• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi dan Menyehatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

Ini 5 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 November 2022

“Ada beberapa buah pelancar ASI yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui. Salah satunya adalah pisang yang tinggi akan potasium.”

Ini 5 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi dan MenyehatkanIni 5 Buah Pelancar ASI yang Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

Halodoc, Jakarta – Pasca persalinan air susu ibu atau ASI menjadi makanan utama yang penting bagi bayi newborn (baru lahir). Khususnya hingga enam bulan pertama kehidupan Si Kecil. Maka dari itu, penting untuk senantiasa berusaha agar produksi ASI pada tubuh cukup dan lancar. 

Nah, salah satu cara untuk memperlancar produksi ASI adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti buah. Sebab, ada beberapa buah yang diketahui dapat memperlancar ASI karena kaya akan nutrisi, sekaligus menyehatkan. Penasaran apa saja buah tersebut? Simak informasinya di sini!

Buah Pelancar ASI yang Sebaiknya Dikonsumsi Busui

Berikut adalah beberapa buah pelancar ASI yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui: 

1. Pisang 

Buah pertama yang direkomendasikan adalah pisang yang merupakan pencahar alami dan dapat membantu pencernaan. Hal ini lantaran pisang kaya akan serat sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Namun, yang membuat buah ini cocok dikonsumsi busui adalah kandungan potasiumnya yang tinggi. 

Potasium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan dan pasca kehamilan. Selain itu, ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalium ketika menyusui. Sebab, kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan pada ibu menyusui. 

2. Bluberi

Buah selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah bluberi. Buah yang memiliki rasa lezat ini memang diketahui mengandung banyak nutrisi penting. Mulai dari antioksidan, serat, hingga vitamin C. Menariknya lagi, bluberi juga mengandung karbohidrat yang dapat menjaga stamina selama menyusui pasca melahirkan.

Nah, Antioksidan yang terkandung dalam bluberi tampaknya bermanfaat bagi otak dengan membantu fungsi otak dan menunda penurunan mental. Bahkan, bluberi juga diyakini dapat menurunkan risiko terjadinya depresi pasca melahirkan. Sebab, bluberi diketahui dapat meningkatkan suasana hati jika dikonsumsi. Nah, dengan tingkat stres yang rendah dan suasana hati yang baik, tentunya produksi ASI juga akan lancar. 

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang paling sehat dan bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Seperti pisang, alpukat juga mengandung banyak potasium di dalamnya. Karena itu, mengonsumsinya selama menyusui dapat membantu mengembangkan penglihatan, kualitas rambut, kesehatan jantung, dan pencernaan bayi.

4. Blewah 

Buah blewah juga dapat menjadi rekomendasi karena kandungan nutrisinya. Perlu diingat bahwa blewah mengandung vitamin K, vitamin B, serat, potasium, magnesium, niasin, thiamin, folat, dan air yang tinggi. Nah, mengonsumsi buah ini tentunya dapat membantu tubuh ibu tetap terhidrasi. Selain itu, kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui. Hal ini tentunya juga berkaitan dengan kelancaran produksi ASI. 

5. Pepaya  

Salah satu jenis pepaya, yakni pepaya hijau diyakini mengandung galactagogue, yaitu zat yang meningkatkan produksi ASI. Karena itu, buah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para ibu yang ingin memperbanyak ASI. Selain itu, mengonsumsi pepaya hijau diklaim dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, yang merupakan keharusan selama menyusui. Ini juga merupakan sumber yang kaya Vitamin C non-asam. 

Nutrisi tersebut diketahui bertindak sebagai pencahar alami, dan dengan demikian dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Kendati demikian, manfaat konsumsi pepaya hijau dalam meningkatkan produksi ASI masih perlu diteliti lebih lanjut. Karena itu, ibu lebih disarankan untuk mengonsumsi pepaya matang yang berwarna oranye. 

Itulah beberapa buah yang dapat dikonsumsi selama menyusui untuk memperlancar ASI. Mulai dari pisang, bluberi, alpukat, blewah, hingga pepaya hijau. Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh selama menyusui. 

Jika selama menyusui, ibu merasakan keluhan kesehatan, sebaiknya segeralah periksakan kondisi. Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kesehatan. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc

Referensi: 

Parenting First Cry. Diakses pada 2022. Fruits to Eat and Avoid During Breastfeeding. 
Psycom. Diakses pada 2022. Foods and Supplements That May Help Fight Depression. 
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Proven Health Benefits of Blueberries. 
Kids Health. Diakses pada 2022. Pregnant or Breastfeeding? Nutrients You Need.