• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Pemeriksaan yang Dilakukan Pria saat Cek Pra Nikah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Pemeriksaan yang Dilakukan Pria saat Cek Pra Nikah

Ini 4 Pemeriksaan yang Dilakukan Pria saat Cek Pra Nikah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Agustus 2020
Ini 4 Pemeriksaan yang Dilakukan Pria saat Cek Pra Nikah

Halodoc, Jakarta – Cek pra nikah adalah salah satu persiapan pernikahan yang penting bagi pasangan yang akan menikah. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan pada diri sendiri, pasangan maupun calon anak nantinya. 

Untuk itu, cek pra nikah perlu dilakukan sepasang calon pengantin. Namun, biasanya cek pra nikah lebih banyak membahas tentang apa saja yang perlu dicek oleh calon pengantin wanita. Lantas, bagaimana dengan cek pra nikah yang perlu dilakukan oleh pria?

Baca juga: 3 Kekhawatiran yang Muncul Sebelum Cek Pra Nikah

Cek Pra Nikah untuk Pria

Cek pra nikah untuk pria relatif lebih sedikit ketimbang wanita. Hal ini karena wanita membutuhkan pemeriksaan tambahan untuk memastikan bayinya tidak tertular penyakit yang mungkin dialami oleh ibu.

Berikut cek pra nikah yang diperlukan pria:

1.Tes Kesehatan Umum

Cek pra nikah pertama yang perlu dilakukan pria adalah tes kesehatan umum berupa pemeriksaan fisik secara lengkap. Tujuannya untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada tubuh lewat beberapa tes, seperti tes darah, tes urine, dan tes genetik. 

Kamu mungkin juga perlu menjalani tes darah dengan sistem ABO/rhesus untuk mengetahui apakah rhesus yang kamu miliki sama dengan rhesus calon istri. Hal itu penting bila kamu berdua berencana untuk memiliki anak setelah menikah. Pasalnya, bila golongan darah kamu tidak sesuai satu sama lain, hal itu dapat menimbulkan komplikasi selama kehamilan. Ketidakcocokan Rh dapat berakibat fatal bagi anak kedua karena dapat terjadi kondisi di mana antibodi dalam darah wanita hamil menghancurkan sel darah bayinya.

Sementara tes urine berguna untuk mendeteksi penyakit ginjal, saluran kemih sampai kanker. Tes genetik juga tidak kalah penting dalam cek pra nikah pria agar kondisi genetik yang dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi lain dapat dicegah dan diobati lebih dini.

2.Tes Penyakit Menular Seksual

Cek pra nikah selanjutnya yang perlu dijalani pria adalah tes penyakit menular seksual. Pemeriksaan ini penting dilakukan sebelum menikah untuk menghindari risiko penularan penyakit ke pasangan, sekaligus untuk menjaga kesuburan dan kesehatan anak di masa depan. 

Tes penyakit menular seksual dilakukan untuk mendeteksi HIV/AIDS, gonore, herpes, sifilis, dan hepatitis C. Beberapa penyakit tersebut seringkali muncul tanpa gejala. Itulah mengapa tes penyakit menular seksual perlu dilakukan untuk meningkatkan peluang untuk mendapatkan kesehatan yang baik dalam jangka panjang.

3.Tes Kesuburan

Pada pria, tes kesuburan bertujuan untuk memberitahu jumlah sperma dan mengetahui apakah kamu cukup subur untuk bereproduksi. Sebab, gejala infertilitas seringkali tidak terlalu jelas, penting untuk menjalani tes tersebut bila kamu berencana untuk memiliki anak di masa depan atau bahkan untuk memiliki kehidupan seks yang normal. 

Melakukan tes kesuburan dapat membuat kamu bisa mengetahui hasilnya lebih dini dan mencari pengobatan yang tepat bila diperlukan. Tes kesuburan untuk pria, meliputi analisis sperma dan air mani, pemeriksaan fisik, evaluasi hormon, tes genetik, dan pemeriksaan antibodi anti sperma.

Baca juga: Rangkaian Tes Kesuburan Pria yang Perlu Diketahui

4.Tes Thalassemia

Thalassemia bisa dideteksi dengan melakukan panel analisis hemoglobin (Hb) darah. Tes ini penting untuk dilakukan baik oleh pria maupun wanita, untuk mencegah kemungkinan cacat lahir pada anak. 

Tes ini juga membantu untuk mengetahui apakah kamu mengidap thalassemia minor atau tidak. Meskipun mengidap thalassemia minor tidak masalah, namun ketika dua orang pengidap thalassemia minor menikah, kemungkinan besar anak yang lahir akan mengalami thalassemia mayor yang berbahaya. 

Jadi, penting untuk mengetahui kondisi tersebut sebelum menikah, sehingga kamu dan pasangan dapat merencanakan masa depan dengan baik.

Baca juga: Minor atau Mayor, Mana Thalassemia yang Paling Parah?

Itulah 4 pemeriksaan yang perlu dilakukan pria saat cek pra nikah. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di atas, kamu bisa langsung buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2020. Bride And Groom, Get These 4 Medical Tests Done Before The Wedding.
India. Diakses pada 2020. Top 5 Tests Couples Should Take Before Getting Married.
Kementerian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Diakses pada 2020. Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah.