• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Melewati Masa Putus Cinta Tanpa Stres
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Melewati Masa Putus Cinta Tanpa Stres

Ini 5 Cara Melewati Masa Putus Cinta Tanpa Stres

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Juli 2022

“Stress setelah putus cinta tidak akan bertahan selamanya. Asalkan kamu melewati masa putus cinta dengan cara yang tepat, misalnya meluangkan waktu dengan diri sendiri, melakukan aktivitas yang menyenangkan, hingga berkumpul dengan teman.”

Ini 5 Cara Melewati Masa Putus Cinta Tanpa Stres

Halodoc, Jakarta – Siapa pun yang baru putus cinta tentu tidak ingin merasa stres dan sedih. Namun, bagaimanapun perasaan tersebut tidak bisa dihindari dan normal untuk dilewati. Penelitian menunjukkan bahwa stres dan kecemasan sering muncul sebagai bagian dari tekanan pasca putus cinta. 

Namun, perlu diketahui stress setelah putus cinta tidak akan bertahan selamanya. Asalkan kamu mengambil langkah-langkah untuk melewati masa putus cinta tanpa stres. Lantas, bagaimana cara melewatinya?

Melewati Masa Putus Cinta tanpa Stres

Bangkit dari putus cinta memang bukan perkara mudah. Namun, bagaimanapun hal tersebut perlu dilewati meski dengan hati yang berat. Ada  berbagai emosi yang harus dihadapi. Ada juga cara jangka pendek dan jangka panjang yang harus dilakukan untuk pulih dari putus cinta, sehingga kamu bisa beralih ke hubungan yang sehat di masa depan.

Berikut ini cara melewati masa putus cinta tanpa stres yang bisa diupayakan:

  1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Merasa sedikit kehilangan setelah putus cinta adalah hal yang wajar. Peristiwa tersebut juga dapat memicu rasa sakit, stres, dan kecemasan. Wajar juga jika kamu ingin curhat atau mencari dukungan dari kerabat terdekat. 

Namun, perlu dipahami juga meluangkan waktu untuk terhubung dengan diri sendiri juga diperlukan. Hal tersebut dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan mempermudah proses penyembuhan. Untuk mulai menghidupkan kembali hubungan dengan diri sendiri, kamu dapat:

  • Merefleksikan diri. Pahami bagaimana pengalaman hubungan dan putus cinta menjelaskan kebutuhanmu dan mengajarimu tentang dirimu sendiri. Ketahui bagaimana kamu dapat menggunakan pengalaman ini untuk membangun hubungan yang lebih sehat dan memuaskan di kemudian hari.
  • Rehat sebentar. Jangan buru-buru mengejar hubungan baru sebelum kamu merasa siap. Membuat hubungan baru sebelum kamu siap dapat menghalangi proses eksplorasi diri dan penyembuhan luka lama. 
  1. Tamui Lagi Harga Dirimu di Luar Hubungan

Salah satu hikmah dari putus cinta adalah kamu bisa mendapatkan lagi kepribadian kamu sepenuhnya, dan menciptakan kehidupan yang penuh dengan hal-hal yang disukai. Penting untuk diingat bahwa kamu adalah makhluk yang utuh dan kuat. Dan kamu tidak memerlukan hubungan untuk memvalidasinya. Karena sering kali orang terjebak dalam suatu hubungan sehingga ia melupakan hal-hal yang membuat dirinya merasa lebih baik.

  1. Lakukan Aktivitas Favorit

Kegiatan favorit atau bermanfaat dapat mengisi waktu dan menyibukkan diri secara positif. Tidak ada salahnya untuk mengalihkan pikiran dari pikiran yang tidak diinginkan, selama kamu tidak menyangkal emosi tersebut sepenuhnya. 

  1. Menghabiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Putus cinta terkadang dapat memicu rasa malu atau bersalah. Terutama ketika kamu tahu bahwa keluarga dan teman juga menyukai pasanganmu. Perlu diketahui, kamu tidak harus menceritakan semua penyebab putus cinta pada keluarga dan teman, jika hal itu memang tidak nyaman untuk diceritakan. Namun, terhubung dengan teman dan keluarga tetap diperlukan untuk mencegah kesepian yang dapat memperburuk stres. 

  1. Bicarakan dengan Profesional

Bukan hal yang aneh jika mengalami stres setelah putus cinta. Hal yang perlu diwaspadai,, stres dan kecemasan yang tidak membaik setelah beberapa minggu dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kualitas hidup secara umum. 

Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya untuk mencari pertolongan profesional, misalnya psikolog. Dengan begitu psikolog dapat membantu mengungkap akar masalah, menguraikan strategi untuk mengatasinya, dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang berkontribusi pada stres. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara melewati putus cinta tanpa stres. Saat ini pun untuk mencari pertolongan profesional seperti psikolog tidak sulit. Kamu bisa menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan bantuan yang berkaitan dengan masalah kesehatan mental. Tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Overwhelmed by Post-Breakup Anxiety? 8 Tips to Find Your Calm
Healthline. Diakses pada 2022. Breaking Up Is Hard to Do: These 9 Tips Can Help
Self. Diakses pada 2022. How to Get Over a Breakup: 20 Tips to Try If You’re Struggling to Move On