati rasa dan rasa sakit pun memudar. 

Patch capsaicin sering digunakan untuk mengurangi nyeri akibat virus herpes zoster, nyeri saraf diabetes, nyeri otot dan sendi kronis. Penelitian mengungkapkan jika lansia yang mengidap rheumatoid arthritis mengalami pengurangan rasa sakit setelah mengoleskan krim capsaicin ke persendian mereka.

4. Bikin awet muda

Khasiat yang satu ini masih menjadi perdebatan dan perlu ada penelitian lebih lanjut. Satu studi menunjukkan bahwa orang yang makan cabai beberapa kali seminggu lebih kecil 13 persen kemungkinannya untuk meninggal.

Penelitian tersebut membandingkan individu yang makan sedikit cabai atau yang tidak sama sekali selama 19 tahun. Menurut ahli, capsaicin mampu meningkatkan aliran darah dan mencegah obesitas yang sering menjadi penyebab utama kematian.

Cara Tepat Mengonsumsi Jalapeno 

Selalu cuci jalapeno sampai bersih sebelum dikonsumsi untuk mencegah infeksi bakteri salmonella. Ada baiknya, jalapeno tidak dimakan mentah-mentah dan perlu dimasak sampai benar-benar matang. 

Selain itu, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi si pedas ini. Pasalnya, dahsyatnya pedas jalapeno bisa memperburuk asam lambung dan menyebabkan masalah bagi pengidap sindrom iritasi usus besar. Lebih baik hindari konsumsi jalapeno jika kamu punya masalah pencernaan.

Cara pengolahannya pun tidak boleh asal. Kenakan sarung tangan saat memotong jalapeno. Capsaicin di dalamnya akan sulit dibersihkan sehingga muncul sensasi terbakar pada mata, mulut, dan hidung  setelah menyentuhnya.

Satu tips yang perlu kamu ketahui untuk mengurangi rasa pedas jalapeno. Potong-potong buah ini dan rendam dengan air garam setidaknya setengah jam sebelum dimakan atau dimasak. 

Konsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc sekarang juga. Jangan tunggu sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Surprising Health Benefits of Jalapeños.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Jalapeños.