• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Kegiatan yang Wajib Dilakukan di Tahun Baru 2021

Ini 5 Kegiatan yang Wajib Dilakukan di Tahun Baru 2021

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 5 Kegiatan yang Wajib Dilakukan di Tahun Baru 2021

Halodoc, Jakarta – Tahun baru biasanya diawali dengan rencana-rencana baik yang ingin dilakukan di sepanjang tahun 2021. Apalagi bisa dibilang tahun 2020 adalah tahun yang penuh dengan banyak tantangan. Salah satunya adalah pandemi, yang memukul tak hanya sektor kesehatan tapi juga ekonomi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan orang yang disayanginya.

Tahun 2021 adalah waktu untuk berbenah diri dan bersemangat meraih apa yang tertunda di tahun sebelumnya. Merencanakan kegiatan positif untuk dilakukan di tahun 2021 adalah baik untuk dirimu. Orang dengan self-talk positif memiliki keterampilan mental yang memungkinkan mereka memecahkan masalah, berpikir secara berbeda, dan lebih efisien dalam menghadapi kesulitan atau tantangan. 

Berbenah Diri dan Lakukan Ini di Tahun 2021

Kalau kamu belum punya ide atau bingung kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di tahun baru 2021 yang dapat meningkatkan kualitas diri secara maksimal, simak selengkapnya di sini!

Baca juga: Ini Tradisi yang Biasa Dilakukan saat Tahun Baru Cina

1. Olahraga Setiap Hari

Meniatkan diri untuk mulai rutin olahraga di tahun 2021 adalah ide yang baik. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mencegah diri dari sakit melainkan juga meningkatkan kesehatan mental secara menyeluruh. Kamu bisa memilih waktu olahraga di pagi atau malam hari.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga merupakan rutinitas yang sebaiknya masuk dalam kegiatan wajib di tahun 2021. Mengapa konsumsi makanan sehat baik untuk tubuh? Soalnya pola makan yang seimbang dapat menyediakan semua energi yang dibutuhkan untuk tetap aktif sepanjang hari.

Nutrisi yang sehat baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh serta membantu kamu untuk tetap kuat dan sehat, serta membantu mencegah penyakit. Tetap aktif dan makan makanan seimbang yang sehat juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Kekurangan beberapa nutrisi utama seperti vitamin A, B, C dan E, serta seng, zat besi, dan selenium dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini saat Liburan di Rumah Saja

3. Berpikir Positif

Berpikir positif membantu manajemen stres dan bahkan dapat meningkatkan kesehatan. Pikiran positif yang biasanya disertai dengan optimisme adalah bagian penting dari manajemen stres efektif. Mengelola stres yang efektif memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Berpikir positif bukan berarti kamu mengabaikan situasi hidup yang kurang menyenangkan. Berpikir positif berarti kamu mengelola rasa tidak nyaman dengan cara yang lebih positif dan produktif. 

4. Memulai Hobi yang Tertunda

Apa hobi yang gagal kamu tekuni di tahun 2020 lalu? Menyulam? Menjahit? Tumpukan buku yang belum selesai dibaca? Menyelesaikan hobi yang tertunda adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di tahun 2021. 

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Menghabiskan waktu untuk aktivitas yang disukai dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan. Penelitian menunjukkan orang yang memiliki hobi cenderung dapat lebih mengelola stres dan suasana hati yang buruk. Selain karena aktivitas itu sendiri, bertemu dengan orang-orang dengan minat sama juga dapat membuat bahagia. 

5. Kurangi Bergosip

Bergosip bisa menjadi kebiasaan buruk dan sama saja dengan mentransfer energi negatif ke orang. Tidak hanya tidak baik untuk kesehatan, bergosip juga bisa memfitnah kalau memang informasi yang kamu obrolkan tersebut belum tentu benar. 

Yuk, rencanakan hidup sehat 2021 mulai dari sekarang. Kalau kamu butuh obat atau vitamin tertentu, kamu bisa langsung kontak Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Toko Kesehatan, kamu bisa memesan obat sesuai dengan kebutuhanmu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What is positive self-talk?
National Health Service. Diakses pada 2021. Health benefits of eating well.
WebMD. Diakses pada 2021. Rumors, Gossip, and Your Health.