• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Buah yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Ini 6 Buah yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 6 Buah yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu betapa pentingnya peran jantung dalam tubuh? Jantung bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan seluruh organ-organ tubuh. Jantung terus memompa darah dan mengalirkan lebih dari 14.000 liter darah per hari. Nah, tidak main-main bukan perannya?

Oleh sebab itu, kesehatan jantung harus senantiasa dijaga agar organ ini dapat berfungsi dengan baik dan efektif. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung? Selain melalui olahraga yang rutin, jantung yang sehat bisa didapat melalui asupan buah yang menyehatkan jantung.

Penasaran, apa saja buah yang dapat menyehatkan jantung? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: Pembesaran Jantung Bisa Menyerang Siapa Saja, Ini Penyebabnya

1.Anggur dan Manggis

Anggur dan manggis adalah buah yang kaya antioksidan dan mampu menyehatkan jantung. Anggur mengandung antioksidan bernama polifenol dan resveratrol. Kedua zat ini bertindak sebagai antioksidan dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. 

Lain anggur, lain pula manggis. Menurut beberapa penelitian, kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang telah di ekstrak mengandung zat xanthones.

Zat ini mengandung antioksidan super yang membantu untuk mengobati penyakit jantung. Xanthones diduga mampu mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah. 

2.Alpukat

Buah yang dapat menyehatkan jantung lainnya adalah alpukat. Buah ini kaya lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh tunggal ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Waspada, tingginya kadar LDL di dalam tubuh bisa memicu berbagai masalah pada jantung, lho. 

Alpukat juga banyak mengandung kalium, nutrisi penting yang dibutuhkan jantung. Menurut beberapa penelitian, 4,7 gram kalium per hari bisa menurunkan tekan darah dan meminimalkan risiko terserang stroke

3.Buah Berry

Berbagai jenis buah-buahan berry, seperti stroberi, blueberry, atau raspberry, memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung. Buah berries kaya akan antioksidan bernama anthocyanin yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Hati-hati, kedua kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Kenali Kondisi Jantung dan Serangannya yang Perlu Diwaspadai

4.Mengkudu

Selain tiga hal di atas, mengkudu merupakan buah dapat yang menyehatkan yang juga bisa kamu konsumsi. Mengkudu diduga bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Makanya, mengkudu sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi. 

Buah ini juga mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Menariknya lagi, mengkudu juga kaya antioksidan. Nah, antioksidan ini membantu memperlebar saluran pembuluh darah yang menyempit. Dengan kata lain, jantung pun tak mesti bekerja ekstra untuk memompa darah. 

5.Aprikot

Aprikot juga masuk ke dalam buah yang dapat menyehatkan jantung. Buah ini banyak mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta kaya kalium, serat, dan karotenoid. Singkat kata, semua nutrisi tersebut berkontribusi meningkatkan fungsi jantung

Contohnya vitamin C, vitamin ini bisa melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan kalium bisa menurunkan tekanan darah dengan “melemaskan” arteri dan pembuluh darah. 

Baca juga: Hindari Kebiasaan Ini Demi Jantung Sehat

6.Pisang

Selain lima buah di atas, pisang adalah buah yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan jantung yang sehat. Buah ini banyak mengandung kalium yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Nah, hal ini yang menurunkan risiko hipertensi yang memicu penyakit jantung. 

Mau tahu lebih jauh mengenai buah yang dapat menyehatkan jantung? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods