• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfat Tepung Beras untuk Kulit Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfat Tepung Beras untuk Kulit Sehat

Ini 4 Manfat Tepung Beras untuk Kulit Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Agustus 2022

“Selain diolah untuk membuat kue dan jajanan basah, tepung beras juga bisa digunakan sebagai masker. Nutrisi di dalamnya terbukti menyehatkan kulit.”

Ini 4 Manfat Tepung Beras untuk Kulit SehatIni 4 Manfat Tepung Beras untuk Kulit Sehat

Halodoc, Jakarta – Tepung beras adalah jenis tepung yang terbuat dari gilingan beras. Bahan makanan ini sering digunakan untuk keperluan membuat kue dan jajanan tradisional. Namun, sejumlah orang juga kerap memanfaatkannya sebagai perawatan kulit.

Tepung beras biasanya diolah menjadi masker dengan cara mencampurkan air dan tepung dalam takaran tertentu. Untuk menambah manfaat, masker tepung beras juga bisa dicampur dengan perasan lemon, lidah buaya dan madu.

Beragam Manfaat Tepung Beras untuk Kulit

Melansir dari Healthline, tepung beras mampu memberikan manfaat kesehatan kulit berikut ini:

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Asam ferulat dan asam para-aminobenzoic yang terkandung dalam tepung-tepungan ini diklaim mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meski begitu, para ahli tidak bisa memastikan kalau jumlah senyawa yang ada di dalamnya cukup untuk menghasilkan efek tersebut. 

Tetapi, dua senyawa yang telah disebutkan di atas memang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit.  Asam para-aminobenzoic juga terbukti melindungi paparan sinar UV sehingga senyawa ini umumnya terkandung dalam produk-produk tabir surya. 

Asam ferulat adalah senyawa organik yang mengandung antioksidan. Senyawa tersebut juga punya sifat anti peradangan dan anti bakteri. Jika dikombinasikan dengan vitamin C dan E, jenis asam ini mampu melindungi kulit dari sinar UV. Keunggulan lainnya, asam ferulat mudah diserap oleh kulit sehingga manfaatnya bisa maksimal.

2. Mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi

Tepung beras seringkali digunakan untuk perawatan jerawat dan mencerahkan kulit. Asam fitat yang ada di dalamnya ditengarai memiliki efek pengelupasan kulit. Namun, jumlah senyawa tersebut belum pasti sehingga efek sebenarnya masih dipertanyakan. 

Asam fitat adalah asam alfa hidroksi antioksidan (AHA). Senyawa ini dapat diekstraksi dari banyak tanaman, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, untuk ditambahkan ke produk perawatan kulit.

Jika dibandingkan dengan jenis AHA lain, asam fitat lebih lembut untuk kulit. Sebuah studi  menemukan bahwa asam fitat sama efektifnya dalam mengobati jerawat dan hiperpigmentasi (bintik hitam) seperti asam glikolat dan asam salisilat.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Allantoin adalah senyawa organik yang terkandung dalam tepung beras. Zat tersebut yang memiliki sifat menenangkan dan anti peradangan. Beberapa penelitian pada hewan dan studi laboratorium mengungkapkan allantoin dapat mendukung proses penyembuhan luka.

4. Penyerapan minyak

Manfaat utama tepung beras adalah kemampuannya untuk menyerap minyak berlebih di kulit dan rambut. Dalam proses pembuatannya, seluruh protein dan lemak dihilangkan dan yang tersisa hanyalah karbohidrat. 

Selain itu, tepung beras sebagian besar terdiri dari pati yang mampu mengikat air dan menstabilkan lemak. Pati beras sering ditemukan dalam produk perawatan kulit dan perawatan rambut komersial. Pasalnya, kandungan itu berguna untuk menyerap minyak dan mengurangi tampilan pori-pori besar. 

Cara Membuat Masker Tepung Beras

Kalau kamu tertarik dengan manfaat tepung beras, kamu bisa membuat maskernya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Campurkan 3 sendok makan susu bubuk dengan 5 sendok makan tepung beras.
  • Campurkan 1 sdm minyak zaitun atau gunakan air mawar jika kamu punya kulit berminyak.
  • Aduk bersama air mawar secara bertahap sampai mengental.
  • Oleskan ke wajah, lalu biarkan mengering selama 10 hingga 15 menit.
  • Setelah selesai, usapkan sedikit air untuk melonggarkan masker, lalu gosok perlahan untuk mengelupas kulit.
  • Bilas hingga sisa-sisa masker bersih sepenuhnya.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kulit, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is Rice Flour Really Good for Your Skin?
Style Craze. Diakses pada 2022. Rice Flour For Skin: Benefits And How To Use It.