• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Tips Jaga Kesehatan saat Memasuki Masa Menopause
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Tips Jaga Kesehatan saat Memasuki Masa Menopause

Ini 5 Tips Jaga Kesehatan saat Memasuki Masa Menopause

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 November 2022

“Ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan ketika memasuki masa menopause. Mulai dari berhenti merokok (jika kamu seorang perokok), mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, hingga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik.”

Ini 5 Tips Jaga Kesehatan saat Memasuki Masa MenopauseIni 5 Tips Jaga Kesehatan saat Memasuki Masa Menopause

Halodoc, Jakarta – Menopause merupakan kondisi transisi alami pada perempuan yang membuat siklus menstruasi selesai. Kondisi ini diketahui disebabkan oleh penurunan tingkat hormon pada tubuh. Biasanya, kondisi menopause terjadi pada rentang usia 45 sampai 55 tahun. Perlu diketahui bahwa saat peralihan memasuki masa menopause, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan. 

Salah satunya adalah timbulnya banyak gejala yang dapat membuat wanita merasa tidak nyaman. Selain itu, masa menopause juga diketahui membuat seorang wanita rentan terhadap risiko penyakit tertentu, seperti osteoporosis. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ketika mulai memasuki masa menopause.

Tips Menjaga Kesehatan saat Memasuki Masa Menopause

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan ketika memasuki masa menopause: 

1. Berhenti merokok

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah dengan berhenti merokok jika kamu adalah seorang perokok. Selain rokok, pastikan juga untuk menghentikan segala penggunaan produk tembakau lainnya. Sebab, selain berdampak negatif kepada kesehatan secara menyeluruh, merokok juga dapat meningkatkan keparahan gejala yang muncul saat menopause. Misalnya seperti hot flashes (sensasi panas di tubuh yang muncul secara tiba-tiba) dan kesulitan tidur. 

2. Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang

Tips selanjutnya yang perlu diterapkan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Maka, penting untuk senantiasa mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak, tinggi serat. Pastikan juga untuk mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum. Hal ini dapat membantu seseorang untuk menjaga berat badan yang sehat.

Selain itu, konsumsi makanan bergizi seimbang juga dapat mengurangi risiko masalah kesehatan yang lebih umum terjadi setelah menopause, seperti penyakit jantung. 

3. Memenuhi nutrisi yang diperlukan

Kamu juga perlu memenuhi berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Khususnya kalsium dan vitamin D. Sebab, seseorang yang memasuki dan sedang mengalami masa menopause, rentan akan sejumlah penyakit. 

Salah satu penyakit yang rentan menyerang seseorang di masa menopause adalah osteoporosis. Nah, kalsium dan vitamin D diketahui berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. 

4. Menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan baik 

Tips yang juga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ketika memasuki masa menopause adalah menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan baik. Pasalnya, mulut yang kurang higienis, seperti gusi kotor dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang rentan pada orang menopause. 

Selain itu, gigi yang kotor dan kurang sehat dapat dengan mudah tanggal, di mana kondisi ini dapat menjadi indikasi akan adanya osteoporosis. Karena itu, penting untuk mempraktikan kebersihan mulut dan gigi dengan baik. Pastikan untuk menyikat gigi setiap hari, melakukan pemeriksaan gigi rutin, dan melakukan pembersihan gigi secara profesional (pada dokter) dua kali setahun. 

5. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Selama menopause, vagina yang kering sering menjadi masalah yang mungkin disebabkan oleh penurunan kadar estrogen. Karena itu, pastikan untuk minum 8-12 gelas (2-3 liter) setiap harinya untuk meredakan gejalanya. Selain itu, minum air putih dalam jumlah yang tepat juga dapat mengurangi kembung akibat perubahan hormonal. 

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat memasuki masa menopause. Mulai dari berhenti merokok (jika kamu seorang perokok), mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, hingga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. 

Selain beberapa tips tersebut, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin. Sebab, menopause dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya seperti osteoporosis.  

Jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisi kesehatan, kamu bisa membuat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
North American Menopause Society. Diakses pada 2022. Staying Healthy at Menopause and Beyond. 
National Institute of Aging. Diakses pada 2022. Menopause: Tips for a Healthy Transition. 
Lancaster General Health. Diakses pada 2022. One More Reason Not to Smoke: Early Menopause. 
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Natural Remedies for Menopause Relief.