• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Rempah Oregano bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Rempah Oregano bagi Kesehatan Tubuh

Ini 5 Manfaat Rempah Oregano bagi Kesehatan Tubuh

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Juli 2022

“Oregano memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidan carvacrol dan thymol punya peranan besar dalam mencegah berbagai risiko penyakit.”

Ini 5 Manfaat Rempah Oregano bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Oregano merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan sebagai pelengkap makanan. Rempah yang satu ini biasanya menjadi taburan untuk menambahkan aroma makanan. Selain sebagai pelengkap hidangan, rempah ini ternyata punya segudang manfaat kesehatan. 

Kandungan antioksidan di dalamnya punya peranan besar untuk mencegah masalah kesehatan tertentu. Jika kamu tertarik dengan manfaat yang diberikan oregano, simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Oregano untuk Kesehatan Tubuh

Bukan hanya sebagai taburan saja, makanan sehat ini juga bisa diubah menjadi minyak dan teh untuk dikonsumsi. Apapun cara mengonsumsinya, oregano ternyata menawarkan segudang manfaat berikut ini:

1. Menangkal radikal bebas

Oregano kaya akan antioksidan carvacrol dan thymol  yang mampu melawan radikal bebas. Diketahui bahwa penumpukan radikal bebas dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. 

2. Melawan bakteri

Rempah yang satu ini juga mengandung sifat antibakteri yang kuat. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian. Penelitian menunjukan minyak esensial oregano mampu memblokir pertumbuhan Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa. 

3. Memiliki sifat anti-kanker

Antioksidan milik oregano bukan hanya menetralkan radikal bebas, tetapi juga membantu mencegah kanker. Penelitian tabung reaksi mengamati efek ekstrak oregano terhadap sel kanker usus besar. Hasilnya, senyawa yang terkandung dalam oregano mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

4. Mencegah infeksi virus

Selain melawan bakteri, beberapa penelitian tabung juga menemukan bahwa oregano dapat melindungi paparan virus. Lagi-lagi carvacrol dan timol yang memiliki sifat antivirus dan berperan menjadi tameng dalam melawan serangan virus.

Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, carvacrol menonaktifkan norovirus, yaitu infeksi virus yang menyebabkan diare, mual dan sakit perut. Studi tabung reaksi lain menemukan bahwa timol dan carvacrol menonaktifkan 90 persen virus herpes simpleks hanya dalam satu jam.

5. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respon imun sebagai akibat dari penyakit atau cedera. Meskipun proses peradangan adalah hal normal, peradangan jangka panjang dapat memicu perkembangan penyakit. 

Senyawa carvacrol telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan. Dalam satu penelitian pada hewan, carvacrol mengurangi pembengkakan di kaki tikus hingga 57 persen. Studi hewan lain menunjukkan bahwa campuran minyak esensial thyme dan oregano mengurangi jumlah penanda inflamasi pada tikus yang mengidap kolitis.

Itulah informasi seputar manfaat oregano untuk kesehatan tubuh. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download  Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Science-Based Health Benefits of Oregano.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the health benefits of oregano?