• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Zumba untuk Kesehatan Mental

Ini 5 Manfaat Zumba untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 5 Manfaat Zumba untuk Kesehatan Mental

“Zumba adalah salah satu olahraga yang dominan dilakukan oleh wanita. Gerakan yang diiringi oleh musik ini tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, ada banyak manfaat dari zumba, baik dari segi fisik maupun mental.”

Halodoc, Jakarta – Banyak orang, terutama wanita, yang rutin melakukan olahraga zumba untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Meski terbilang baru, olahraga ini kerap menjadi favorit banyak orang karena menyenangkan untuk dilakukan. Perlu diketahui, selain untuk kesehatan fisik, zumba juga dapat memberi manfaat untuk kesehatan mental. Nah, berikut ulasannya!

Beberapa Manfaat Zumba untuk Kesehatan Mental

Zumba adalah program kesehatan yang menggabungkan musik Latin dan internasional dengan gerakan tari. Olahraga ini dapat mengatur tempo latihan, antara ritme yang cepat dan lambat, yang baik untuk latihan ketahanan. Hal ini dapat melatih seluruh tubuh dan meningkatkan mobilitas melalui fleksibilitas sendi, otot dan tulang yang kuat, hingga meningkatkan keseimbangan.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Banyak orang yang melakukan zuma secara rutin untuk menyehatkan tubuh. Faktanya, zumba juga dapat membuat kamu tetap sehat bukan hanya dari fisik, tetapi juga kualitas hidup dan bahkan kesehatan mental. Bayangkan, kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut hanya dengan satu gerakan olahraga.

Bagaimana caranya zumba dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Salah satu manfaat dari zumba untuk kesehatan mental adalah gerakan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan lebih percaya diri, kamu dapat mengelola tingkat kesejahteraan mental yang sehat. Cara ini sangat baik untuk mengatasi masalah, seperti kecemasan dan gangguan perilaku. Saat mendapati tubuh lebih bugar, tentu kepercayaan diri dapat meningkat.

2. Meningkatkan Hormon Gembira

Dengan melakukan zumba, kamu dapat meningkatkan berbagai hormon yang bermanfaat untuk mengurangi beban mental yang dirasakan. Latihan ini dapat membantu tubuh untuk melepaskan lebih banyak endorfin, meningkatkan kadar serotonin, dan menghasilkan oksitosin. Semua hormon tersebut dapat mendorong rasa gembira.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Zumba bagi Kesehatan

3. Menghilangkan Stres

Manfaat zumba lainnya adalah dapat menghilangkan stres akibat pekerjaan atau hal lainnya. Dengan mengalihkan perhatian ke tarian dan menjauhkan diri dari kesibukan sehari-hari, tentu perasaan stres dapat menurun. Memang, olahraga sangat efektif untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, serta meningkatkan fungsi kognitif.

4. Memperbaiki Mood

Zumba diiringi lagu-lagu yang membuat kamu ingin menggerakkan tubuh. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan mood yang mungkin seharian sedang buruk. Saat melakukan gerakan ini bersama dengan orang lain, tentu kamu dapat membuat suasana hati lebih baik dengan perbincangan yang ringan.

Jika kamu ingin tahu jenis olahraga lainnya yang baik untuk kesehatan mental, psikolog atau psikiater dari Halodoc siap memberikan saran yang sesuai. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan ahli medis melalui fitur Chat dan Voice/Video Call. Nikmati kemudahannya sekarang juga!

Baca juga: Zumba Dibarengi dengan Diet, Ini Manfaatnya

5. Meningkatkan Daya Tahan

Dengan rutin melakukan zumba, kamu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Jadi, tubuh kamu tidak mudah untuk mengalami stres akibat pekerjaan atau rutinitas harian. Siapa yang tidak mau mendapatkan kesehatan fisik dan mental dengan hanya satu gerakan? Pastikan kamu juga melakukan zumba setiap harinya.

Itulah beberapa manfaat dari zumba yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan mental. Tidak semua orang mengerti jika bukan hanya fisik saja yang perlu dijaga, tetapi juga mental. Jika kamu mengalami kerusakan mental, bukan tidak mungkin ada saja bagian tubuh yang tidak berfungsi dengan maksimal atau semestinya.

Referensi:
The Edge Fitness Clubs. Diakses pada 2021. The Benefits of Zumba.
Piedmont Healthcare. Diakses pada 2021. 7 health benefits of Zumba.