15 May 2019

Ini 4 Pola Hidup Sehat untuk Si Kecil Saat Puasa

Ini 4 Pola Hidup Sehat untuk Si Kecil Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Mengajari Si Kecil untuk berpuasa di bulan Ramadan memang perlu dilakukan sedini mungkin, agar ia terbiasa nantinya. Namun, perubahan pola makan saat puasa dapat mengundang datangnya berbagai gangguan kesehatan, jika tidak menjalani pola hidup sehat. Lalu, bagaimana ya cara mengajarkan pola hidup sehat untuk Si Kecil, agar bisa berpuasa dengan lancar?

Untuk menjaga kesehatan anak saat puasa, tak cukup dengan memenuhi kebutuhan gizinya saja tetapi juga harus memperhatikan hal-hal lain, misalnya aktivitas Si Kecil dan juga jam istirahatnya. Selain itu, orangtua juga perlu mengatur pola makannya agar tak berlebihan dan tidak salah mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu gangguan kesehatan.

Baca juga: Kapan Si Kecil Boleh Puasa?

Nah, ada beberapa tips yang bisa dicoba nih, untuk menjaga kesehatan anak selama puasa Ramadan. Berikut di antaranya:

1. Pastikan Si Kecil Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sebenarnya adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari, tak hanya di bulan Ramadan. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan buah hati saat berpuasa adalah memastikannya memiliki waktu istirahat yang cukup.

Hal ini dapat membuat tubuh Si Kecil tetap segar dan tidak mudah lapar, sehingga bisa tetap kuat berpuasa. Dalam sehari, setidaknya Si Kecil perlu tidur selama 10 hingga 12 jam, agar tidak mudah lemas dan kehabisan energi, meski rutinitas hariannya tetap berjalan.

2. Ajak Berolahraga

Meski sedang berpuasa, bukan berarti seluruh kegiatan harus dihentikan. Setelah beristirahat cukup, ajak juga Si Kecil melakukan olahraga ringan sambil menunggu waktu berbuka tiba. Pilihlah olahraga ringan yang tak terlalu menguras tenaga, seperti bersepeda santai, jogging di taman, atau bermain lempar-tangkap bola. Selain membuat tubuhnya tetap bugar, hal ini juga membuat hari-hari Si Kecil makin ceria saat menjalani puasa Ramadan.

Baca juga: Ajak Si Kecil Lakukan Hal Ini agar Tak Lemas saat Puasa

3. Sesuaikan Porsi Makan

Saat waktu berbuka tiba, seringkali orangtua memberikan makan dengan porsi besar supaya anak merasa kenyang setelah menahan lapar seharian. Meski tampaknya baik untuk Si Kecil, hal ini justru berbahaya karena dapat membuat lambungnya kepenuhan sehingga merasa mual dan akhirnya muntah. Maka dari itu, berikanlah makanan dengan porsi dan komposisi yang tepat pada saat berbuka untuk menjaga kesehatan anak selama bulan puasa.

4. Ingatkan untuk Minum Air Putih yang Cukup

Setelah seharian menahan haus, biasanya Si Kecil lebih suka mengonsumsi minuman dingin yang segar dan manis. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi batasi minuman dingin yang dikonsumsi buah hati dan gantilah dengan air putih.

Selain lebih alami, air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak selama berpuasa karena dapat memperlancar pencernaan, melunturkan racun-racun dalam tubuh, serta mencegah dehidrasi.

Baca juga: 4 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Saat Si Kecil Puasa

Itulah sedikit penjelasan tentang tips menjaga pola hidup sehat Si Kecil saat puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!