• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Jenis Lulur yang Dapat Mencerahkan Kulit Secara Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Jenis Lulur yang Dapat Mencerahkan Kulit Secara Alami

Ini 6 Jenis Lulur yang Dapat Mencerahkan Kulit Secara Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Juni 2022

“Perawatan kulit menggunakan lulur bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Beberapa jenis lulur alami yang bisa digunakan yaitu lulur bengkoang, lulur coklat, hingga lulur kopi.”

Ini 6 Jenis Lulur yang Dapat Mencerahkan Kulit Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Lulur dapat digunakan untuk pengelupasan mekanis yang dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada kulit. Jika kamu tidak melakukan perawatan kulit dengan lulur, kulit mati dapat menumpuk menjadi lapisan tebal dan kasar, sehingga kulit tubuh tampak pucat dan kusam. Dengan kata lain, perawatan kulit menggunakan lulur bermanfaat untuk mencerahkan kulit. 

Sama seperti kulit wajah, kulit tubuh juga mengalami pergantian sel kulit secara berkala, dan membuat lapisan sel kulit baru yang terbentuk di bawah sel kulit yang lama.  Lulur juga bisa mempercepat pergantian sel kulit mati dan membentuk lapisan kulit yang baru lagi. 

Selain itu, proses luluran yang diaplikasikan dengan cara dipijat, dapat membuat sirkulasi darah ke permukaan kulit menjadi lancar, sehingga membantu melembabkan kulit.

Jenis Lulur Alami untuk Mencerahkan Kulit

Indonesia memiliki banyak sekali rempah-rempah dan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Makanya tidak heran jika lulur tradisional khas Indonesia terkenal dan digemari sampai ke mancanegara. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui jenis lulur alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit.

Berikut ini berbagai jenis lulur alami untuk mencerahkan kulit:

1.  Lulur Bengkoang

Bengkuang terkenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan tubuh. Lulur bengkoang bekerja dengan cara meluruhkan sel kulit mati dan menghilangkan noda hitam. Selain itu,  lulur bengkoang dapat membuat kulit bersih, mulus dan bersinar. 

Bengkoang diketahui juga mengandung vitamin C-nya yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin tersebut membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat. Sehingga melakukan perawatan lulur dengan menggunakan bengkoang dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan, melembabkan kulit kering, serta melindungi kulit dari sinar matahari.

2.  Lulur Kuning Jawa

Campuran berbagai macam bahan-bahan alami khas Jawa, seperti tepung beras, kunyit, temu giring dan daun pandan, membuat lulur kuning Jawa memberikan beberapa khasiat yaitu:

  • menghilangkan sel kulit mati.
  • mendinginkan kulit.
  • melembabkan kulit.
  • menghaluskan kulit.
  • mencerahkan kulit.

Selain itu, tepung beras mengandung zat  yang sangat penting untuk proses mencerahkan kulit, yaitu PABA (para amino benzoic acid). Kandungan tersebut dapat bertindak sebagai tabir surya. Di samping itu asam ferulat serta allantoin di dalam lulur ini juga  dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Bahan kunyit dalam lulur kuning jawa juga sangat baik untuk kulit, yaitu membuat kulit tampak awet muda dan segar, serta menjaga elastisitas kulit.

3.  Lulur Susu

Sering dijadikan bahan dalam produk pelembab dan pembersih wajah, susu memang memiliki kemampuan membersihkan kotoran dan melembabkan kulit kering secara alami. Tidak hanya itu, kandungan asam laktat pada susu dapat menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

4.  Lulur Coklat

Selain karena wanginya yang enak, lulur coklat menjadi favorit banyak orang karena manfaatnya yang dapat membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Kandungan vitamin A, E, dan antioksidan pada coklat juga dapat memperbaiki sel kulit, meremajakan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, sehingga kulitmu tetap sehat selalu.

5. Lulur Kopi

Kopi merupakan bahan yang cukup populer digunakan sebagai lulur. Butiran-butiran kecil kopi yang lembut di kulit, efektif mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit. Dengan rutin melakukan lulur kopi, maka kulit tubuh perlahan akan cerah.

6. Lulur Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antibakteri. Selain itu, madu juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu berbagai kondisi kulit. Madu dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, madu juga dapat membantu membunuh kuman pada kulit.

Itulah beberapa jenis lulur alami yang dapat mencerahkan kulit. Nah, silahkan pilih lulur alami yang sesuai dengan seleramu. Lakukan perawatan dengan lulur minimal seminggu sekali untuk menjaga keindahan kulit tubuh. 

Jika memiliki masalah kulit lainnya, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc.Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Good Housekeeping. Diakses pada 2022. 11 Best Body Scrubs for Smooth, Glowing Skin
Healthline. Diakses pada 2022. Looking for an Easy-to-Make Body Scrub? Try These 5 DIY Recipes