14 September 2018

Ini 5 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Rasa sakit melahirkan, mengurangi rasa sakit

Halodoc, Jakarta - Melahirkan memang suatu hal yang menyakitkan. Rasa sakit saat melahirkan disebabkan oleh kontraksi otot-otot rahim sebagai upaya tubuh untuk mendorong bayi keluar. Selain itu, rasa sakit ini juga disebabkan oleh pembukaan leher rahim sebagai jalan keluarnya bayi.

Rasa sakit yang dirasakan saat melahirkan biasanya berupa kram pada perut, pangkal paha, dan punggung bawah. Ibu juga mungkin merasakan tekanan pada kandung kemih dan usus besar. Namun, rasa sakit ini dapat ditangani saat melahirkan dengan melatih diri sebelum tanggal kelahiran tiba.

Cara Mengurangi Rasa Sakit saat Melahirkan

  1. Lamaze

Lamaze adalah salah satu teknik yang populer di Amerika Serikat untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan. Teknik lamaze mengajarkan bahwa melahirkan merupakan suatu hal yang alami, normal, dan sehat. Ibu bisa mempelajari teknik lamaze di kelas kehamilan.

Instruktur lamaze akan mengajarkan teknik relaksasi, cara mengatasi fisik kamu saat melahirkan, latihan pernapasan saat melahirkan, dan teknik gangguan. Cara-cara ini dapat mengubah pola pikir ibu mengenai rasa sakit saat melahirkan.

2.  Bradley

Bradley melibatkan suami ibu sebagai orang yang membantu saat melahirkan. Bahkan, suami tidak hanya akan terlibat saat ibu melahirkan, tetapi juga sebelum ibu melahirkan. Suami turut terlibat dalam menjaga kesehatan ibu sebelum melahirkan, termasuk mengawasi pola makan dan olahraga yang dilakukan.

Saat melahirkan, ibu dan suami akan diajarkan cara relaksasi dan teknik pernapasan saat melahirkan. Kedua hal ini dapat meringankan rasa sakit saat melahirkan tanpa bantuan obat apa pun. Ibu bisa mempelajari bradley dalam kelas kehamilan yang biasanya ditawarkan selama 12 minggu.

3.  Hypnobirth

Jika ibu takut untuk melahirkan normal, mengambil kelas hypnobirth mungkin menguntungkan bagi ibu. Hypnobirth adalah teknik yang bertujuan untuk menghilangkan rasa takut, cemas, dan tegang saat melahirkan, serta membantu menciptakan lingkungan yang nyaman saat melahirkan.

Hypnobirth juga menggunakan teknik relaksasi, pernapasan, panduan perumpamaan, visualisasi, perhitungan, dan vokalisasi. Dalam hypnobirth diajarkan bahwa, tubuh ibu memang dirancang untuk dapat melahirkan bayinya secara alami.

4.  Akupuntur

Akupuntur merupakan sebuah teknik pengobatan asal Cina. Berbagai penelitian pun telah membuktikan bahwa akupuntur berhasil dalam meringankan berbagai macam rasa sakit. Akupuntur dapat mengatasi sakit akibat melahirkan, membantu memperlancar kelahiran yang berjalan lambat, mengatasi kelahiran dengan posisi bayi posterior (posisi telentang), meringankan kram setelah melahirkan, dan kram setelah pendarahan. Jika kamu ingin mencoba teknik akupuntur untuk meringankan rasa sakit saat melahirkan, sebaiknya cari ahli akupuntur yang mengkhususkan diri dalam membantu persalinan.

5.  Mengubah Posisi saat Melahirkan

Mengejan saat melahirkan tidak jauh berbeda dengan mengejan saat kamu buang air besar. Saat mengejan, tentu kamu merasa lebih nyaman jika kamu sedang dalam posisi yang baik, begitu pula pada saat melahirkan. Posisi yang nyaman saat mengejan dalam melahirkan diperlukan untuk memperlancar kelahiran dan juga untuk meringankan rasa sakit. Posisi yang buruk dapat membuat kamu merasakan sakit yang berlebih saat melahirkan.

Perubahan posisi saat melahirkan mungkin diperlukan untuk menemukan posisi yang nyaman. Posisi duduk dan badan condong ke depan dengan kaki bertekuk dan membuka, merupakan posisi yang baik untuk membantu mendorong bayi keluar. Pada posisi ini, gravitasi juga membantu tubuh kamu mendorong bayi ke bawah. Rasakan kontraksi yang terjadi dalam rahim kamu, sehingga kamu mengenali kapan waktu yang tepat untuk mengejan. Hal ini dapat meringankan rasa sakit ibu dan dapat mempercepat waktu kelahiran.

Selain cara-cara di atas, ibu juga bisa mencoba cara lain seperti mendengarkan musik dan meditasi. Pikirkanlah hal-hal yang positif seperti perjumpaan dengan Si Kecil setelah penantian selama sembilan bulan lamanya. Ibu juga bisa berdiskusi langsung dengan dokter ahli di Halodoc untuk lebih mengetahui tips apa saja yang dibutuhkan untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi menjelang persalinan. Ibu juga dapat membeli obat di Halodoc dengan layanan apotek antar. Yuk, segera download segera aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: