• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu bagi Kesehatan Tubuh

Ini 4 Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu bagi Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Agustus 2022

“Renang gaya kupu-kupu bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Gaya renang ini bisa mengencangkan otot-otot sekaligus membakar banyak kalori untuk menurunkan berat badan.”

Ini 4 Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu bagi Kesehatan TubuhIni 4 Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Dari semua variasi gaya renang yang ada, renang gaya kupu-kupu dinilai sebagai variasi yang paling sulit. Alasannya, karena gaya renang tersebut memerlukan kombinasi kekuatan dan koordinasi yang baik agar bisa berenang melewati air. 

Nah, bila kamu melakukannya dengan benar, renang gaya kupu-kupu bisa membakar lebih banyak kalori daripada gaya renang lainnya. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, renang gaya kupu-kupu juga bisa memberikan manfaat lainnya. Simak ulasannya di sini.

Manfaat Renang Gaya Kupu-kupu untuk Kesehatan

Karena tekniknya yang sulit, renang gaya kupu-kupu bukan lah gaya renang yang direkomendasikan untuk pemula. Bahkan, banyak atlet triatlon saja tidak pernah mempelajarinya dan  beberapa perenang membutuhkan waktu untuk menguasai gaya renang tersebut.

Renang gaya kupu-kupu membutuhkan gerakan tangan dan kaki yang terkoordinasi dengan baik untuk mendorong tubuh kamu maju melintasi air. Disebut gaya ‘kupu-kupu’, karena kamu perlu mengangkat kedua bahu ke atas kepala secara bersamaan, yang terlihat seperti sayap kupu-kupu. 

Kemudian, kamu mendorong kepala masuk ke dalam air dengan gerakan sayap tersebut untuk memajukan tubuh ke depan. Sementara kakimu bergerak dengan gaya tendangan lumba-lumba (lurus dan disatukan). Bila dilakukan dengan benar, gerakan lenganmu simetris dan tubuhmu akan mengayun seperti gelombang, dan kakimu bergerak bersama dalam tendangan lumba-lumba.

Meskipun sulit, gaya renang yang satu ini menarik untuk dilakukan. Ditambah lagi ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari renang gaya kupu-kupu:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kalau kamu berenang dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, maka renang gaya dada adalah variasi gaya terbaik yang bisa kamu lakukan. Berenang dengan gaya kupu-kupu selama satu jam mampu membakar 649 kalori pada orang yang memiliki berat badan 60 kilogram. 

2. Melatih Tubuh Bagian Atas

Renang gaya kupu-kupu juga baik untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas. Contohnya untuk mengencangkan dada, perut, lengan (terutama trisep), dan otot punggung. Sebab gaya renang ini lebih banyak melibatkan bagian atas dan membutuhkan banyak tenaga. 

Kamu akan melatih otot perut di setiap kali gerakan, dan mengumpulkan kekuatan yang signifikan dari bahu untuk mengangkat kedua tangan keluar dari air secara bersamaa. Selanjutnya, meregangkan bahu dan dada untuk membuat ayunan untuk meluncur di dalam air. 

3. Mengencangkan dan Membangun Otot

Ingin mengencangkan dan membesarkan otot lengan (triceps) dan dada? Berenang dengan gaya kupu-kupu bisa menjadi pilihan olahraga yang baik. Pasalnya, gaya renang ini menargetkan otot-otot tersebut, sehingga efektif untuk membuatnya semakin kencang dan kuat.

4. Meningkatkan Fleksibilitas dan Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat renang gaya kupu-kupu lainnya adalah meningkatkan fleksibilitas, dan meregangkan tubuh untuk memperbaiki postur.

Tips Menguasai Renang Gaya Kupu-kupu 

Bila kamu tertarik mencoba melakukan renang gaya kupu-kupu, berikut tips-tips untuk menguasai gaya renang sulit tersebut:

  • Jaga Kepala Tetap Stabil

Banyak orang sering kali memiringkan kepala ketika siap untuk menarik napas saat berenang dengan gaya kupu-kupu. Namun, renang gaya kupu-kupu yg benar mengharuskan kamu menjaga kepala tetap tegak dalam posisi menghadap ke bawah.

  • Keluarkan Insting Lumba-Lumba

Meskipun gerakan tangannya mirip seperti sayap kupu-kupu, tapi tubuhmu harus mengayun dalam gelombang naik turun, seperti lumba-lumba saat melakukan gaya renang ini. Hal itu karena kekuatan gaya renang kupu-kupu berasal dari seluruh tubuh.

  • Tendangan Harus Dari Pinggul 

Untuk melakukan renang gaya kupu-kupu, kaki harus tinggi di air dengan tumit memecahkan air pada tendangan ke atas. Kaki harus tetap menyatu dan pergelangan kaki harus longgar dan fleksibel. Kekuatan harus berasal dari pinggul saat kamu menggerakan kaki. 

  • Bernapas Ketika Sudah Menyelesaikan Satu Gerakan 

Penting untuk menjaga ritme yang tepat. Kepala kamu harus kembali ke dalam air saat lengan mengakhiri fase pemulihan dan mulai menarik, jadi kamu harus bernapas dengan sangat cepat.

Itulah manfaat renang dengan gaya kupu-kupu. Bila bingung menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu, coba tanya dokter saja dengan menggunakan aplikasi Halodoc

Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya apa saja seputar kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Swimming.org. Diakses pada 2022. The best swimming stroke for weight loss
AZ Central. Diakses pada 2022. Swimming and the Butterfly Stroke.
Times of India. Diakses pada 2022. 4 Different Types Of Swimming Styles And How They Help In Weight Loss.
Live Strong. Diakses pada 2022. The Easiest — and Hardest — Swimming Strokes for Your Next Pool Workout
Red Bull. Diakses pada 2022. Butterfly: 6 tips for mastering swimming’s hardest stroke