30 July 2018

Ini 5 Kiat Bercinta Usai Melahirkan

kiat bercinta usai melahirkan, hubungan intim pasca melahirkan,berhubungan intim

Halodoc, Jakarta - Setelah melahirkan, beberapa pasangan pasti masih merasa was-was untuk melakukan hubungan intim. Pasangan suami istri harus memilih waktu yang tepat agar tidak menimbulkan risiko bagi istri.

Menurut berbagai jurnal kedokteran, suami istri boleh melakukan hubungan intim pasca melahirkan sekitar 4 hingga 6 minggu setelah bersalin. Hal ini karena dalam rentang enam minggu tersebut, di dalam rahim masih terjadi proses penyembuhan akibat keluarnya plasenta yang membekaskan luka. Nah, jika pasangan suami istri memaksakan untuk melakukan hal ini lebih cepat dari waktu tersebut, dikhawatirkan istri akan terkena infeksi.

Selain itu, ibu juga pasti merasa kurang bergairah untuk melakukan hubungan intim karena beberapa alasan. Alasan tersebut misalnya karena trauma rasa sakit pada luka bekas persalinan, fisik yang masih terasa lelah, waktu yang tersita untuk merawat bayi, serta tekanan akibat baru menjadi seorang ibu, sehingga masih butuh adaptasi.

Hal ini sebetulnya wajar saja terjadi. Namun, alangkah baiknya hubungan intim dilakukan saat kondisi ibu sudah stabil baik itu fisik maupun psikis agar hubungan suami istri tetap harmonis. Nah, berikut ini kiat bercinta usai melahirkan yang dapat kamu coba terapkan:

  1. Konsultasikan ke Dokter

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan hubungan intim pasca melahirkan. Pasangan suami dan istri harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari dokter agar jahitan pada Miss V tidak terkena infeksi, karena belum sembuh total. Sementara untuk ibu yang melakukan persalinan caesar, biasanya menunggu hingga sayatan di perut sudah benar-benar sembuh. Hal yang terpenting untuk diingat adalah hubungan intim yang dilakukan saat tubuh belum siap hanya akan membuat ibu merasa sakit dan tidak mendatangkan kepuasan.

Baca juga: 4 Perubahan Bagian Pada Tubuh Wanita Pasca Melahirkan

  1. Lakukan Foreplay

Setelah lama tidak melakukan hubungan intim, pasti pasangan suami istri merasa sangat bergairah. Namun, hal ini tidak dapat menjadi alasan untuk tidak melakukan pemanasan atau foreplay terlebih dahulu. Foreplay terbukti mampu meningkatkan keintiman dan menambah pelumasan Miss V, sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit.

  1. Lakukan Senam Kegel

Usai melahirkan, ibu perlu melakukan latihan kegel atau menegangkan dan melepaskan Miss V seperti hendak menahan pipis. Hal ini bertujuan untuk memompa aliran darah ke Miss V, sehingga kekencangan otot akan kembali seperti sebelum melahirkan. Alhasil, hubungan intim akan semakin memuaskan baik itu suami ataupun istri.

  1. Gunakan Pelumas

Meski tubuh istri sudah kembali fit pasca melahirkan, ini bukan berarti kamu dapat melakukan hubungan intim tanpa pelumas. Kamu dapat menggunakan pelumas agar Miss V tetap licin dan tidak terasa sakit. Hubungan intim pun semakin panas dan mengasyikan, sehingga hubungan suami istri kembali harmonis.

  1. Lakukan dengan Posisi yang Tepat

Karena tubuh istri baru kembali fit, maka kalian harus menemukan posisi yang pas saat berhubungan intim. Hal ini dilakukan agar tekanan pada setiap jahitan Miss V menjadi lebih sedikit. Untuk wanita yang melahirkan dengan cara normal, kamu dapat melakukan posisi woman on top dengan kecepatan lambat agar kamu dapat memberi kontrol atas kedalaman penetrasi yang terjadi.

Baca juga: Harus Tahu, 6 Posisi Berhubungan Intim yang Berbahaya

Nah, kini kamu sudah tahu kiat bercinta usai melahirkan yang tepat dan tidak menyebabkan risiko. Namun, jika kamu masih mempunyai banyak pertanyaan mengenai hubungan intim pasca melahirkan, kamu dapat menghubungi dokter di Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!