• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Efek Kebanyakan Tidur bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Efek Kebanyakan Tidur bagi Kesehatan Tubuh

Ini 6 Efek Kebanyakan Tidur bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Oktober 2022

“Sebaiknya hindari kebanyakan tidur. Pasalnya, ada berbagai efek kebanyakan tidur pada kesehatan, seperti sakit kepala hingga kematian.”

Ini 6 Efek Kebanyakan Tidur bagi Kesehatan TubuhIni 6 Efek Kebanyakan Tidur bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Terpenuhinya kebutuhan tidur setiap hari dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan secara optimal. Umumnya, orang dewasa membutuhkan tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Waktu ini perlu dipenuhi dengan baik, tetapi pastikan tidak berlebihan.

Tidur secara berlebihan dikenal juga sebagai oversleeping. Ada berbagai penyebab seseorang mengalami oversleeping, mulai dari sleep apnea, gangguan saraf, hingga depresi. Selain dapat menyebabkan kelelahan, kebanyakan tidur juga menyebabkan berbagai dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Dampak Kebanyakan Tidur

Mengelola waktu tidur setiap malamnya merupakan hal yang perlu dilakukan. Lalu, berapa lama waktu tidur yang perlu dilakukan setiap malam? Hal ini sebenarnya akan disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan, hingga kualitas tidur seseorang. Namun, umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam.

Sebaiknya hindari memiliki kebiasaan tidur terlalu lama. Kebanyakan tidur atau dikenal juga dengan istilah oversleeping,  yang akan membuat kamu merasa terus menerus mengantuk dan memiliki keinginan untuk tidur. Dalam bahasa medis, kondisi ini dikenal juga sebagai hipersomnia.

Lalu, apa saja yang akan dirasakan oleh seseorang yang mengalami kebanyakan tidur? Berikut ini efek kebanyakan tidur yang perlu diketahui:

  1. Diabetes

Seseorang yang sering mengalami kebanyakan tidur dapat berisiko lebih besar mengalami penyakit diabetes. Untuk itu, pastikan kamu menjalankan pola tidur yang baik setiap harinya.

  1. Obesitas

Tidur berlebihan dapat meningkatkan risiko mengalami obesitas. Terlalu banyak tidur membuat kamu menjadi lebih sedikit melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

  1. Sakit Kepala

Tidur terlalu banyak juga berisiko menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

  1. Nyeri Punggung

Terlalu banyak waktu yang digunakan untuk tidur membuat kamu mengurangi aktivitas fisik. Hal ini berkaitan langsung dengan nyeri punggung yang kamu alami. Sebaiknya lakukan gerakan-gerakan ringan setiap hari untuk menghindari nyeri punggung.

  1. Depresi

Bukan hanya kekurangan tidur, seseorang yang mengalami kelebihan tidur juga berisiko mengalami depresi. Bahkan, jika sebelumnya kamu memiliki riwayat depresi, kondisi ini akan semakin memburuk ketika kamu tidur berlebihan.

  1. Kematian

Dampak yang paling berbahaya dari kelebihan tidur adalah kematian. Tidur yang terlalu pendek atau terlalu panjang ternyata terkait langsung dengan gangguan jantung. Seseorang yang memiliki kebiasaan tidur terlalu panjang berisiko lebih besar mengalami serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Cegah Kebanyakan Tidur

Untuk menghindari efek kebanyak tidur, tidak ada salahnya kamu melakukan beberapa tips yang bisa kamu terapkan setiap harinya, yaitu:

  • Atur Jadwal Tidur Setiap Hari

Buatlah jadwal tidur setiap hari. Pastikan kamu mengikuti jadwal yang kamu buat secara konsisten agar kamu memiliki waktu tidur yang tepat setiap harinya.

  • Buatlah Suasana Tidur yang Menyenangkan

Jangan lupa untuk memastikan suasana tidur yang menyenangkan. Bersihkan kamar setiap hari agar tempat tidur untuk istirahat bersih dan terhindar dari gangguan, seperti tungau atau debu.

Sesuaikan kondisi pencahayaan dengan suasana yang kamu sukai. Kamu juga perlu memastikan suhu ruangan nyaman dan sejuk. Gunakan pakaian yang nyaman agar tidur kamu semakin berkualitas.

  • Hindari Gadget

Beberapa jam sebelum tidur, sebaiknya hindari menggunakan gadget, seperti telepon genggam atau komputer. Kedua gadget tersebut memiliki blue light yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pola tidur yang kamu buat bisa berjalan dengan baik. Jika gangguan tidur yang kamu alami semakin memburuk, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit.

Kamu bisa buat janji pemeriksaan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Physical Side Effects of Oversleeping.
Healthline. Diakses pada 2022. What You Should Know About Oversleeping, Plus 5 Tips for Better Sleep.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Are You Sleeping Too Much? Here’s How to Tell (and Why It Can Be Risky).