• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Menjadi Relawan Sosial atau Volunteer
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Menjadi Relawan Sosial atau Volunteer

Ini 4 Manfaat Menjadi Relawan Sosial atau Volunteer

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Desember 2022

“Menjadi relawan sosial dapat mengubah hidup dan memberikan beberapa dampak positif pada diri. Salah satu manfaatnya adalah dapat memperluas pandangan dan keterampilan.”

Ini 4 Manfaat Menjadi Relawan Sosial atau VolunteerIni 4 Manfaat Menjadi Relawan Sosial atau Volunteer

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang berpikiran kalau salah satu cara mendapatkan kebahagiaan adalah dengan berbagi serta menolong orang lain. Nah, berbagi dan menolong orang lain banyak bentuknya, salah satunya adalah dengan menjadi relawan sosial atau volunteer.

Relawan sosial dapat diartikan sebagai kegiatan sosial yang dilakukan untuk sekumpulan orang yang memperjuangkan suatu isu sama. Berdasarkan hal ini, tentunya kegiatan menjadi relawan atau volunteer dilakukan tanpa mengharapkan keuntungan sedikitpun. 

Berita baiknya, menjadi relawan sosial atau volunteer dapat memberikan berbagai manfaat, lho. Penasaran apa saja kira-kira apa saja manfaatnya? 

Manfaat Menjadi Relawan Sosial

Menjadi relawan sosial dapat mengubah hidup dan membuat dampak positif pada dirimu sendiri. Berikut adalah manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini: 

1. Memperluas pandangan dan keterampilan 

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari menjadi relawan sosial adalah memperluas pandangan dan keterampilan. Sebab, sebagai relawan sosial, seseorang dapat mempelajari banyak keterampilan baru, belajar bekerja sama dalam tim, dan menetapkan tujuan. 

Selain itu, ketika menjadi relawan sosial, kebanyakan orang akan mengandalkan diri dan kehadiranmu. Hal ini dapat membantu seseorang untuk belajar bagaimana cara bertanggung jawab dengan baik. 

Tak hanya itu, saat menjadi relawan sosial, tak jarang seseorang perlu memimpin suatu kampanye atau proyek. Dengan demikian, keterampilan public speaking dan kepemimpinan dirimu tentu akan terlatih.  Di sisi lain, mengikuti kegiatan seperti ini juga diketahui dapat membantu seseorang mengatur waktu dengan baik. 

2. Mendapatkan banyak teman dan koneksi baru 

Mengerjakan proyek sukarela pada umumnya menyatukan banyak orang dari berbagai latar belakang dan kemampuan seseorang. Ketika kamu menjadi relawan sosial, hal ini mungkin akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang memiliki minat dan nilai yang sama. Selain itu, ada juga kemungkinan kalau kamu akan menemukan mentor atau guru yang baik. 

3. Membuat seseorang merasa lebih baik 

Manfaat selanjutnya dari menjadi relawan sosial atau volunteer adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sebab, kontribusi yang kamu lakukan, akan memberi dampak kepada masyarakat secara positif, baik langsung, maupun tidak langsung. Selain itu, melakukan kegiatan sosial juga dapat menyibukkan pikiranmu, sehingga kamu akan memiliki kegiatan. Hal ini dapat membuatmu tetap fokus untuk melakukan sesuatu yang memiliki tujuan, khususnya ketika kamu sedang banyak pikiran atau sedang menganggur. 

Menariknya lagi, menghabiskan waktu dengan teman-teman yang bahagia dan positif dapat meningkatkan suasana hati kamu. Selain itu, memiliki kehidupan sosial yang aktif dapat meningkatkan sistem kekebalan dan membantu mengurangi isolasi, faktor utama penyebab depresi.

4. Dapat menjadi bagian dari resume 

Menjadi relawan sosial dapat memberikanmu banyak pengalaman yang berharga. Tak hanya pengalaman bagi hidupmu, tetapi hal ini juga dapat membuat resume atau daftar riwayat hidupmu menjadi lebih padat. Dengan menambahkan pengalaman menjadi relawan sosial pada resume, kamu bisa menunjukkan dirimu sebagai kandidat yang dapat diandalkan, peduli sesama, dan memiliki visi. Nah, beberapa aspek tersebut tentunya berperan penting ketika kamu sedang melakukan wawancara kerja. 

Itulah beberapa manfaat dari menjadi relawan sosial atau volunteer. Mulai dari memperluas pandangan dan keterampilan, mendapatkan banyak teman dan koneksi baru, membuat seseorang merasa lebih baik, hingga dapat menjadi bagian dari resume

Selain peduli terhadap sesama, pastikan juga kamu peduli terhadap kesehatan dirimu. Nah, salah satu langkah penting yang juga dapat dilakukan adalah dengan memeriksakan kesehatan secara rutin. Sebab, hal ini dapat membantu mendeteksi berbagai penyakit sedari awal. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji temu dokter di rumah sakit dengan dokter pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Kumparan. Diakses pada 2022. Ini 5 Keuntungan Menjadi Relawan Bagi Milenial. 
Kids Health. Diakses pada 2022. Volunteering. 
Help Guide.org. Diakses pada 2022. Making Good Friends. 
OSC Medcom. Diakses pada 2022. 7 Manfaat Mengikuti Kegiatan Volunteer, Bukan Untuk Terlihat Suci!