• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat di Badan

Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat di Badan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat di Badan

“Jerawat bukan hanya masalah yang dapat terjadi di wajah, tetapi juga di badan. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab jerawat di badan. Dengan mengetahui segala penyebabnya, kamu dapat menghindari masalah ini sebelum terjadi.”

Halodoc, Jakarta – Jerawat yang biasanya hanya terjadi di wajah ternyata juga bisa menyerang tubuh, lho. Kamu bisa mengalaminya di badan, terutama di dada, leher, hingga punggung.

Kamu mungkin baru sadar mengalaminya saat merasakan sakit akibat gesekan pada jerawat tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa penyebab jerawat guna menghindarinya sebelum terjadi. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Atasi Jerawat Punggung dengan Cara Ini

Beberapa Penyebab Jerawat di Badan

Masalah jerawat bukan hanya terjadi di wajah, tetapi juga di badan. Bagian tubuh seperti dada, leher, bahu, lengan atas, dan pantat bahkan menjadi tempat umum untuk tumbuh jerawat. Bahkan, jerawat yang tumbuh di punggung memiliki sebutannya sendiri, yaitu bacne. Semua orang dapat alami masalah ini, tetapi lebih rentan untuk dialami oleh remaja dan dewasa.

Faktanya, jerawat yang tumbuh di tubuh disebabkan oleh faktor yang sama dengan di wajah. Beberapa penyebabnya, yaitu kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, hingga perkembangbiakan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. 

Saat minyak dan sel-sel kulit mati terperangkap di dalam folikel atau pori-pori di kulit, sumbatan bisa terbentuk. Penyumbatan ini dapat berkembang menjadi komedo dan dapat berkembang menjadi jerawat yang meradang jika bakteri menyerang.

Lalu, apa saja hal yang menjadi penyebab jerawat pada tubuh? Nah, berikut beberapa penyebabnya:

1. Fluktuasi Hormonal

Salah satu penyebab jerawat di badan adalah terjadinya fluktuasi hormonal. Gangguan ini sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Pada wanita, masalah hormon ini dapat mengembangkan jerawat di area payudara selama menstruasi.

Jadi, saat hormon di dalam tubuh sedang berada di puncaknya, wajar apabila seseorang mengalami timbulnya jerawat. Saat hormon kembali normal, masalah ini mungkin saja sembuh dengan sendirinya.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Jerawat di Area Dada

2. Mengonsumsi Makanan Manis

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis juga dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya lonjakan gula darah. Hal ini mampu menyebabkan timbulnya jerawat di dada dan bagian tubuh lainnya yang rentan alami masalah ini. Maka dari itu, jika kamu menyadari jerawat pada tubuh rentan terjadi setelah mengonsumsi makanan manis, ada baiknya mengurangi kebiasaan ini.

Kamu juga bisa bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara paling ampuh untuk atasi jerawat di badan. Dokter akan dengan senang hati menjawabnya dan bisa langsung diberikan resep obat lalu diantar langsung ke rumah. Untuk menikmati layanan ini, cukup download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

3. Dehidrasi

Dehidrasi juga dapat salah satu penyebab jerawat pada badan. Tubuh yang kekurangan cairan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk juga kulitnya. Saat seseorang mengalami dehidrasi, kulitnya menjadi kering dan bersisik. Dengan begitu, diperlukan peningkatan minyak agar kulit dapat terhidrasi kembali.

Kotoran yang tersangkut di pori-pori kulit yang berminyak dapat membuat seseorang lebih rentan untuk menimbulkan jerawat. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi air yang cukup setiap hari agar terhindar dari jerawat di badan. Selain itu, peningkatan asupan juga diperlukan saat sakit, setelah berolahraga, atau ketika cuaca sedang panas.

Baca juga: Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Hilangkan Jerawat

4. Kulit Kering dan Terpapar Sinar Matahari

Perlu diketahui jika paparan sinar matahari dapat memperburuk masalah jerawat, termasuk juga jerawat di tubuh. Pasalnya, terpapar sinar matahari bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit kering.

Jerawat terbentuk saat tubuh memproduksi lebih banyak minyak untuk rehidrasi kulit. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan pelembap yang tidak menyebabkan sumbatan pada pori-pori dan kurangi paparan sinar matahari langsung.

Itulah hal yang dapat menjadi penyebab jerawat di badan. Dengan mengetahui segala penyebabnya, kamu dapat menghindarinya, terlebih jika sudah menjadi kebiasaan.

Jerawat yang timbul di badan kerap mengganggu karena menimbulkan rasa sakit. Bayangkan jika kamu terbebas dari masalah tersebut, hidup lebih nyaman, bukan? Jadi, rawat kulitmu dengan baik, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How do you get rid of chest acne?
Very Well Health. Diakses pada 2021. The Causes and Treatments of Back and Body Acne.