• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Tips Memilih Underwear yang Tepat untuk Bumil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Tips Memilih Underwear yang Tepat untuk Bumil

Ini 4 Tips Memilih Underwear yang Tepat untuk Bumil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

“Ada beberapa tips memilih underwear untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan. Kenyamanan adalah salah satu hal yang paling penting.”

Ini 4 Tips Memilih Underwear yang Tepat untuk Bumil

Halodoc, Jakarta – Penting untuk mengutamakan kenyamanan selama hamil. Jadi, salah satu tips memilih underwear yang tepat untuk ibu hamil adalah yang paling nyaman, tapi juga berfungsi dengan baik.

Tentunya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari bahan, model, dan ukuran, harus pas dan tidak mengganggu aktivitas selama hamil. Ingin tahu apa saja tipsnya? Yuk simak!

Beberapa Tips Memilih Underwear untuk Ibu Hamil

Seiring bertumbuhnya janin dalam kandungan, tubuh ibu pun mengalami banyak perubahan. Underwear cantik yang biasa dipakai mungkin tidak lagi nyaman.

Agar aktivitas sehari-hari tetap lancar dan janin dalam kandungan juga nyaman, penting untuk memilih underwear yang tepat. Berikut ini tips memilih underwear untuk ibu hamil:

1. Utamakan Kenyamanan Dibanding Model

Sama seperti baju hamil, bra dan celana dalam hamil sering kali mendapat reputasi buruk karena modelnya itu-itu saja. Underwear untuk ibu hamil biasanya dirancang senyaman mungkin, meski tidak semenarik underwear biasa.

Kehamilan adalah waktu yang tepat untuk memilih kenyamanan daripada gaya. Berbagai fitur pada underwear khusus ibu hamil biasanya juga dirancang untuk mudah dipakai.

Sedangkan bra dan pakaian dalam biasa tidak dirancang untuk tubuh bumil. Jadi, ibu mungkin akan menyadari bahwa kawat bra terasa tidak nyaman dan pengaitnya menusuk-nusuk kulit.

 2. Pilih Bahan yang Nyaman

Underwear biasa sering kali dibuat dengan menggunakan bahan-bahan buatan seperti campuran polyester dan viscose. Sementara underwear untuk ibu hamil biasanya memiliki kadar bahan katun yang lebih tinggi.

Ini tidak hanya membuatnya lebih lembut dan halus di kulit, tetapi juga lebih memungkinkan sirkulasi udara lancar. Selama kehamilan, ibu mungkin akan merasa lebih gerah dari biasanya, sehingga kain sintetis dapat dengan cepat membuat berkeringat.

Jadi, meski tidak ingin membeli underwear khusus untuk ibu hamil, pastikan untuk memilih yang bahannya 100 persen katun. Sebab bahan ini bisa membantu tubuh tetap sejuk dan menyerap keringat dengan baik.

 3. Pilih Celana Dalam yang Lebar

Tips memilih underwear yang tepat untuk ibu hamil selanjutnya adalah pilih celana dalam yang lebar. Jika sebelumnya ibu lebih suka memakai thong, ini bukanlah pilihan terbaik untuk dikenakan saat hamil, karena kurang praktis. Jadi, pilihlah celana dalam yang lebar dan nyaman.

Untuk menambah kenyamanan, ibu juga bisa memilih celana maternity support. Celana ini sangat ideal untuk ibu hamil yang mencari sedikit dukungan ekstra untuk menopang perut yang membesar.

4. Pilih Bra Menyusui

Jika sudah dekat dengan waktu persalinan, atau sudah memasuki trimester ketiga, ini adalah waktu yang tepat untuk membeli bra menyusui. Dengan begitu, ibu tidak perlu panik berbelanja jika tiba-tiba waktu melahirkan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Bra menyusui dirancang memiliki keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan juga bisa menopang payudara dengan baik. Carilah bra dengan tali yang lebih lebar, cup yang besar, dan tentunya dengan bahan katun yang nyaman.

Itulah pembahasan mengenai tips memilih underwear yang tepat dan nyaman untuk ibu hamil. Tidak membeli underwear khusus untuk ibu hamil sebenarnya tidak masalah, selama memenuhi hal-hal yang dibahas tadi.

Begitu pula sebaliknya, jika ada underwear yang dilabeli “khusus ibu hamil” tapi ternyata tidak senyaman itu, lebih baik cari pilihan lain. Seperti disebutkan di awal artikel tadi, kenyamanan adalah yang utama.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatan selama kehamilan, ya. Termasuk rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan. Jika ada suplemen kehamilan yang diresepkan dokter, ibu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan suplemen ibu dengan mudah.

Referensi:
What To Expect. Diakses pada 2022. Best Maternity Underwear, According to Moms-to-Be Who Tried Them.
Emma’s Diary. Diakses pada 2022. How To Choose The Correct Underwear And Bras During Pregnancy.