Ini 4 Manfaat Masker Alpukat untuk Kecantikan Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 4 Manfaat Masker Alpukat untuk Kecantikan Wajah

Halodoc, Jakarta – Alpukat adalah jenis buah yang sering dijadikan jus. Teksturnya yang padat dan lembut serta rasanya yang manis agak pahit membuat banyak orang menyukai buah ini. Selain dijadikan jus, pernahkah kamu mengolah alpukat untuk dijadikan masker? Manfaat buah alpukat tidak hanya bisa diperoleh dari meminum atau memakannya saja. Buah ini punya segudang manfaat untuk wajah dengan dijadikan sebagai masker.

Baca Juga: 7 Kandungan Nutrisi Alpukat dan Manfaatnya

Alpukat adalah buah super yang sarat dengan lemak baik, asam lemak omega, vitamin, dan banyak nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi tersebut bisa mengatasi kemerahan, peradangan, jerawat kulit kering yang terkelupas, atau menggunakannya sebagai perawatan biasa untuk wajah. Berikut ini manfaat masker alpukat yang wajib diketahui, yaitu:

  1. Pelembab Alami

Selain terkenal dengan kandungan lemak sehatnya, alpukat kaya antioksidan seperti betakaroten, lesitin, dan asam linoleat yang mampu mengatasi kulit kering, terkelupas, dan pecah-pecah. Selain menggunakan masker alpukat, kamu harus mengonsumsi buah dan sayuran hijau untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

  1. Mencerahkan Kulit

Kalau kamu ingin memiliki wajah yang lebih cerah secara permanen, kamu perlu menggunakan bahan-bahan yang tidak hanya mencerahkan tetapi juga meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan serta melindungi dari kerusakan lebih lanjut. Vitamin yang terdapat di dalam alpukat terbukti memerangi kerusakan kulit serta memperbaikinya. Alpukat menghilangkan sel kulit mati, membuka pori-pori, melawan bakteri yang berhubungan dengan jerawat, dan menjaga kesehatan kulit.

  1. Mengurangi Jerawat dan Bekas Luka

Alpukat juga termasuk buah antiinflamasi karena mengandung asam laurat dan nutrisi lain yang bertindak sebagai agen antibakteri dan antivirus. Kandungan tersebut mampu mengurangi jerawat dan bekas luka. 

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 4 Manfaat Alpukat untuk Diet

  1. Anti-Penuaan

Kulit rentan mengalami kerusakan karena radikal bebas, polusi, paparan sinar matahari dan efek sinar UVA dan UVB. Semua hal tersebut bisa menimbulkan keriput, garis-garis halus, dan hilangnya elastisitas kulit. Vitamin E dan F serta asam lemak esensial yang terkandung di dalam alpukat mampu memperlambat pembentukan kerutan ini. Alpukat juga mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat alpukat, tanyakan kepada dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Cara Membuat Masker Alpukat

Kalau kamu tertarik menggunakan masker alpukat untuk mendapatkan manfaat-manfaat tadi, berikut cara pembuatan masker yang bisa kamu coba, yaitu:

  • Kupas satu buah alpukat dan buang bijinya;
  • Masukkan ke dalam mangkuk dan tumbuk menggunakan garpu sampai halus dan mirip seperti pasta;
  • Jika kamu ingin menghilangkan jerawat, kamu bisa memeras setengah lemon untuk dicampurkan dengan pasta alpukat;
  • Kalau ingin mendapatkan hasil kulit yang lebih lembap, kamu dapat menambahkan lebih 1 sdm madu;
  • Sebelum menggunakan masker alpukat, pastikan kamu telah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka dan mengeringkannya;
  • Hindari area mata saat mengoleskan masker alpukat;
  • Biarkan masker selama 15 menit atau sampai mengering, lalu bilas wajah dengan air hangat atau air biasa.

Baca Juga: 5 Manfaat Alpukat untuk MPASI

Pastikan kulit kamu tidak alergi terhadap salah satu bahan dalam masker kecantikan ini. Untuk memastikan kamu tidak alergi dengan bahan-bahannya, kamu bisa mengoleskan bahan tersebut ke  area kecil terlebih dahulu. Diamkan selama 15 menit. Apabila tidak ada tanda kemerahan atau tanda alergi lainnya, berarti masker telah aman digunakan dan bermanfaat untuk kesehatan kulitmu.

Referensi :
Fustany. Diakses pada 2019. Three Reasons Why The Avocado Face Mask Is All You Need for Beautiful Skin.
Style Craze. Diakses pada 2019. 10 Easy And Effective Homemade Avocado Face Masks.