• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Penyakit Serius yang Dipicu oleh Masalah Gigi dan Mulut

Ini 4 Penyakit Serius yang Dipicu oleh Masalah Gigi dan Mulut

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 4 Penyakit Serius yang Dipicu oleh Masalah Gigi dan Mulut

“Masalah pada gigi dan mulut terkadang  bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Sebab terdapat hubungan antara kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hati-hati, masalah gigi dan mulut bisa memicu penyakit serius seperti endometriosis, penyakit kardiovaskular, hingga radang paru-paru.”

Halodoc, Jakarta – Masalah gigi dan mulut adalah hal yang sangat mengganggu. Sebenarnya hal ini sangat mudah dicegah, yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari, flossing setiap hari, menghindari makanan yang bisa merusak gigi,  dan rutin memeriksakan gigi secara teratur. Nah, hal-hal tersebut adalah langkah penting untuk mencegah masalah gigi dan mulut

Namun, perlu diketahui masalah pada kesehatan gigi dan mulut terkadang merupakan gejala suatu penyakit atau bahkan bisa memicu masalah kesehatan lainnya. Nyatanya, terdapat hubungan antara kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, apa saja penyakit yang dipicu oleh masalah gigi dan mulut?

Baca juga: Dokter Gigi Umum dan Spesialis Bedah Mulut, Apa Bedanya?

Penyakit yang Dipicu Masalah Gigi dan Mulut

Seperti area tubuh lainnya, mulut penuh dengan bakteri, meskipun sebagian besar tidak berbahaya.  Gigi dan mulut adalah pintu masuk ke saluran pencernaan dan pernapasan, dan beberapa bakteri bisa menyebabkan penyakit. Kesehatan gigi dan mulut mungkin berkontribusi terhadap berbagai penyakit serius, seperti:

  1. Endokarditis

Infeksi pada lapisan dalam bilik atau katup jantung (endokardium) biasanya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain tubuh seperti mulut, menyebar melalui aliran darah dan menempel pada area tertentu di jantung. 

  1. Penyakit Kardiovaskular

Meskipun tidak sepenuhnya bisa dipahami, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan stroke mungkin berkaitan dengan peradangan dan infeksi yang dipicu oleh bakteri mulut. 

  1. Komplikasi Kehamilan dan Kelahiran

Periodontitis juga dikaitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

  1. Radang Paru-paru

Bakteri tertentu di gigi dan mulut dapat masuk ke paru, sehingga dapat menyebabkan pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya. 

Baca juga: 5 Fakta tentang Sariawan

Menyikat gigi atau flossing secara teratur merupakan cara yang efektif untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Sebab kebersihan gigi dan mulut yang tak terjaga, bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bahkan, bisa meningkatkan terjadinya infeksi pada gigi dan mulut. 

Selain itu,  penggunaan obat-obatan tertentu juga perlu diwaspadai. Contohnya seperti dekongestan, antihistamin, obat penghilang rasa sakit, diuretik dan antidepresan. Obat-obatan tersebut bisa mengurangi produksi air liur.

Padahal, air liur berfungsi untuk membersihkan makanan dan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut. Tak hanya itu saja, air liur juga membantu melindungi tubuh dari mikroba yang berkembang biak dan menyebabkan penyakit. 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk melindungi kesehatan gigi dan mulut, penting untuk mempraktikkan kebersihan mulut yang baik setiap hari. Di antaranya:

  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan sikat berbulu lembut menggunakan pasta gigi berfluoride.
  • Flossing setiap hari.
  • Gunakan obat kumur untuk menghilangkan sisa makanan setelah menyikat gigi dan flossing
  • Konsumsi makanan yang sehat dan batasi makanan dengan tambahan gula.
  • Ganti sikat gigi setiap tiga bulan atau lebih cepat jika bulunya sudah mekar.
  • Buat jadwal pemeriksaan dan pembersihan gigi secara teratur. 
  • Hindari merokok.
  • Rajin berkumur dengan obat kumur atau larutan garam.

Baca juga: 5 Masalah Gigi dan Mulut yang Harus Segera Ditangani

Itulah yang perlu diketahui mengenai hubungan antara kesehatan gigi dan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Perlu dipahami juga, selain bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan tertentu, masalah gigi dan mulut juga bisa jadi pertanda suatu penyakit. 

Untuk itu, jika kamu mengalami masalah pada gigi dan mulut, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter gigi berpengalaman melalui aplikasi Halodoc. Bila perlu buat jadwal kunjungan dokter gigi di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Oral health: A window to your overall health

Very Well Health. Diakses pada 2021. The Most Common Dental Problems