• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Menumbuhkan Sifat Rela Menolong pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Menumbuhkan Sifat Rela Menolong pada Anak

Ini 5 Cara Menumbuhkan Sifat Rela Menolong pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Desember 2022

“Tentu menjadi kewajiban orang tua untuk memperkenalkan sifat rela menolong dan saling berbagi kepada anak. Dengan berbagi, orang tua bisa menunjukkan hal terpuji yang penting untuk selalu dilakukan.”

Ini 5 Cara Menumbuhkan Sifat Rela Menolong pada AnakIni 5 Cara Menumbuhkan Sifat Rela Menolong pada Anak

Halodoc, Jakarta – Masa kanak-kanak adalah fase pertumbuhan pada manusia untuk belajar banyak hal. Anak akan meniru dan mempelajari apa yang orang tua ajarkan. Oleh karena itu, sikap baik anak dapat ditumbuhkan dari orang tua.

Tentu menjadi kewajiban orang tua untuk memperkenalkan sifat rela menolong dan saling berbagi kepada anak. Berbagi menunjukkan bahwa anak melakukan hal terpuji dan menyebarkan kebaikan. Hal ini juga menyiratkan bahwa anak dapat memberi kebahagian kepada orang lain dan mereka pun akan ikut merasa bahagia.

Cara Menumbuhkan Sifat Rela Menolong pada Anak

Sangat penting untuk memperkenalkan anak kepada sikap empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami bagaimana perasaan orang lain dalam keadaan tertentu dan bereaksi dengan pertimbangan. Empati adalah faktor utama terjalinnya hubungan positif antarindividu. 

Empati  mengurangi perselisihan dan konflik serta dapat meningkatkan sifat rela menolong, keramahan, dan percaya diri. Berikut adalah beberapa cara mengajarkan sikap empati untuk menumbuhkan sifat rela menolong pada anak:

1. Beri Pengingat untuk Berada di Posisi Orang Lain

Anak membutuhkan pengingat tentang menempatkan diri pada posisi orang lain. Minta anak agar selalu berpikir sebelum mengatakan sesuatu kepada seseorang dan luangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana perasaan mereka jika anak mengatakannya. 

Beri contoh seperti bagaimana perasaan anak jika mereka mengetahui bahwa seseorang mengolok-olok pakaian atau mengkritik mereka karena tidak mengerjakan soal ujian dengan cukup cepat. Mengajarkan empati adalah bagian penting dari mengajarkan kebaikan kepada anak-anak.

2. Memperkenalkan tentang Identitas Moral

Studi menemukan bahwa anak berusia antara 3-6 tahun yang menerima pujian karena melakukan perbuatan baik cenderung tidak bertindak lebih dermawan di masa depan. Alih-alih menghadiahi mereka karena menjadi individu yang baik dan suka membantu, orang tua perlu membantu mereka membangun identitas moral. 

Anak harus mengerti tentang cara menghormati perasaan orang lain. Hilangnya hal penting itu dapat menyebabkan kekurangan dalam kemampuan empati anak. Identitas moral ini mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mendorong empati pada anak.

3. Gunakan Media yang Disukai

Cara menumbuhkan empati pada anak kemudian dapat dilakukan melalui media yang disukainya, seperti cerita, film, atau komik. Para peneliti juga menyarankan orang tua untuk membantu anak mengembangkan keterampilan empati mereka dengan bermain peran, membaca novel, dan menonton film motivasi.

Kemampuan untuk berempati dapat dengan mudah dikembangkan melalui aktivitas yang anak suka untuk merasakan bagaimana perasaan orang lain dalam keadaan tertentu.

4. Latih untuk Berkata-kata Baik dan Senyum

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membiasakan anak-anak bersikap ramah dan rela menolong kepada orang lain. Beri contoh anak dengan orang tua mempraktikkan langsung cara bertutur kata yang baik. Ajarkan anak juga untuk selalu berterima kasih kepada siapapun sebab berterima kasih adalah sikap dasar dalam berempati.

5. Tunjukkan Anak bahwa Manusia adalah Makhluk Sosial

Beri pemahaman bahwa mereka hidup berdampingan dengan orang lain. Beri pemahaman bahwa suatu saat mereka pasti membutuhkan bantuan orang lain sehingga hal itu dapat mendorong mereka untuk gemar menolong orang lain.

Itulah pembahasan seputar cara menumbuhkan sifat rela menolong pada anak. Jika orang tua ingin berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, ibu dan ayah bisa menggunakan Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2022. Ways to Teach Your Kids Kindness.
Parents. Diakses pada 2022. 6 Ways to Teach Kids to Be Kind.