• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Mei 2022

“Asam lambung naik bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu aktivitas. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik yang bisa dilakukan, mulai dari minum air hangat hingga konsumsi obat maag.”

Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Halodoc, Jakarta –  Penyakit asam lambung atau yang dikenal juga dengan refluks asam adalah kondisi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Ini merupakan masalah kesehatan yang umum yang biasanya dipicu oleh kebiasaan makan yang kurang baik, seperti mengonsumsi makanan pedas atau langsung tidur setelah makan.

Bagi kamu yang pernah mengalami asam lambung naik, pasti tahu betapa tidak nyaman gejala yang bisa ditimbulkannya. Asam lambung naik bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman yang membakar di dada (heartburn), dan rasa tidak nyaman juga bisa naik ke leher dan tenggorokan. Beberapa orang juga mengeluhkan rasa pahit atau asam di mulut mereka. 

Gejala-gejala tersebut tentu bisa mengganggu kamu saat beraktivitas. Oleh karena itu, cari tahu cara mengatasi penyakit asam lambung  yang bisa kamu lakukan di sini.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Cara mengatasi asam lambung naik bisa dengan obat-obatan maupun alami. Berikut pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat asam lambung naik:

1. Minum Air Hangat

Air hangat bisa membantu meredakan ketidaknyamanan akibat asam lambung naik. Minumlah air hangat secara perlahan, karena minum dengan terburu-buru bisa memperburuk gejala asam lambung.

2. Beristirahat

Saat asam lambung naik, kamu mungkin akan mengalami ketidaknyamanan yang luar biasa. Jangan panik, karena kondisi tersebut bisa semakin parah bila kamu panik. Sebaliknya, coba lah untuk memenangkan diri dan beristirahat sejenak dari aktivitas yang sedang kamu lakukan. Bila kamu ingin berbaring, hindari berbaring sejajar. Pastikan posisi dada ke atas lebih tinggi dari perut.

3. Konsumsi Jahe

Menurut artikel yang dimuat di Gastroenterology Research and Practice, jahe bisa meredakan berbagai masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, rempah-rempah tersebut juga dipercaya bisa menjadi cara mengatasi asam lambung naik. Saat asam lambung naik, kamu bisa mengonsumsi jahe yang sudah dalam bentuk kapsul atau minum air rebusan jahe.

4. Mengunyah Permen Karet

Cara mengatasi asam lambung lainnya yang juga dipercaya efektif adalah mengunyah permen karet. Hal itu karena saat kamu mengunyah permen karet, air liur yang dihasilkan bisa membantu melancarkan pergerakan makanan melalui kerongkongan, sehingga meredakan gejala heartburn.

5. Minum Obat Maag

Bila cara mengatasi asam lambung alami di atas tidak mampu meredakan gejala yang tidak nyaman, minumlah obat maag. Salah satu obat yang bisa kamu minum saat asam lambung naik adalah antacid. Obat ini bisa menetralkan asam di lambung, sehingga efektif meredakan refluks asam.

Nah, untuk mendapatkan obat dan vitamin yang kamu butuhkan untuk mengatasi asam lambun naik, gunakan aplikasi Halodoc saja. Caranya mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How can you stop acid reflux?
Times of India. Diakses pada 2022. Acidity Home Remedies: Easy ways to cure acidity naturally