• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

Ini 5 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 November 2022

“Radang tenggorokan akan membuat tidak nyaman saat makan dan minum. Namun, kamu bisa mengonsumsi obat radang tenggorokan untuk dewasa tanpa perlu resep dokter.”

Ini 5 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep DokterIni 5 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

Halodoc, Jakarta – Radang pada tenggorokan dapat terjadi karena banyak penyebab. Sering kali, masalah kesehatan ini muncul karena infeksi bakteri atau virus. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat terjadi karena alergi, polutan, mengalami gastroesophageal reflux disease (GERD), tumor pada tenggorokan, dan infeksi human immunodeficiency virus (HIV). Namun, kamu bisa mengatasi masalah ini secara umum dengan mengonsumsi obat radang tenggorokan untuk dewasa. 

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa

Radang tenggorokan yang terjadi karena infeksi virus biasanya akan membaik dengan sendirinya antara 5 sampai 7 hari. Akan tetapi, tetap saja kamu bisa merasa sakit dan tidak nyaman saat makan dan minum. 

Guna membantu meringankan keluhan yang kamu rasakan, kamu bisa mencoba membeli salah satu rekomendasi obat radang tenggorokan untuk dewasa berikut:

1. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)

Jika radang tenggorokan terjadi karena iritasi atau peradangan, kamu bisa memilih obat pereda nyeri yang masuk dalam kategori antiinflamasi nonsteroid atau OAINS. Misalnya paracetamol atau ibuprofen. 

Selain membantu meredakan nyeri, obat OAINS juga membantu meringankan demam yang biasanya muncul ketika kamu sedang mengalami sakit tenggorokan. Obat ini bisa kamu beli dengan mudah di apotek tanpa harus menggunakan resep.

2. Permen pelega tenggorokan sebagai obat radang tenggorokan untuk dewasa

Rekomendasi obat radang tenggorokan untuk dewasa selanjutnya yang dapat kamu jumpai dengan mudah di apotek tanpa resep, adalah permen pelega tenggorokan atau tablet isap. 

Biasanya, obat ini memiliki kandungan alami, misalnya licorice dan menthol yang membantu melegakan rasa gatal pada tenggorokan. Namun, efek obat ini hanya sementara dan tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan radang tenggorokan.

3. Obat untuk menurunkan asam lambung

Apabila radang tenggorokan yang kamu alami terjadi karena naiknya asam lambung ke kerongkongan atau GERD, tentunya kamu perlu menangani kondisi tersebut terlebih dahulu. Obat golongan antasida bisa membantu meredakan GERD dan bisa kamu beli di apotek. 

4. Berkumur dengan menggunakan air garam

Selain menggunakan obat bebas, obat radang tenggorokan untuk dewasa juga bisa menggunakan bahan alami, salah satunya dengan berkumur air garam. Cara membuatnya juga sangat mudah. 

Campurkan segelas air putih hangat dengan ½ sendok teh garam. Lalu, gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Kamu bisa mengulangi perawatan setiap 3 jam sekali sampai merasakan gejalanya menurun dan menjadi lebih baik. 

5. Mengonsumsi air hangat dan madu

Terakhir, kamu bisa mencoba mengonsumsi air hangat yang sudah dicampur dengan madu. Tak harus menggunakan air putih, kamu juga dapat mencampurnya dengan secangkir teh hangat. 

Studi menyebutkan, madu memiliki efektivitas yang sama dengan berbagai kandungan yang ada pada obat obat batuk jenis dekstrometorfan. Tak hanya itu, madu juga menjadi obat alami yang lebih efektif untuk mengatasi batuk karena kandungan antihistamin dan antibiotiknya.

Nah, itulah beberapa obat radang tenggorokan untuk dewasa yang bisa kamu beli tanpa resep dokter. Akan tetapi, apabila radang tenggorokan yang kamu alami masih belum membaik, saatnya kamu tanyakan pada dokter umum di Halodoc sehingga bisa mendapat penanganan yang tepat. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di ponselmu secara gratis dari Play Store maupun App Store.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 6 Sore Throat Remedies That Actually Work.
Healthline. Diakses pada 2022. Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do).
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Natural Remedies for Sore Throat.