• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Melancar Haid dengan Efektif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Melancar Haid dengan Efektif

Ini 5 Cara Melancar Haid dengan Efektif

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Juni 2022

“Kenaikan atau penurunan berat badan, konsumsi makanan tertentu, dan stres bisa berdampak pada siklus menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi vitamin C, nanas, jahe, parsley, dan kunyit.”

Ini 5 Cara Melancar Haid dengan Efektif

Halodoc, Jakarta – Haid memiliki siklus normal setiap 28 hari. Setiap periode dapat berlangsung antara 3 hingga 8 hari. Jika menstruasi terjadi lebih lambat dari siklus normal, kondisi demikian disebut dengan haid tidak teratur.

Cara Melancarkan Haid dengan Bahan Alami

Haid yang tidak teratur bisa jadi pertanda gangguan kesehatan tertentu. Untuk meminimalisir risiko dan komplikasinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai bahan alami berikut ini sebagai cara melancarkan haid:

1. Vitamin C

Melansir dari jurnal Serum Antioxidants Are Associated with Serum Reproductive Hormones and Ovulation among Healthy Women1,2,3, vitamin C meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dalam tubuh. Perubahan kedua hormon tersebut memicu kontraksi pada rahim dan menyebabkan menstruasi.

2. Nanas 

Nanas mengandung tinggi bromelain atau enzim yang dapat mempengaruhi tingkat estrogen dan hormon lain dalam tubuh. Bromelain dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga dapat mengatasi penyebab haid tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan.

3. Kayu manis

Mengutip jurnal Insulin resistance improvement by cinnamon powder in polycystic ovary syndrome: A randomized double-blind placebo controlled clinical trial, kayu manis dapat membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh, yang mungkin berpengaruh pada hormon dan siklus menstruasi.

4. Parsley

Peterseli mengandung vitamin C dan apiol yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Caranya kamu cukup membuat teh dari parsley. Seperti membuat teh pada umumnya, tuangkan secangkir air panas dan beberapa sendok makan parsley segar, diamkan selama 5 menit, kemudian konsumsi selagi hangat.

5. Kunyit

Kunyit jadi cara melancarkan haid yang terakhir. Kunyit adalah obat tradisional yang bekerja dengan mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menambahkan kunyit ke dalam masakan atau membuat minuman berbahan dasar kunyit.

Itulah beberapa cara melancarkan haid menggunakan bahan-bahan alami. Jika sejumlah bahan alami tersebut tidak membantu, segera buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan, ya! Ingat, haid tidak teratur yang terjadi secara berkelanjutan bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

National Health Service UK. Diakses pada 2022. Periods.

J Nutr.. Diakses pada 2022. Serum Antioxidants Are Associated with Serum Reproductive Hormones and Ovulation among Healthy Women1,2,3.

Phytotherapy Research. Diakses pada 2022. Herbal Medicines in Idiopathic Heavy Menstrual Bleeding: A Systematic Review.

Phytotherapy Research. Diakses pada 2022. Insulin resistance improvement by cinnamon powder in polycystic ovary syndrome: A randomized double-blind placebo controlled clinical trial.