• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Mental

Ini 5 Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 5 Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Mental

“Berdoa ternyata mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan mental. Penelitian membuktikan kalau seseorang yang rajin berdoa punya risiko depresi yang lebih rendah, dan memiliki tingkat kepuasan hidup dan harga diri yang lebih tinggi. Dengan berdoa, kamu bisa merasa lebih tenang, terhindar dari kecemasan bahkan panjang umur.”

Halodoc, Jakarta – Segala hal yang kamu inginkan bisa tercapai dengan usaha yang maksimal. Namun,  terkadang usaha saja tidak cukup. Bagi sebagian orang, usaha perlu diiringi dengan doa supaya keinginannya cepat dikabulkan. Menurut para teolog, doa punya definisi yang amat luas.  Ada banyak bentuk dari doa, mulai dari diucapkan, spontan, berulang-ulang atau hanya diam. Namun, doa umumnya didefinisikan sebagai “percapakan yang mendalam dengan Yang Kuasa.”

Apapun bentuknya, berdoa ternyata mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan mental. Manfaat berdoa untuk kesehatan mental bahkan telah dibuktikan dengan beberapa penelitian ilmiah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 4 Fakta Tentang Mood yang Perlu Diketahui

Manfaat Berdoa untuk Kesehatan Mental

Melansir dari Psychology Today, penelitian yang dipimpin oleh Profesor Harvard Tyler VanderWeele menemukan bahwa orang dewasa yang berdoa setiap hari cenderung berisiko lebih rendah untuk mengalami depresi. Selain itu, orang yang berdoa setiap hari ternyata memiliki tingkat kepuasan hidup, harga diri, serta pengaruh positif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berdoa. 

Studi lain yang dilakukan oleh The California Mental Health & Spirituality Initiative pun menemukan hasil serupa. Penelitian ini mengambil sudut pandang lebih dari 2.000 orang yang memiliki masalah kesehatan mental. Hasilnya, lebih dari 80% setuju bahwa hal spiritual amat penting untuk kesehatan mental mereka. Lebih lanjut, berikut manfaat berdoa untuk kesehatan mental lainnya:

1. Menenangkan

Perasaan gelisah bisa menjadi pertanda awal masalah kesehatan mental. Doa bisa seperti mantra yang memberikan ketenangan dan menurunkan kegelisahan kamu. Saat berdoa, seseorang seakan-akan masuk ke dalam sebuah gelembung yang tidak bisa diganggu orang lain. Perasaan khusyuk tanpa distraksi inilah yang memberikan efek ketenangan bagi para pendoa. Bila dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin berdoa bisa mendatangkan manfaat kesehatan mental lainnya.

2. Mengatasi Kesepian

Kesiapan dan merasa sendiri terlalu lama dapat membuat seseorang mengalami depresi. Saat berdoa, tidak akan ada batasan komunikasi antara kamu dan Tuhan. Ini bisa menjadi metode yang efektif untuk mengusir rasa kesepian, terlebih untuk orang-orang yang merasa terisolasi secara sosial. 

Baca juga: 5 Tanda Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

3. Membantu Proses Penyembuhan

Percaya atau tidak, tetapi berdoa ternyata dapat membantu pemulihan dari masalah kesehatan mental. Studi yang dilakukan oleh Rob Whitley, seorang investigator Douglas Hospital Research Center di Kanada menemukan, bahwa partisipan yang mengikuti penelitiannya mengaku bahwa berdoa adalah salah satu faktor yang mempercepat kesembuhan mereka. 

4. Bikin Panjang Umur

Studi yang dipublikasikan tahun 2017 menghasilkan temuan menarik seputar frekuensi berdoa ke gereja dengan usia seseorang. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa partisipan yang sering datang ke gereja setiap minggunya ternyata 55% lebih panjang umur. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh setelah melakukan tindak lanjut hingga 18 tahun kemudian. 

5. Mencegah Depresi

Efek menenangkan dari berdoa ternyata mirip seperti saat seseorang melakukan yoga dan meditasi. Hati yang tenang tentunya berkorelasi dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Bukan cuma mitos, pernyataan ini telah didukung dengan sebuah studi pada tahun 2019 dari tim University of Mississippi, Amerika Serikat. Hasilnya, pasien yang menjalani sesi berdoa selama 6 pekan merasakan lebih sedikit gejala depresi dan cemas berlebih. 

Baca juga: Kesehatan Mental Bisa Memengaruhi Kesehatan Fisik

Selain berdoa, gaya hidup juga berperan penting dalam kesehatan mental. Pola makan sehat, rutin berolahraga dan tidur cukup adalah kuncinya. Kamu mungkin juga perlu vitamin dan suplemen untuk jaga daya tahan tubuh. Jika stok mulai menipis, beli saja di toko kesehatan Halodoc. Tinggal klik, lalu pesanan akan diantar ke tempatmu! Download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. Prayer and Mental Health.
Everyday Health. Diakses pada 2021. How Prayer Strengthens Your Emotional Health.