• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Melatih Kucing Peliharaan Menjadi Penurut

Ini 6 Cara Melatih Kucing Peliharaan Menjadi Penurut

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 6 Cara Melatih Kucing Peliharaan Menjadi Penurut

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menganggap bahwa kucing tidak sepintar dan sepenurut anjing. Kucing dinilai sebagai hewan peliharaan yang manja dan cuek. Padahal, kucing bisa menjadi penurut asal dilatih dengan cara yang tepat. Terpenting adalah pemilik kucing harus sabar dan konsisten saat melatihnya. 

Sebenarnya, melatih kucing menjadi penurut tidak sesulit yang dibayangkan. Kuncinya adalah kamu mengetahui tipsnya, sabar, dan konsisten dalam menerapkan tips. Lantas, apa saja cara yang dapat dilakukan untuk melatih kucing peliharaan menjadi penurut?

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

  • Gunakan Suara dan Bunyi-bunyian

Kamu dapat menggunakan suara atau bunyi-bunyian yang menarik kucing saat melihat kucing sedang aktif atau nakal. Misalnya, saat kucing sedang menggigit dan mencakar perabotan rumah, gunakan suara seperti tepukan tangan atau suara mendesis supaya kucing terkejut dan berhenti melakukan kegiatan yang tidak seharusnya

Dengan begitu, kucing akan mengerti dari konsekuensi tindakannya dan tidak melakukannya lagi. Ulangi perintah atau suara yang sama berulang kali.

  • Melatih Perilaku

Apabila kucing melakukan tindakan yang tidak kamu suka, sebaiknya latih kucing untuk menghindari tindakan tersebut. Misalnya, ketika kucing menggaruk perabotan rumah hingga rusak. Hal pertama yang harus kamu lakukan, yaitu mencari alasan mengapa kucing melakukan perilaku tersebut. 

Perlu diketahui bahwa menggaruk adalah sifat alami kucing yang tidak bisa dihilangkan. Saat tidak ada benda yang bisa digaruk, maka kucing akan menggaruk apa saja yang terlihat, termasuk furnitur rumah.

Cara untuk mengantisipasinya, kamu dapat menyediakan tiang khusus untuk digaruk kucing. Meskipun kucing nakal atau bandel, hindari menghukum kucing dengan membentak atau memukulnya, karena ini dapat menakuti kucing hingga membuatnya stres. 

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

  • Melatih Kucing Menggunakan Bak Pasir

Melatih kucing menggunakan bak pasir tidak akan sulit. Pada dasarnya kucing adalah hewan bersih, dan memiliki kecenderungan untuk mengubur kotorannya di suatu tempat. 

Siapkan satu bak berisi pasir kucing di tempat yang tenang dan aman. Letakkan kucing di dalam bak agar mereka kenal dengan tempat buang kotoran yang baru.

Jika melihat kucing buang kotoran sembarangan, letakkan kotoran tersebut di bak pasir sehingga ia akan mengingat baunya dan akan membuat kotoran di sana selanjutnya. Segera bersihkan bak pasir dari kotoran, karena kucing tidak suka buang kotoran di tempat yang kotor. 

  • Jadwalkan Waktu Latihan Sependek Mungkin

Buat sesi latihan dengan waktu singkat tapi teratur dan konsisten, karena kucing memiliki rentang perhatian yang pendek dan cepat bosan. Cukup fokus pada satu perintah di satu waktu, baru lanjutkan ke latihan berikutnya ketika kucing sudah mulai pandai dan patuh pada perintah pertama. Sebaiknya, sesi latihan tidak lebih dari 15 menit supaya kucing pun tidak lelah dan bosan. 

  • Beri Makanan yang Bergizi dan Disukai Kucing

Kucing peliharaan memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dengan kucing liar. Untuk itu kucing peliharaan perlu diberikan makanan yang tepat dan gizi yang tepat sesuai dengan tahap pertumbuhannya. 

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

  • Tetap Berikan Belaian

Kucing sangat suka di belai, terutama pada bagian leher, dagu, dan kepala. Mengelus kucing meningkatkan kedekatan secara emosional antara kamu dan kucing. Tanda kucing merasa nyaman, yaitu ketika kucing memejamkan mata saat dielus. 

Sebagai pemilik kucing, kamu juga harus mengetahui apakah mood kucing sedang baik untuk dilatih atau tidak. Mood yang baik akan menentukan “prestasi”. Kamu juga bisa berdiskusi lebih banyak mengenai cara melatih kucing peliharaan menjadi penurut pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc agar masalah tentang hewan peliharaan segera tertangani. 

Referensi:

Hill’s Pet. Diakses pada 2020. Techniques for Obedience Training Your Kitten
Purina. Diakses pada 2020. How to Handle Territorial Aggression in Cats