• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Bahan Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Bahan Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa Dicoba

Ini 6 Bahan Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 November 2022

“Ada beberapa bahan skincare untuk kering yang direkomendasikan untuk dicoba. Salah satunya adalah hyaluronic acid asam hialuronat yang berfungsi untuk menahan air agar jaringan kulit tetap terlumasi dan lembab.”

Ini 6 Bahan Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa DicobaIni 6 Bahan Skincare untuk Kulit Kering yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya merupakan dambaan bagi hampir setiap orang. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan kulit terhidrasi dengan baik melalui penggunaan produk perawatan kulit atau skincare yang tepat.

Hati-hati, salah dalam memilih produk atau bahan skincare dapat membuat kulit menjadi rusak. Apalagi jika kamu memiliki kulit kering yang cenderung sensitif dan mudah iritasi. Karena itu, agar tidak salah pilih, ketahuilah beberapa bahan skincare untuk kulit kering yang dapat dicoba. Penasaran apa saja? 

Bahan Skincare untuk Kulit Kering 

Berikut adalah beberapa bahan skincare untuk kering yang direkomendasikan untuk dicoba: 

1. Hyaluronic acid

Langkah pertama penggunaan skincare untuk kulit kerang adalah memilih pembersih yang tepat dan menghidrasi. Sebab, mereka yang memiliki kulit kering membutuhkan pembersih yang dapat menghilangkan kotoran dan minyak tanpa menyebabkan gangguan pada lapisan kulit luar.

Bahan yang baik untuk dicari adalah hyaluronic acid asam hialuronat. Perlu diketahui bahwa asam hialuronat atau hyaluronan, adalah zat bening dan lengket yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Jumlah terbesar ditemukan di kulit, jaringan ikat, dan mata. Fungsi utamanya adalah menahan air agar jaringan kulit tetap terlumasi dan lembab.

2. Glycerin 

Kandungan skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah glycerin atau gliserin. Gliserin sendiri merupakan senyawa humektan, sehingga senyawa ini akan menarik air ke dirinya sendiri. Menempatkan skincare berbahan gliserin di kulit tentunya dapat membantu menarik air ke kulit. 

Meskipun bahan humektan lainnya mungkin lebih lazim belakangan ini, gliserin masih merupakan salah satu bahan penghidrasi paling umum yang ditemukan pada label bahan skincare. Karena itu, tidak ada salahnya menggunakan skincare yang mengandung gliserin. 

3. Glycolic acid

Kandungan skincare untuk kulit kering yang kedua adalah asam glikolat atau glycolic acid. Perlu diketahui bahwa senyawa ini tidak hanya membantu membersihkan pori-pori dan menghaluskan kerutan halus. Namun, asam glikolat juga dapat membantu melembabkan kulit. Menariknya lagi, krim dan losion dengan bahan ini sering digunakan untuk membantu mengatasi eksim. Sementara itu, pembersih yang menggunakan bahan ini dapat membantu menghilangkan komedo.

4. Aloe vera 

Gel lidah buaya atau aloe vera memang mudah menyerap, membuatnya ideal digunakan untuk kulit berminyak. Namun, aloe vera juga diketahui dapat membantu merawat kulit yang kering. Karena itu, pertimbangkan untuk mengganti pelembap biasa dengan pelembap berbahan lidah buaya setelah mandi. Hal ini bertujuan untuk membantu menyegel dan menjaga kelembapan pada kulit.

5. Lactic Acid

Asam laktat atau lactic acid merupakan senyawa yang diproduksi tubuh secara alami pada sel otot dan sel darah merah. Selayaknya asam glikolat, skincare dengan bahan ini diketahui dapat membantu eksfoliasi atau pengelupasan sementara. Sementara penggunaan lainnya dapat bermanfaat untuk membantu melembapkan kulit. 

6. Teh hijau

Selain digunakan untuk minuman dan makanan, nyatanya teh hijau juga kerap dipergunakan sebagai bahan skincare. Nah, bahan yang satu ini diketahui cocok dipergunakan untuk kulit kering. Sebab, teh hijau memiliki kadar antioksidan yang tinggi yang dapat membantu meremajakan kulit dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, teh hijau juga membantu meringankan peradangan dan melindungi kulit dari radikal bebas, yang dapat memperparah kulit kering.

Itulah beberapa kandungan bahan skincare untuk kulit kering yang dapat dicoba. Namun, jika kulit kering tak kunjung membaik setelah mencoba skincare dengan kandungan tersebut, segeralah periksakan kondisi kulit. Sebab, bisa jadi kondisi kulit kering yang dialami, merupakan indikasi akan masalah kesehatan tertentu. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji medis untuk memeriksakan kondisi kulit. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. The Ultimate Skin Care Routine for Dry Skin. 
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Surprising Benefits of Hyaluronic Acid.