• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

Ini 5 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 November 2021
Ini 5 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

“Selain sebagai bumbu masakan, kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah dan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan. Makan bawang putih mentah dapat mengobati flu, menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar gula dalam darah. Namun perlu diketahui kalau mengonsumsi bawang putih bisa menyebabkan sensasi terbakar di tenggorokan.”

Halodoc, Jakarta –  Selama ini tentunya kamu sudah tahu kalau bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih kerap dijadikan sebagai bumbu tambahan untuk melengkapi masakan.

 

Namun, benarkah makan bawang putih mentah justru lebih bisa memberikan manfaat buat tubuh? Faktanya kamu perlu tahu kalau bawang putih memiliki bau menyengat dan membuat napas bau. Makan bawang putih mentah terlalu banyak juga dapat memberikan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan. 

Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

Berikut adalah manfaat mengonsumsi bawang putih mentah bagi kesehatan tubuh: 

1. Mengobati Flu 

Bawang putih sejak lama digunakan untuk kesehatan. Manfaat kesehatan dari bawang putih mentah adalah hasil dari senyawa belerang yang terbentuk ketika siung bawang putih dicincang, dihancurkan, atau dikunyah. Salah satu manfaat bawang putih adalah bisa untuk mengobati flu. 

Perlu diketahui, bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting dan rendah kalori. Satu siung bawang putih mentah mengandung mangan, Vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mentah dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi terjadinya intensitas penyakit umum seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit lainnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah 

Senyawa aktif dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi), mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Bawang putih mentah dapat mengurangi fluktuasi kadar gula darah sebelum makan pada orang dengan atau tanpa diabetes. Itulah sebabnya mengonsumsi bawang putih juga direkomendasikan untuk pengidap diabetes. 

5. Meningkatkan Kinerja Fisik

Bawang putih dapat mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja atletik dan kapasitas fisik. Di zaman dahulu, bawang putih digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik pekerja dan meningkatkan kinerja atletik pada atlet Olimpiade di Yunani kuno.

Itulah informasi mengenai manfaat bawang putih mentah bagi tubuh. Kalau kamu ingin memeriksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan, buat janji saja lewat aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot antre, kamu hanya perlu datang di waktu yang telah kamu tentukan sebelumnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2021. Is It Okay to Eat a Raw Garlic Clove?
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Potential Benefits of Adding Garlic to Your Recipes and Meals.