• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi saat Masuk Trimester 2

Ini 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi saat Masuk Trimester 2

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap bumil tentunya ingin bayi di dalam kandungannya tubuh menjadi anak yang sehat dan cerdas kelak. Nah, terdapat berbagai cara untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk memenuhi gizi bayi di dalam kandungan. 

Ingat, kehamilan adalah masa kritis di mana gizi ibu yang baik adalah faktor penting yang mempengaruhi kesehatan ibu dan anak. Ibu hamil bukan hanya harus dapat memenuhi kebutuhan zat gizi untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk janin yang dikandung.

Bumil sebaiknya jangan memandang remeh masalah gizi ini. Menurut Kementerian Kesehatan RI dalam Gizi Dalam Daur Kehidupan, apabila janin dalam kandungannya mengalami kekurangan gizi, maka kelak pada usia dewasa berisiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit degeneratif (diabetes, hipertensi, penyakit jantung, stroke) dibandingkan dengan yang tidak mengalami kekurangan gizi. Tuh, seram kan?

Nah, pertanyaannya, apa saja makanan yang wajib dikonsumsi saat hamil trimester 2? Berikut beberapa makanan yang perlu bumil konsumsi saat memasuki trimester kedua.

Baca juga: 5 Hal yang Umum Dirasakan Ibu di Trimester 2

1. Zat Besi

Saat hamil trimester 2 bumil tidak boleh melupakan pentingnya asupan zat besi. Zat besi ini akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama kehamilan, zat besi memasok oksigen ke bayi yang sedang berkembang. Hati-hati, kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang meningkatkan risiko komplikasi seperti kelahiran prematur dan depresi pascapersalinan.

Nah, menurut para pakar di National Institutes of Health - Office of Dietary Supplements (ODS), asupan zat besi harian yang direkomendasikan selama kehamilan adalah 27 miligram (mg).

Ibu bisa mendapatkan asupan zat besi saat hamil trimester 2 dari daging tanpa lemak, seafood yang dimasak dengan sempurna, sayuran berdaun hijau, kacang, lenting, biji-bijian, hingga oatmeal. 

2. Protein Tak Kalah Penting

Protein adalah makanan untuk trimester kedua yang perlu diasup. Protein merupakan komponen yang penting untuk pembentukan sel-sel tubuh, pengembangan jaringan, termasuk untuk pembentukan plasenta.

Kebutuhan protein untuk ibu hamil sekitar 17 g/hari. Jenis protein yang dikonsumsi seperlimanya sebaiknya berasal dari protein hewani, seperti daging, ikan, telur, susu, yogurt, dan selebihnya berasal dari protein nabati, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain-lain.

3. Kalsium

Ketika hamil trimester 2 bumil juga perlu mengasup kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan sel-sel janin. Jika kebutuhannya kurang terpenuhi, janin mengambil cadangan kalsium dari tulang ibu. 

Hati-hati, kondisi ini kekurangan kalsium pada saat kehamilan menyimpan beberapa risiko. Penelitian menunjukkan, peluang terjadinya tekanan darah tinggi dalam kehamilan pada kelompok masyarakat tertentu (misalnya, kehamilan pada remaja, ibu hamil yang defisiensi kalsium) akan meningkat bersamaan dengan kurangnya kalsium pada ibu. 

Baca juga: Ini Perkembangan yang Terjadi pada Si Kecil di Trimester 2

Menurut Kemenkes RI, jumlah kebutuhan kalsium bagi ibu hamil sendiri sebesar 1.000 mg/hari selama kehamilan. Ibu bisa mendapatkan asupan kalsium dari telur, susu, keju, mentega, daging, ikan, dan bayam.

4. Asam Folat

Asam folat tak hanya perlu dikonsumsi pada trimester pertama saja, tapi juga trimester kedua kehamilan. Asam folat merupakan nutrisi yang berperang penting dalam pembentukan sel otak bayi. Ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen.

Di samping itu, asam folat dapat mencegah mencegah keguguran, mencegah anemia, hingga menurunkan risiko preeklamsia. Nah, ibu bisa kok mendapatkan asam folat dari sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kubis, buah-buahan (alpukat, pepaya, jeruk), kacang-kacangan, hati sapi, hingga telur.

5. Nutrisi Lainnya

Selain empat hal di atas, masih terdapat makanan untuk trimester kedua lainnya yang perlu ibu konsumsi. Contohnya omega-3, vitamin A, C, D, E, K, B 12, fosfor, yodium, seng, tiamin, riboflavin, niacin hingga magnesium.

Baca juga: Inilah Perubahan Pada Ibu Hamil di Trimester Kedua

Mau tahu lebih jauh mengenai makanan yang perlu dikonsumsi saat hamil trimester 2? Ibu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, ibu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2021. Gizi Dalam Daur Kehidupan
National Institutes of Health - Office of Dietary Supplements (ODS) Diakses pada 2021. Iron
Healthline. Diakses pada 2021. Eating Well in Your Second Trimester
Medical News Today What to eat in your second trimester