• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari

Ini 5 Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2022

“Rambut lepek dapat membuat tampilan menjadi tidak sedap untuk dipandang. Dengan menghindari berbagai penyebabnya, tampilan rambut bisa terlihat tertata dengan baik.”

Ini 5 Penyebab Rambut Lepek yang Jarang DisadariIni 5 Penyebab Rambut Lepek yang Jarang Disadari

Halodoc, Jakarta – Rambut lepek tentu terlihat engga banget karena kerap membuat penampilan menjadi kacau. Kondisi ini terjadi akibat rambut yang terlihat basah kuyup dan seperti berminyak.

Seseorang yang memiliki rambut lurus dan tipis lebih rentan untuk mengalami rambut lepek. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasinya agar tidak terulang kembali.

Berbagai Penyebab dari Rambut Lepek

1. Memiliki Rambut yang Halus secara Alami

Seseorang dengan kondisi ini memang lebih rentan untuk mengalami rambut lepek. Artinya, setiap helai rambutnya tipis dengan diameter sangat kecil. Kondisi ini juga menyebabkan kulit kepala tidak memiliki cukup helai rambut agar terlihat tebal.

Selain itu, mereka yang memiliki rambut halus memiliki banyak folikel rambut dibandingkan rambut yang bertekstur tebal, sehingga kulit kepala memiliki ruang lebih banyak untuk helai rambut. Hal ini menyebabkan kulit kepala terlalu berminyak, sehingga terlihat lepek.

2. Menggunakan Produk Rambut yang Tidak Cocok

Kamu akan mengalami rambut lepek jika salah menggunakan produk yang digunakan di kepala. Penggunaan produk rambut yang berlebihan atau tidak mencucinya dengan bersih, akhirnya menyebabkan rambut berminyak karena residunya.

Produk yang tidak sesuai dengan tekstur rambut juga dapat menimbulkan tampilan lepek. Cara pengaplikasian yang salah juga dapat berdampak pada hal yang sama. Makanya, sesuaikan produk yang dibeli dengan jenis rambut yang dimiliki.

3. Berkeringat

Banyak berkeringat akibat cuaca yang panas atau selepas olahraga juga dapat membuat rambut terlihat lepek. Bahkan jika sudah bercampur dengan kotoran yang menempel di bagian kepala, menyebabkan sebum meningkat drastis.

Apabila dibiarkan, bukan hanya rambut lepek saja yang terjadi, kamu juga berisiko untuk mengalami pertumbuhan ketombe yang menimbulkan rasa gatal di kepala.

4. Keramas dengan Air Panas

Keramas menggunakan air hangat juga berisiko menyebabkan rambut menjadi lepek. Sebab, penggunaan air panas secara rutin dapat membuat folikel rambut menjadi lemah dan bahkan rontok.

Selain itu, penggunaan air panas pada rambut juga dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Sehingga, rambut lepek lebih mudah terjadi akibat penumpukan minyak berlebih tersebut.

5. Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang berminyak juga dapat mendorong tubuh memproduksi kandungan tersebut dalam jumlah yang banyak. Sebab, tubuh berusaha untuk mengeluarkan kandungan minyak berlebih tersebut, termasuk melalui kulit kepala.

Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus dan bahkan bercampur dengan kotoran atau keringat, rambut lepek lebih rentan dialami. Maka dari itu, hindari makanan yang mengandung banyak minyak, seperti makanan cepat saji.

Nah, sekarang kamu tahu berbagai penyebab dari rambut lepek, cobalah untuk menghindari hal-hal yang telah disebutkan. Dengan begitu, rambut jadi terlihat lebih lebat, berisi, dan bahkan lebih tampan atau cantik. Selain itu, kepercayaan diri yang sebelumnya menurun dapat terus ditingkatkan.

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang rambut lepek, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam interaksi dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Loved by Curls. Diakses pada 2022. What Causes Limp Hair? (8 Easy Ways To Fix).
Nourish Beaute. Diakses pada 2022. The Causes of Limp Hair and Ways to Improve It.