Ini 6 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 6 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Halodoc, Jakarta – Menyebabkan rasa gatal dan sensasi panas di kepala, keberadaan kutu rambut tentu sangat mengganggu. Tak hanya anak kecil, orang dewasa juga dapat tertular kutu rambut, jika sering melakukan kontak langsung dengan orang yang memiliki kutu rambut.

Nah, bagi kamu yang resah dengan keberadaan si kutu rambut, berikut ini beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kutu rambut:

1. Garam

Telah lama dikenal sebagai antiseptik alami, garam dapat membunuh kutu dewasa dan bayi-bayinya. Caranya, campur garam dalam cuka, larutkan lalu tuang ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke seluruh kulit kepala dan rambut, tutup kepala dengan shower cap, dan biarkan sekitar 1 atau 2 jam. Selanjutnya, bilaslah rambut hingga benar-benar bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. 

Baca juga: Ini 3 Alasan Kutu Rambut Menular

2. Bawang Putih

Aroma bawang putih yang menyengat akan membuat kutu rambut pingsan, bahkan mati. Selain itu, bawang putih juga mengandung bahan antibakteri yang dapat menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari risiko infeksi bakteri pada kulit kepala. Sebagai penghilang kutu rambut, kamu perlu menghaluskan bawang putih hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala.

Perlu diketahui bahwa bawang putih dapat menimbulkan sensasi panas pada kulit. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif mungkin sebaiknya tidak memilih cara ini untuk menghilangkan kutu rambut atau diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Cukup download aplikasinya, diskusi dengan dokter bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja, lewat Chat atau Voice/Video Call.

3. Tea Tree Oil

Dikenal ampuh dalam membasmi jerawat, tea tree oil juga ternyata bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut, lho. Cukup aplikasikan tea tree oil pada kulit kepala dan rambut secara merata atau bisa juga dengan menggunakan shampo yang mengandung tea tree oil. Selain kutu rambut, tea tree oil juga bisa menjadi pestisida alami untuk menghilangkan berbagai jenis kutu lainnya.

Baca juga: Penyebab Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

4. Minyak Zaitun

Selain membasmi kutu dewasa, minyak zaitun juga dapat membantu hilangkan telur-telur kutu yang menempel di rambut, lho. Oleskan minyak zaitun secara menyeluruh ke seluruh kulit kepala dan rambut, tutup kepala dengan shower cap dan biarkan semalaman. Pagi harinya, cucilah rambut hingga bersih, sambil disisir-sisir untuk menghilangkan telur-telur yang menempel di rambut. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menghilangkan kutu rambut secara tuntas.

5. Minyak kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa membasmi kutu dan telur-telurnya pada rambut dengan mudah. Caranya, hangatkan minyak dan oleskan secara hati-hati pada kulit kepala. Lakukan pijatan selama beberapa menit dan tutup kepala dengan menggunakan shower cap. Setelah dibiarkan selama 2 jam, sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu yang telah mati dan telur-telurnya yang menempel di rambut.

Setelah itu, keramaslah dengan sampo seperti biasa. Kemudian setelah rambut kering, oleskanlah minyak kelapa hangat lagi, tutup dengan shower cap baru dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya, sisirlah rambut untuk menghilangkan semua kutu dan telur sebelum membilas rambut. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 kali seminggu.

Baca juga: Anak Alami Kutu Rambut, Ini Cara Mengatasinya

6. Baking Soda

Tak hanya membasmi kutu, baking soda juga dapat membantu meredakan gatal pada kulit kepala karena kutu. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurnya dengan kondisioner, lalu oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata. Campuran bahan ini dapat membuat kutu rambut mati dengan cara menyempitkan sistem pernapasan mereka. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan kutu rambut seluruhnya.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Home remedies for lice: Effectiveness and prevention.
Healthline. Diakses pada 2019. Home Remedies for Head Lice: What Works?