• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Ini 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Desember 2022

“Beda penyebab mata bengkak, beda pula cara mengobatinya. Tidak sekadar menggunakan obat salep atau tetes mata, menjaga kebersihan mata juga menjadi cara mengobati mata bengkak.”

Ini 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai PenyebabnyaIni 5 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Ada beragam hal yang bisa menyebabkan mata bengkak, mulai dari alergi hingga infeksi. Bahkan, menangis terlalu lama juga dapat membuat mata membengkak. Tak heran apabila pengobatan mata bengkak tentu perlu sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. 

Misalnya, cara mengobati mata bengkak karena infeksi bakteri biasanya menggunakan obat antibiotik. Tujuannya tentu saja untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, baik melalui obat tetes maupun oral. 

Namun, apabila mata bengkak terjadi karena kamu terlalu lama menangis, cukup istirahatkan mata sejenak supaya tidak terasa perih dan panas.

Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Nah, berikut beberapa cara mengobati mata bengkak sesuai dengan penyebabnya:

1. Mata bengkak karena alergi

Kalau mata bengkak terjadi karena alergi dan menunjukkan gejala berupa mata berair, memerah, dan gatal, kamu perlu menggunakan obat tetes mata untuk menjaga mata tetap terhidrasi dan mengurangi rasa gatal. Selain itu, hindari hal yang menjadi pemicu alergi dan minum obat antihistamin untuk mengurangi pembengkakan pada mata. 

2. Mata bengkak karena infeksi

Penyakit mata seperti bintitan menjadi salah satu gangguan pada mata yang sering muncul. Umumnya, kondisi ini terjadi karena infeksi ringan pada bagian kelopak mata, gejalanya berupa munculnya benjolan yang berisi nanah. Adapun cara mengobati mata bengkak karena infeksi seperti bintitan, yaitu menghindari memakai make up, terutama pada area mata sampai benjolan bintitan sembuh sepenuhnya. 

Selain itu, berikan kompres hangat area mata yang terkena bintitan untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal pada mata. Umumnya, bintitan akan membaik sekitar 1-2 minggu. Jika tidak, pastikan kamu melakukan pemeriksaan ke dokter. 

3. Memakai make up

Make up atau kosmetik yang memasuki mata dapat memicu terjadinya iritasi pada organ penglihatan satu ini. Saat mengalaminya, kamu akan merasakan pembengkakan pada mata, perih, dan memerah. Guna mengatasi mata bengkak karena memakai riasan, pastikan kamu mengaplikasikan obat tetes mata untuk iritasi. 

Obat tetes mata akan bekerja seperti halnya air mata alami dengan komposisi yang jauh lebih ringan. Seharusnya, mata yang mengalami iritasi ringan akan membaik setelah kamu menggunakan tetes mata. Sebelum membaik sepenuhnya, sebaiknya hindari menggunakan riasan pada mata.

4. Kalazion

Kalazion adalah benjolan yang kerap kali muncul pada kelopak mata bagian tengah. Sebenarnya, kalazion masuk dalam kategori kista dan bisa menjadi benjolan yang mengeras. Cara mengobati mata bengkak karena kalazion yaitu menggunakan kompres mata setidaknya 4-5 kali sehari dengan kompres hangat. Ini akan membantu mengeluarkan minyak yang menjadi penyebab sumbatan pada kelopak mata. 

5. Menangis terlalu lama

Menangis terlalu lama akan membuat pembuluh darah kecil pada bagian kelopak mata mengalami kerusakan. Selain itu, menangis juga membuat cairan pada bagian kelopak mata menurun secara signifikan. Dengan begitu, tubuh akan mengalirkan darah lebih banyak pada area mata yang membuat mata terlihat bengkak. 

Supaya membantu mengurangi pembengkakan dan panas pada mata, kamu bisa mengonsumsi air putih lebih banyak, mengompres mata yang membengkak dengan kompres dingin, dan mengangkat kepala sehingga air mata tidak banyak keluar. 

Apabila masih belum membaik, segera lakukan pemeriksaan kesehatan di klinik atau rumah sakit terdekat dengan menggunakan Layanan Janji Medis di Halodoc. Cek dan download Halodoc gratis melalui App Store dan Play Store. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes a Swollen Eyelid, and How Is It Treated?
Medical News Today. Diakses pada 2022. 13 causes and treatments of a swollen eyelid.
All About Vision. Diakses pada 2022. Swollen eyelid causes and how to treat a swollen eyelid.