• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Enzim yang Penting untuk Metabolisme Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Enzim yang Penting untuk Metabolisme Tubuh

Ini 6 Enzim yang Penting untuk Metabolisme Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna pada saluran pencernaan dengan bantuan berbagai macam enzim. Ini termasuk enzim amilase, protease, lipase, maltase, laktase, dan sukrase.”

Ini 6 Enzim yang Penting untuk Metabolisme TubuhIni 6 Enzim yang Penting untuk Metabolisme Tubuh

Halodoc, Jakarta – Secara alami, sistem pencernaan membuat enzim pencernaan untuk memudahkan proses metabolisme tubuh. Enzim ini memiliki tugas penting untuk memecah elemen makanan, misalnya protein, lemak, dan karbohidrat. 

Proses ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi, sehingga bisa disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Selanjutnya, nutrisi tersebut bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh semua sel dan jaringan tubuh. 

Enzim yang Penting untuk Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah suatu proses yang terjadi dalam tubuh, ketika semua nutrisi dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi diubah menjadi energi. Metabolisme sendiri menjadi proses yang penting pada tubuh. Sebab, tubuh memerlukan energi supaya tetap dapat berfungsi dengan baik. 

Adapun enzim yang memiliki peran penting terhadap metabolisme tubuh, yaitu: 

  1. Amilase

Enzim amilase dibuat oleh organ usus halus, pankreas, dan kelenjar air liur. Tugasnya memecah karbohidrat atau pati menjadi glukosa atau gula. Ketika kamu mengunyah makanan yang mengandung karbohidrat, kelenjar air liur yang berada di bagian dalam mulut akan memproduksi enzim amilase. 

Setelah berhasil tertelan, makanan selanjutnya akan dicerna di bagian usus halus dengan bantuan enzim amilase yang dibuat oleh organ pankreas. Enzim ini akan memecah molekul karbohidrat menjadi gula di dalam usus. Nantinya, gula akan diserap dalam peredaran darah melalui usus halus.

  1. Protease

Enzim lain yang berperan dalam metabolisme adalah protease. Tugasnya memecah protein yang terdapat dalam makanan dalam bentuk asam amino. Enzim ini dibuat pada usus halus, pankreas, dan lambung. Jenisnya beragam, yaitu tripsin, pepsin yang menjadi enzim pencernaan paling utama pada organ lambung, dan enzim kimotripsin. 

  1. Lipase

Tugas utama enzim lipase adalah memecah kandungan lemak dalam makanan dalam bentuk asam lemak dan gliserol, senyawa gula dengan kandungan alkohol. Lambung dan pankreas menjadi organ tubuh yang memiliki peran penting dalam produksi enzim ini. 

Selain itu, enzim lipase juga didapat pada ASI. Fungsinya untuk memudahkan tubuh bayi dalam mencerna molekul lemak ketika menyusu pada ibu. 

  1. Maltase

Selanjutnya, ada enzim maltase yang dibuat dalam usus halus. Fungsi enzim ini adalah penghancur maltoa. Senyawa gula jenis ini banyak dijumpai pada tumbuhan, termasuk ubi, gandum, dan biji-bijian. 

  1. Laktase

Kelangsungan proses metabolisme juga tidak lepas dari peran enzim laktase. Enzim ini berperan untuk memecah gula jenis laktosa yang banyak terdapat dalam susu dan berbagai produk olahannya. Seseorang dengan kondisi intoleransi laktosa kerap dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan enzim ini ketika sedang mengonsumsi susu. 

  1. Sukrase

Terakhir adalah enzim sukrase yang dibuat oleh organ usus halus. Enzim ini berperan untuk memecah sukrosa dalam bentuk gula yang lebih sederhana, seperti glukosa dan fruktosa. Sukrosa sendiri menjadi jenis gula yang banyak didapat dari tanaman, termasuk bit gula, sorgum, dan tebu. Selain itu, gula sukrosa juga terdapat pada madu dalam jumlah yang sedikit. 

Masalah yang terjadi pada organ di saluran pencernaan tentu membuat kerja enzim jadi tidak optimal, sehingga dapat berujung pada gangguan metabolisme. 

Jadi, apabila kamu mengalami gejala tidak biasa pada saluran pencernaan, seperti sakit perut kronis, segera tanyakan penanganannya pada dokter. Tanya jawab dengan dokter lebih mudah menggunakan aplikasi Halodoc. Download Halodoc sekarang ya, gratis lewat App Store atau Play Store!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Understanding Digestive Enzymes: Why Are They Important?
Verywell Health. Diakses pada 2022. Types and Functions of Digestive Enzymes.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Enzymes: How they work and what they do.