• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Fakta Tentang Jerawat yang Penting Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Fakta Tentang Jerawat yang Penting Diketahui

Ini 6 Fakta Tentang Jerawat yang Penting Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Mei 2022

“Banyak mitos yang beredar mengenai cara mengatasi jerawat, padahal masalah kulit tersebut perlu ditangani secara tepat. Karena itu, penting untuk mengetahui fakta jerawat agar tidak salah mengobatinya.”

Ini 6 Fakta Tentang Jerawat yang Penting Diketahui

Halodoc, Jakarta – Jerawat merupakan masalah kulit yang umum yang dialami banyak orang, terutama pada masa remaja. Meski bukan masalah yang serius, jerawat juga tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Benjolan kecil yang bisa muncul dalam jumlah banyak di wajah tersebut bisa membuat penampilan kamu terganggu. Belum lagi bekas jerawat yang susah hilang dan meninggalkan warna kehitaman pada kulit. 

Sayangnya, masih banyak mitos mengenai cara mengatasi jerawat yang beredar di masyarakat. Padahal kalau tidak diatasi dengan cara yang benar, masalah kulit tersebut malah bisa bertambah parah. Jadi, penting untuk mengetahui fakta jerawat agar kamu bisa mengatasinya dengan tepat.

Fakta Tentang Jerawat

Jangan mudah percaya dengan berbagai mitos yang beredar di luar sana ya, ketahui dulu fakta jerawat berikut ini:

1.  Tidak Boleh Dipencet

Faktanya, mengeluarkan isi jerawat dengan cara dipencet memang ide bagus, tapi tindakan ini bisa menyebabkan peradangan. Akibatnya, kulit di sekitar jerawat pun bisa menimbulkan bekas berwarna gelap.

Nah, apabila kamu berniat menghilangkan jerawat dengan cara memencet untuk mengeluarkan isi jerawat, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan. Cara ini dapat menghindarkan kulit wajah dari peradangan, yaitu:

  • Sebelum memencet jerawat, gunakan alkohol untuk mensterilkan kulit di sekitarnya. Ini dilakukan agar kulit tidak terinfeksi bakteri.
  • Gunakan jarum yang sudah disterilkan dengan alkohol untuk menusuk jerawat dan mengeluarkan isi jerawat.
  • Hati-hati agar jarum yang digunakan untuk menusuk tidak masuk hingga ke dalam kulit. Oleh karena itu tusuk secara perlahan saja pada permukaan jerawat.
  • Untuk menghilangkan sisa jerawat, tekan sisa jerawat dan berhenti jika cairan bening sudah keluar.
  • Terakhir, oleskan obat penghilang bekas jerawat yang mengandung benzoil peroksida (benzoyl peroxide).

2.  Matahari Dapat Hilangkan Jerawat

Fakta jerawat memang benar memang bahwa matahari bisa membantu untuk menyamarkan bekas jerawat. Paparan sinar matahari membuat kulit wajah merah sehingga menyamarkan bebas jerawat. Namun, perlu diingat bahwa terbakar karena sinar matahari justru bisa merusak kulit, lo. Jika iritasi karena sinar matahari, efeknya justru dapat membuat jerawat makin parah.

Jadi, batasi waktu berjemur hingga 10-20 menit saja ya. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya atau pelembab bebas minyak dengan SPF bila ingin berjemur.

3.  Jerawat Hilang Dengan Sendirinya

Faktanya, jerawat yang muncul bisa bertahan bertahun-tahun bahkan seumur hidup apabila dibiarkan saja. Oleh karena itu masalah jerawat harus diatasi sesegera mungkin dengan cara yang tepat. 

Pengobatan jerawat tidak sebentar karena berbeda-beda setiap orang. Namun, jika jerawat muncul semakin parah maka tak ada salahnya untuk mengunjungi dokter kulit agar diberikan penanganan khusus.

4.  Cuci Muka Bisa Mengurangi Jerawat

Cuci muka memang bisa membantu menjaga kebersihan wajah dan mengontrol minyak pada kulit wajah, sehingga jerawat bisa cepat menghilang. Namun, pengelupasan kulit dan cuci muka yang terlalu berlebihan justru bisa memperburuk jerawat. Hal itu bisa mengiritasi dan membuat kulit wajah kamu kering, sehingga justru kulit kamu semakin berminyak. Pengobatan jerawat yang berlebihan juga bisa memberikan efek yang sama. Oleh karena itu, cuci muka cukup dua kali sehari saja, pagi dan malam. Setelah itu, gunakan obat jerawat dan pelembap.

5.  Jerawat Masalah Kulit Remaja

Fakta jerawat yang perlu kamu ketahui adalah jerawat bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya remaja yang memasuki usia pubertas atau yang hormonnya sedang tinggi, sebagian besar orang pasti pernah dan memiliki jerawat. Bahkan umumnya, orang berusia 20 hingga 52 tahun pun bisa terkena masalah kulit wajah yang satu ini.

6. Faktor Eksternal Juga Bisa Memperburuk Jerawat

Faktor keturunan, hormon, dan lingkungan bisa memicu munculnya jerawat. Selain itu, stres, pola makan, olahraga, dan cara kamu merawat kulit juga berperan dalam menentukan seberapa buruk jerawat yang muncul. Namun, ada juga faktor-faktor dari luar yang juga bisa memperburuk jerawat. Contohnya seperti smartphone yang kotor, matras yoga bekas, dan sarung bantal yang penuh dengan kotoran, bakteri dan minyak. 

Nah, bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara mengatasi jerawat, gunakan aplikasi Halodoc saja ya. Melalui Chat, Video Call dan Voice Call, kamu bisa tanya dokter spesialis kulit dan kelamin kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.

Referensi:
Good House Keeping. Diakses pada 2022. 8 Surprising Facts About Acne.
The Harley Street Dermatology Clinic. Diakses pada 2022. Interesting Facts About Acne That You May Not Have Known