• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Faktor Risiko Penyebab Osteoporosis pada Pria

Ini 5 Faktor Risiko Penyebab Osteoporosis pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang di mana terjadi gangguan pada kepadatan tulang. Hal itu kemudian meningkatkan risiko terjadinya patah tulang. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, tapi risikonya disebut lebih besar pada wanita. Kendati begitu, osteoporosis juga bisa menyerang pria. Apa faktor risiko penyebab osteoporosis pada pria? 

Pada wanita, risiko osteoporosis menjadi semakin tinggi setelah memasuki masa menopause. Hal itu terjadi karena perubahan hormon yang memengaruhi kondisi tulang. Ternyata, hal yang tidak jauh berbeda juga menjadi penyebab osteoporosis pada pria. Risiko penyakit ini disebut meningkat karena ada gangguan pada kadar hormon testosteron. Biar lebih jelas, simak ulasannya di artikel ini!

Baca juga: Ketahui 4 Penyebab Osteoporosis pada Wanita

Penyakit Osteoporosis pada Pria 

Kasus osteoporosis pada pria disebut lebih kecil dibanding pada wanita. Selain itu, kebanyakan kasus osteoporosis pada pria tidak diketahui penyebab pastinya. Namun, ada beberapa faktor yang disebut bisa meningkatkan risiko osteoporosis terjadi, di antaranya: 

1.Defisiensi Testosteron

Kondisi hormon ternyata bisa meningkatkan risiko osteoporosis. Pada pria, penyakit ini paling sering terjadi karena adanya defisiensi atau kekurangan hormon testosterone. Selain hormon testosteron, pria juga mengalami perubahan testosterone menjadi estrogen dan hal ini juga berpengaruh pada kondisi tulang. 

2.Kurang Kalsium dan Vitamin D

Bukan lagi rahasia, asupan kalsium dan vitamin D adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk membantu tulang tumbuh dengan kuat. Tulang manusia akan terus terbentuk seumur hidup, serta terus mengalami remodeling tulang. Hal itu berarti terjadi kematian satu sel tulang akan digantikan oleh satu sel tulang baru. Nah, agar tulang yang baru bisa terbentuk dengan sempurna dan terhindar dari osteoporosis, pria perlu mendapat cukup asupan kalsium dan vitamin D. 

Baca juga: Perhatikan 6 Penyebab Osteoporosis Berikut Ini

3.Jarang Olahraga

Pria yang jarang berolahraga ternyata juga lebih berisiko terjadinya osteoporosis. Saat berolahraga, otot akan menarik tulang dan merangsang terjadinya pembentukan sel tulang baru. Nah, saat tidak berolahraga, otot dan tulang akan melemah dan mengganggu kepadatannya. Kalau sudah begitu, risiko terjadinya osteoporosis pun akan menjadi lebih besar. BIar terhindar dari hal ini, biasakan untuk rutin berolahraga setiap hari, seperti jogging atau berjalan santai. 

4.Merokok 

Pria yang aktif merokok juga lebih rentan mengalami osteoporosis. Dalam hal ini, perokok memiliki risiko patah tulang panggul yang lebih tinggi dibanding pria yang tidak merokok. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan kepadatan tulang akibat racun dari nikotin. 

5.Riwayat Penyakit Tertentu

Risiko osteoporosis pada pria juga menjadi lebih besar jika ada riwayat penyakit tertentu. Pasalnya, ada ada jenis penyakit tertentu yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan massa tulang. Risiko osteoporosis bisa meningkat pada pria yang memiliki riwayat penyakit seperti fibrosis kistik, diabetes, artritis reumatoid, gangguan pencernaan, dan gangguan pembekuan darah.

Osteoporosis juga meningkat pada pria yang mengonsumsi obat-obatan dari penyakit yang dimiliki. Maka dari itu, bagi pria yang memiliki faktor risiko osteoporosis, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. 

Baca juga: Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Sebabkan Osteoporosis

Jika dibutuhkan, penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen khusus. Kamu bisa membeli suplemen untuk membantu menjaga kesehatan tulang di aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa mencari obat lain yang dibutuhkan dalam aplikasi yang sama. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Male Osteoporosis: Bone Mass Matters. 
NHS UK. Diakses pada 2020. Osteoporosis.