• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Cepat Hamil yang Patut Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Cepat Hamil yang Patut Dicoba

Ini 6 Cara Cepat Hamil yang Patut Dicoba

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Juni 2022

“Cara cepat hamil tidak hanya sekadar sering berhubungan intim saja, tapi ada banyak hal lainnya yang perlu dilakukan. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat sampai melakukan tes kesuburan, semuanya bisa membantu pasangan agar cepat hamil.”

Ini 6 Cara Cepat Hamil yang Patut Dicoba

Halodoc, Jakarta – Setelah menikah, banyak pasangan yang ingin langsung memiliki momongan. Berbagai cara pun dilakukan bersama pasangan agar bisa cepat hamil. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar bisa hamil dengan cepat, daripada sekadar memperbanyak frekuensi berhubungan intim?

Persiapan kehamilan juga meliputi menjaga kondisi tubuh agar bisa menjadi lingkungan yang sempurna, sehingga ketika sperma bertemu sel telur, embrio bisa berkembang menjadi bayi yang sehat. Meskipun tidak ada jaminan, tapi ada beberapa cara cepat hamil yang bisa kamu coba lakukan.

Cara Cepat Hamil Bagi Wanita dan Pria

Berikut beberapa cara yang bisa meningkatkan peluang kehamilan:

1. Mulailah dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Salah satu langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk hamil dengan cepat adalah menjaga kesehatan tubuh. Pasalanya, kehamilan dan persalinan akan memberi sejumlah perubahan dan tantangan besar pada tubuh ibu. Jadi pastikan ibu memulai kehamilan dalam kondisi prima dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Pertama, jadwalkan pemeriksaan pra konsepsi dengan dokter kandungan pilihan. Dokter kandungan bisa merekomendasikan perubahan gaya hidup yang diperlukan sebagai cara cepat hamil. Jangan lupa bicarakan juga pada dokter tentang kondisi kesehatan yang ibu miliki sebelumnya dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi. 

Beberapa gaya hidup sehat yang menjadi cara cepat hamil, antara lain:

  • Berolahraga secara rutin. Hal ini bisa membantu ibu menjaga berat badan sehat dan membangun stamina yang kuat.
  • Usahakan untuk mendapatkan berat badan sehat. Cara ini bisa meningkatkan peluang ibu untuk cepat hamil dan mengurangi risiko komplikasi tertentu. Tidak hanya wanita, pria juga perlu mencapai berat badan sehat untuk produksi sperma yang berkualitas.
  • Mulai minum vitamin prenatal. Di antara nutrisi penting yang ada, asam folat merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan ibu untuk meningkatkan ovulasi, mendorong pembuahan, dan mendukung kelangsungan hidup embrio dini.
  • Jangan merokok. Kebiasaan buruk ini bisa memengaruhi peluang pasangan untuk hamil dengan cepat. Wanita yang merokok memiliki kadar estrogen yang jauh lebih rendah yang bisa menurunkan kemungkinan ovulasi dalam siklus menstruasi tertentu. Sedangkan pada pria, merokok bisa menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.
  • Perhatikan asupan kafein. Ibu tidak perlu berhenti mengonsumsi kafein sama sekali, tapi sebaiknya batasi hanya sebanyak 1-2 cangkir sehari.
  • Kurangi alkohol. Begitu juga dengan minum alkohol, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Pasalnya, konsumsi alkohol bisa menurunkan peluang kehamilan hingga 50 persen.
  • Konsumsi makanan sehat. Mulailah perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Makanan sehat membantu meningkatkan kadar progesteron (hormon kunci dalam menjaga kehamilan), mendukung ovulas dan mendorong implementasi dini. Ketiga faktor tersebut penting agar cepat hamil.
  • Kontrol ke dokter gigi. Penyakit gusi sudah dikaitkan dengan berat badan kurang dan kelahiran bayi prematur.
  • Kurangi stres. Banyak penelitian sudah mengaitkan hubungan antara stres dan infertilitas. Jadi, carilah cara yang ampuh untuk mengatasi stres ibu.
  • Hindari celana ketat. Ganti celana dalam ketat suami dengan boxer yang longgar. Pakaian dan celana ketat bisa berdampak negatif pada jumlah dan kualitas sperma pria.
  • Hindari berendam di air panas. Beritahu suami untuk tidak berendam dalam air panas. Pasalnya, air panas benar-benar bisa memberi efek negatif pada jumlah sperma pria.

2. Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi 

Cara cepat hamil tentu saja adalah dengan menghentikan penggunaan alat kontrasepsi ibu. Namun, tergantung pada jenis alat kontrasepsi yang ibu gunakan, kesuburan tidak serta merta akan langsung kembali. Apalagi bagi ibu yang menggunakan kontrasepsi hormonal untuk waktu yang lama.

3. Ketahui Masa Subur

Berhubungan intim pada masa subur merupakan cara cepat hamil yang efektif. Untuk mengetahui masa subur, ibu perlu tahu dulu waktu ovulasi ibu. Bila siklus menstruasi ibu teratur, yaitu selama 28 hari, maka ovulasi terjadi sekitar dua minggu sebelum datangnya menstruasi. 

Namun, siklus tiap wanita bisa berbeda-beda. Tergantung pada berapa lama siklus menstruasi ibu, ovulasi sebenarnya bisa terjadi antara 11-21 hari setelah hari pertama menstruasi terakhir ibu. Bila ibu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, coba tanyakan pada dokter mengenai cara mengetahui masa ovulasi yang tepat.

4. Berhubungan Intim di Waktu yang Tepat

Sering berhubungan intim memang menjadi cara cepat hamil yang efektif, tapi jangan terlalu sering juga. Agar cepat hamil para ahli menyarankan untuk berhubungan seks sekali sehari, setiap hari, selama masa subur tepat sebelum dan sesudah ovulasi. 

Jika ibu dan suami berhubungan seks terlalu sering, jumlah sperma suami mungkin akan berkurang. Sebaliknya bila ibu dan pasangan tidak cukup berhubungan seks, sperma mungkin sudah tua dan tidak bisa berenang lebih cepat.

5. Cek HSG (Hysterosalpingogram)

HSG atau hysterosalpingogram merupakan tes X-Ray untuk mengetahui apakah ada penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Bila ada penyumbatan, maka pengobatan yang dilakukan segera akan menjadi cara cepat hamil.

6.  Cek sperma

Pengecekan sperma sangat penting karena 40 persen masalah ketidaksuburan disebabkan oleh pria. Jadi pastikan kualitas sperma dalam kondisi baik, sehingga dapat membuahi sel telur sehingga dapat terjadi kehamilan. Kriteria sperma yang baik adalah sperma dengan jumlah yang cukup yaitu 39 juta per ejakulasi (minimal 15 juta per milliliter).

Itulah cara cepat hamil yang bisa ibu dan pasangan coba. Untuk cek obat dan vitamin yang ibu butuhkan untuk kehamilan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, ibu cukup order saja lewat aplikasi dan pesanan ibu akan diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
The Bump. Diakses pada 2022. How to Get Pregnant Fast.
WebMD. Diakses pada 2022. What Tests Check for Blocked Fallopian Tubes?.
Healthline. Diakses pada 2022. Semen Analysis and Test Results