• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dicoba di Tahun Baru

Ini 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dicoba di Tahun Baru

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Tahun baru sering dijadikan momentum untuk mencoba hal-hal baru, termasuk dalam memilih olahraga. Rutin berolahraga bisa saja menjadi salah satu resolusi tahun baru dan sebaiknya segera dimulai. Namun, hal ini mungkin terasa sedikit sulit untuk dilakukan setelah liburan. Meski begitu, jangan khawatir, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk memulai hidup sehat di tahun yang baru. 

Beberapa jenis olahraga bisa segera dimulai untuk membantu mencapai resolusi tahun baru, salah satunya memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tidak perlu terburu-buru atau memaksakan diri. Nyatanya, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba untuk segera dilakukan di tahun yang baru. Selain mudah, jenis olahraga ini nyatanya bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. 

Baca juga: 5 Olahraga yang Digilai Generasi Millennial

Olahraga yang Bisa Dicoba di Tahun Baru 

Kesulitan memulai olahraga di tahun yang baru? Padahal, memiliki tubuh yang sehat dan berat badan ideal masuk dalam resolusi tahun 2021. Jangan khawatir, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba di tahun baru, di antaranya: 

1.Free Squats 

Kamu bisa mulai berolahraga dengan melakukan free squat. Untuk melakukan olahraga ini, cobalah untuk memusatkan beban tubuh pada saat mencapai posisi jongkok saat squat. Agar hasilnya maksimal, cobalah untuk melakukan gerakan squat dalam beberapa set. 

2.Skipping 

Kamu juga bisa melakukan olahraga skipping, yaitu olahraga melompat yang dilakukan dengan menggunakan bantuan tali khusus. Jenis olahraga ini tergolong mudah dilakukan, tetapi bisa memberi banyak manfaat, termasuk penurunan berat badan. 

3.Half Crunches 

Di tahun yang baru, kamu juga bisa mencoba jenis olahraga half crunches atau setengah sit-up. Nyatanya, kamu tidak perlu selalu menyentuh dahi ke lutut saat melakukan sit-up. Pada half crunches, cobalah untuk menjaga leher sehingga membentuk posisi tubuh setengah sit-up. 

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

4.Knee-touch Push Ups

Selain sit-up, modifikasi gerakan push up juga bisa dilakukan. Gerakan olahraga tersebut bernama knee touch push up, yaitu olahraga yang bisa menjadi pilihan bagi orang yang tidak bisa melakukan push up secara utuh. Olahraga ini dilakukan dengan menyilangkan kaki pada saat posisi push ups, kemudian lakukan gerakan push ups seperti biasa. Ulangi gerakan ini sebanyak beberapa kali. 

5.Russian Twist

Saat memulai rangkaian olahraga di tahun yang baru, kamu mungkin ingin memulainya dengan hal-hal yang berbeda. Nah, salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah Russian twist. Jenis olahraga ini tergolong mudah dilakukan tapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Russian twist sebaiknya dilakukan pada akhir sesi olahraga untuk mendapat peregangan yang maksimum. 

Selain dengan memilih olahraga yang tepat, kamu juga bisa menjaga kesehatan di tahun baru dengan menerapkan gaya hidup sehat. Cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan sehat dan cukup istirahat di malam hari. Selain kesehatan fisik, pastikan juga untuk menerapkan hal-hal yang bisa membantu menjaga kesehatan mental secara keseluruhan. Dengan begitu, kamu akan siap menjalani tahun yang baru dengan versi diri terbaik. 

Baca juga: Benarkah Orang yang Obesitas Lebih Berisiko Terkena Osteofit?

Kalau sakit dan butuh saran dokter, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Tanyakan seputar masalah kesehatan atau sampaikan keluhan penyakit pada dokter tepercaya melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan rekomendasi pengobatan dan tips hidup sehat dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
GQ. Diakses pada 2021. 7 easy and simple exercises to start off your fitness journey in 2021.
Metro.co.uk. Diakses pada 2021. How to make New Year’s fitness goals that you will stick to in 2021.