• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Simpel untuk Mengatasi Rambut Kering
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Cara Simpel untuk Mengatasi Rambut Kering

Ini 6 Cara Simpel untuk Mengatasi Rambut Kering

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Juni 2022

“Penting untuk mengetahui cara mengatasi rambut kering. Terutama jika kondisi ini terjadi dalam waktu lama dan mulai merusak rambut. “

Ini 6 Cara Simpel untuk Mengatasi Rambut Kering

Halodoc, Jakarta – Rambut kering bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Tidak hanya susah diatur, rambut yang terlalu kering juga rentan mengalami rusak dan bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut kering, serta menjaga kesehatannya. 

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah apa yang menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Umumnya, kondisi ini bisa terjadi karena penggunaan produk sampo yang tidak cocok. Penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut, misalnya cat rambut, juga bisa meningkatkan risiko rambut kering. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut kering yang bisa dilakukan? 

Beragam Cara Mengatasi Rambut Kering 

Secara umum, rambut kering disebabkan oleh kurangnya produksi minyak di kulit kepala. Minyak berperan untuk melembapkan rambut, sehingga produksi yang sedikit bisa memicu rambut kering.

Rambut kering juga bisa disebabkan oleh terlalu sering mencuci rambut dengan sampo, sering terpapar sinar matahari, serta terbiasa melakukan styling pada rambut. 

Setelah mengetahui penyebabnya, penting juga untuk mengetahui cara mengatasi rambut kering. Berikut beberapa di antaranya: 

Cuci Rambut Seperlunya 

Terlalu sering mencuci rambut bisa menjadi penyebab rambut kering. Maka dari itu, cuci rambut seperlunya saja dan jangan terlalu lama.

Pilih Sampo yang Tepat 

Memilih sampo yang tepat bisa membantu menghindari rambut kering semakin parah. Kamu juga bisa menggunakan sampo khusus rambut kering untuk membantu mengatasi kondisi ini. Lengkapi juga dengan mengoleskan kondisioner pada helai rambut untuk menjaga kelembapannya. 

Manfaatkan Minyak Alami 

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak alami, misalnya minyak kelapa dan minyak zaitun. Selain melembapkan, minyak alami juga bisa melembutkan dan membuat rambut lebih kuat serta menghindari kerusakan. Lengkapi juga dengan vitamin khusus rambut.  

Batasi Styling Rambut 

Styling rambut, seperti meluruskan atau mewarnai rambut sering dilakukan untuk menunjang penampilan. Namun, sebaiknya hal ini dibatasi jika tidak ingin merusak rambut lebih jauh. 

Lindungi Rambut 

Saat harus beraktivitas di bawah sinar matahari, pastikan untuk memberi perlindungan yang cukup bagi rambut, misalnya dengan mengenakan topi. Paparan sinar matahari dikhawatirkan bisa merusak rambut dan membuatnya menjadi lebih kering. 

Makan Makanan Sehat 

Selain dari luar, cara mengatasi rambut kering juga harus dilakukan dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan lembap, konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega-3, misalnya ikan salmon. Selain itu, perbanyak juga konsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan rambut dan tubuh secara menyeluruh. 

Jika rambut kering dan rusak terjadi dalam waktu lama, bisa jadi itu merupakan tanda dari gangguan medis tertentu. Segera cari tahu penyebabnya untuk menghindari komplikasi. Buat janji medis di aplikasi Halodoc sebelum melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Home Remedies for Dry Hair. 
AK Clinics. Diakses pada 2022. Tips to Fight Dry and Frizzy Hair this Winter.