• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Mengatasi Gejala Gigitan Botfly
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Mengatasi Gejala Gigitan Botfly

Ini 5 Cara Mengatasi Gejala Gigitan Botfly

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 September 2022

“Botfly tidak bisa menggigit manusia secara langsung. Namun, menaruh telurnya pada serangga lain, dan telur akan masuk ke dalam kulit manusia bila serangga tersebut menggigitnya.

Ini 5 Cara Mengatasi Gejala Gigitan BotflyIni 5 Cara Mengatasi Gejala Gigitan Botfly

Halodoc, Jakarta – Lalat adalah salah satu jenis serangga yang sering kita jumpai. Biasanya, serangga tersebut tidak menimbulkan masalah yang berarti. Namun, bila kamu tidak sengaja mengonsumsi makanan yang sempat dihinggapi lalat, kamu mungkin bisa mengalami sakit perut.

Nah, berbeda halnya dengan botfly. Jenis lalat parasit ini diketahui bisa menginfeksi manusia dan menyebabkan gejala yang cukup parah. Lantas, bagaimana caranya mengatasi gejala gigitan botfly? 

Mengenal Botfly dan Gejala yang Ditimbulkannya

Botfly adalah lalat yang berasal dari keluarga Oestridae. Lalat parasit ini dikenal bisa menginfeksi manusia dan menaruh larva di dalam kulit manusia. Satu-satunya spesies botfly yang menjadi parasit pada manusia adalah Dermatobia hominis. 

Seperti banyak spesies botfly lainnya, Dermatobia tumbuh di dalam kulit. Namun, beberapa spesies lainnya tidak berkembang di dalam kulit, melainkan tertelan dan masuk ke usus inang. Hal itu biasanya terjadi pada hewan yang suka menjilati tubuhnya sendiri.

Botfly sebenarnya tidak bisa menggigit manusia secara langsung, tapi mereka bisa menempelkan telurnya ke nyamuk atau lalat penggigit lainnya. Ketika salah satu hewan tersebut menggigit kamu, telur botfly akan masuk ke dalam kulit. 

Kamu bisa tahu apakah gigitan nyamuk tersebut mengandung larva botfly, bila terdapat benjolan merah di kulit yang digigit dan terasa seperti ada sesuatu yang bergerak di bawah kulit. Infeksi botfly pada kulit ini dalam istilah medis disebut myiasis furuncular.

Bila tidak diobati, larva lalat tersebut sebenarnya bisa pergi dengan sendirinya. Namun, kehadiran larva tersebut di bawah kulit bisa menyakitkan, karena parasit tersebut memiliki duri dan ketika mereka semakin besar, duri itu akan semakin menusuk ke dalam kulit. Kondisi tersebut bisa terasa sangat menyakitkan.

Berikut gejala-gejala infeksi botfly yang mengganggu:

  • Benjolan merah seperti digigit nyamuk.
  • Rasa gatal atau nyeri.
  • Sensasi seperti ada bergerak di bawah kulit.

Cara Mengatasi Gejala Infeksi Botfly

Bila kamu mengalami gejala-gejala infeksi larva botfly atau myasis furuncular di atas, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan. Untuk mengangkat larva dari dalam kulit, dokter akan mengoleskan anestesi topikal terlebih dahulu di area yang terkena untuk mematikan rasa, kemudian membuat sayatan kecil di mana larva berada. Ia mungkin juga bisa meresepkan obat anti-parasit, seperti ivermectin, untuk membersihkan myasis.

Ingat, jangan coba mengeluarkan larva sendiri dengan cara memencetnya atau menariknya keluar dengan selotip. Hal itu bisa membuat tubuh larva pecah dan menyebabkan syok anafilaksis, mempersulit pengangkatan larva, dan meningkatkan kemungkinan infeksi.

Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala infeksi botfly yang mengganggu:

1. Jaga area kulit bekas infeksi lalat tetap bersih

Setelah larva diangkat, penting untuk menjaga kebersihan area kulit bekas yang terkena setiap hari, dengan membersihkannya dengan air mengalir dan sabun.

2. Gunakan obat yang diresepkan dokter secara teratur

Gunakan obat yang diresepkan dokter, seperti ivermectin, secara teratur sesuai petunjuk dokter.

3. Kompres dingin

Untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit, kamu bisa menerapkan kompres dingin atau es batu yang dilapisi kain di atas area gigitan.

4. Minum obat pereda nyeri

Bila myasis menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu, minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen bisa sangat membantu.

5. Perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan bergizi

Hal ini penting agar daya tahan tubuh tetap kuat untuk melawan infeksi lalat.

Ingat, hindari memberi obat atau ramuan apa pun pada area kulit yang terkena tanpa memberitahu dokter terlebih dahulu.

Itulah cara mengatasi gejala infeksi botfly. Nah, untuk mendapatkan obat dan vitamin yang kamu butuhkan untuk mengatasi masalah kesehatanmu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Thought Co. Diakses pada 2022. Fascinatingly Gross Botfly Facts.
Outside. Diakses pada 2022. You Can Use Bacon Grease To Remove Botflies.
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Myiasis?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about fly bites